Home » » Pesona Kecantikan Anggrek Alam Indonesia

Pesona Kecantikan Anggrek Alam Indonesia

Selain keanekaragaman hewan, Tuhan juga menganugerahkan kepada kita tumbuhan yang beraneka ragam dengan berbagai keindahannya. Salah satu anugerah tersebut adalah keindahan anggrek Indonesia yang terkenal sampai ke mancanegara. Bahkan anggrek bulan merupakan salah satu bunga nasional Indonesia, Anggrek bulan ditetapkan sebagai Puspa Pesona Indonesia mendampingi bunga melati yang ditetapkan sebagai puspa bangsa Indonesia dan padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka Indonesia.

Anggrek lebih di kenal di masyarakat sebagai bunga anggrek yang memiliki keindahan dan ketahanan bunga yang lama. Karena sifat-sifat itulah anggrek mulai banyak di budidayakan. Dibandingkan dengan tumbuhan berbunga lainnya di Indonesia maka anggrek menerima ancaman kepunahan tertinggi. Semakin maraknya pembangunan pemukiman, perkebunan, maupun perusakan hutan telah mempercepat kepunahan spesies anggrek alam. Banyak spesies anggrek telah punah sebelum sempat dideskripsi dan didokumentasikan. 

Berikut ini adalah bacaan yang berisi tentang keanekaragaman bunga anggrek yang dimiliki Indonesia. 

Setiap kali berjalan, saya tak pernah tahu anggrek apa saja yang akan saya jumpai. Saya selalu kagum ketika bertemu bunga-bunga cantik itu.

Empat tahun yang lalu, saya berada di atas puncak sebuah bukit dan terpesona dengan apa yang ada di sana. Di balik rimbun pepohonan, saya setengah tak percaya menemukan salah satu jenis anggrek yang bernama anggrek bibir berbulu.

Anggrek Bibir Berbulu adalah anggrek Indonesia pertama yang saya potret di alam. Dan foto anggrek di atas adalah merupakan awal mula perjalanan saya. Perjalanan yang tak pernah membosankan, meski sering terasa sangat melelahkan. Tapi untuk melihat kecantikan anggrek Indonesia, semua terbayarkan.
jenis anggrek
Indonesia, negeri kita yang tanahnya terhampar di bawah khatulistiwa, memang kaya luar biasa. Pegunungan, hutan, pantai dan lembahnya semua memberikan keindahan. Namun sayang banyak orang yang masih terpaku pada kesan keindahan alam Indonesia sebatas kenampakan alam semata. Kita masih enggan mengenali keindahan yang lebih besar di balik pemandangan mempesona tersebut.

Belajar memaknai kekayaan alam Indonesia dari keindahan anggrek alamnya seharusnya bisa membuat kita bersyukur telah dilahirkan di sebuah tanah bernama Indonesia. Di Indonesia inilah anggrek bisa dijumpai di banyak tempat. Tebing berbatu, batang dan ranting pepohonan besar, tanah di dasar lembah, dan kaki gunung, hamparan tanah di hutan adalah habitat bagi 5000 spesies anggrek

Indonesia. Habitat yang kini banyak dihancurkan atas nama kesejahteraan. Atas nama pembangunan, banyak kawasan alam yang dikorbankan dan telah membuat anggrek-anggrek Indonesia musnah tanpa sempat dikenal terlebih dahulu. Mengenal kecantikan anggrek Indonesia mungkin bisa membantu kita belajar untuk lebih mensyukuri dan menjaga alam Indonesia.(Oleh : Oleh: Hendra Wardhana, green.kompasiana.com)

Buat pertanyaan berdasarkan gambar dan teks.
  • Di mana pertama kali ditemukan anggrek bibir berbulu ?
  • Apa saja keindahan kenampakan alam Indonesia ?
  • Berapa spesies anggrek yang ada di Indonesia ?
  • Di mana saja tanaman anggrek dapat ditemukan ?
  • Apa saja yang menghancurkan habitat tanaman anggrek ?
Informasi Penting pada Teks
Anggrek bibir berbulu merupakan salah satu jenis anggrek yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam. Kita harus bersyukur telah dilahirkan di Indonesia. Di Indonesia anggrek dapat ditemukan di banyak tempat, ada sekitar lima ribu sepesies anggrek yang ada di Indonesia. Habitat anggrek rusak akibat pembangunan, banyak anggrek yang musnah sebelum sempat dikenal. Kecantikan anggrek membantu kita belajar mensyukuri dan menjaga alam Indonesia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:37 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....