Home » » Perkembangan Teknologi Jaman Dahulu dan Sekarang

Perkembangan Teknologi Jaman Dahulu dan Sekarang

Perhatikan pak tani yang sedang membajak sawah. Mereka membajak sawah untuk menanam padi. Para petani ada yang menggunakan alat sederhana dan alat modern. Peralatan dan cara yang digunakan untuk membuat membajak sawah disebut dengan teknologi produksi. Teknologi produksi mengalami perkembangan. Perkembangannya selalu ke arah kemajuan. Teknologi produksi pada masa kini jauh lebih baik, dibandingkan dengan teknologi masa lalu. Teknologi produksi masa lalu bersifat sederhana. Hasilnya pun sangat terbatas. Teknologi produksi masa kini bersifat modern. Selain itu, banyak memberi kemudahan.

Salah satu kemudahanya adalah hasil produksi yang melimpah. Sumber daya alam yang ada di sekitar kita perlu diolah sebelum dinikmati. Pengolahannya menggunakan teknologi, salah satunya teknologi produksi. Teknologi produksi dalam pemanfaatannya menggunakan alat. Adanya teknologi produksi kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Kebutuhan hidup itu, seperti pangan, sandang, dan sebagainya. Manusia selalu mengembangkan peralatan untuk membuat barang. Oleh karena itu, kita mengenal ada dua macam teknologi produksi, yakni teknologi produksi sederhana dan teknologi produksi modern.

Perkembangan teknologi di bidang produksi sangat membantu manusia untuk dapat mempermudah pekerjaan dan mempercepat waktu pengerjaan. Proses mengolah bahan baku menjadi barang jadi disebut produksi. Kegiatan produksi yaitu kegiatan yang dilakukan untuk membuat barang-barang yang kita gunakan. Teknologi produksi sekarang sudah sangat berkembang pesat dibandingkan pada masa dahulu, pada masa dahulu teknologi bersifat sederhana dan tradisional. Cara yang digunakan untuk proses produksi pada masa sekarang dengan menggunakan mesin sedangkan pada masa dahulu menggunakan alat-alat tradisional seperti golok, pisau, wajan, panci.

Hasil produksi pada masa lalu sangat terbatas dan hasil yang didapatpun sedikit waktu yang digunakan sangat lama. Hasil produksi pada masa sekarang berbeda jauh dengan masa lalu masa sekarang karena menggunakan mesian hasil produksi yang didapat sangat banyak dengan waktu yang cepat. Salah satu ciri teknologi produksi pada masa lalu adalah sifatnya tradisional dan sederhana. Sedangkan teknologi pada masa sekarang alatnya bersifat modern.

Pada masa dulu para petani mengolah sawah dengan menggunakan cangkul dan bajak yang ditarik oleh kerbau atau sapi, pada masa sekarang pengolahan sawah menggunakan mesin traktor. Zaman dulu Para petani merontokan padi dengan cara menginjak-injak batang padi untuk memisahkan padi dengan batangnya, zaman sekarang sudah menggunakan alat perontok padi yang menggunakan mesin. Zaman dulu para petani untuk mendapatkan beras dengan cara menumbuk padi menggunakan lesung dan alu sekarang sudah ada alat penggiling padi yang digerakan mesin untuk mendapatkan beras.

Keuntungan menggunakan teknologi modern yaitu hasil yang didapat lebih banyak, bentuk dan mutunya sama dan waktu yang digunakan cepat sedangkan keuntungan apabila menggunakan teknologi tradisional biaya yang dikeluarkan murah dan perawatannya tidak sulit. Perhatikan gambar di bawah ini.
membajak sawah
1. Alat apa yang digunakan oleh Kakek Udin untuk menggemburkan tanah?
Kakek Udin menggemburkan tanah menggunakan bajak dan kerbau.

2. Alat apa yang digunakan oleh Paman Udin untuk menggemburkan tanah?
Paman Udin menggunakan traktor untuk menggemburkan tanah.

3. Apakah peralatan mereka sama?
Alat yang mereka gunakan berbeda Kakek Udin menggunakan bajak sedangkan ayah Udin menggunakan traktor.

4. Alat mana yang menggunakan mesin?
Alat traktor digerakan oleh tenaga mesin.

5. Sebutkan perbedaan kedua alat itu?
Perbedaan bajak dan traktor antara lain bajak digerakan dengan tenaga kerbau, traktor digerakan oleh mesin. Bajak terbuat dari kayu traktor terbuat dari besi.. Traktor dapat bergerak dengan cepat sedangkan bajak bergerak lambat. Traktor menggunakan bahan bakar solar, kerbau memperoleh tenaga dari makanan berupa rumput.

6. Menurutmu, alat mana yang lebih cepat untuk mengolah tanah?
Menurutku alat yang lebih cepat untuk menggemburkan tanah adalah traktor. Dalam waktu yang singkat traktor dapat menggemburkan tanah lebih luas daripada bajak.

7. Menurutmu alat apa yang digunakan untuk mengemburkan tanah pada masa depan?
Pada masa depan alat yang digunakan untuk menggemburkan tanah menggunakan traktor karena traktor dapat menggemburkan tanah lebih cepat dibandingkan dengan bajak.

Teknologi masa lalu lebih sederhana dan hasilnya pun terbatas. Teknologi masa kini biasanya menggunakan mesin yang memudahkan pekerjaan manusia. Gambar di bawah ini adalah contoh lain perkembangan teknologi dari masa ke masa.
  • Jaman dulu menyetrika baju menggunakan arang, jaman sekarang setrika menggunakan tenaga listrik.
  • Jaman dulu memasak menggunakan kompor minyak, sekarang memasak menggunakan kompor gas.
  • Jaman dulu menulis menggunakan mesin ketik, sekarang mengetik menggunakan komputer.

Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Transportasi
Jenis alat komunikasi beraneka macam. Ada yang tradisional dan modern. Alat komunikasi itu berupa surat, telegram, telepon, radio, televisi, dan media cetak (koran, majalah, tabloid, dan buku). Melalui televisi dapat memperoleh hiburan. Selain itu, dapat menambah pengetahuan dan pengalaman. Hal terpenting mendapat informasi tentang perkembangan dunia.

Sarana transportasi meliputi transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi darat, seperti sepeda, motor, mobil, kereta api, dan sebagainya. Transportasi laut contohnya kapal laut. Tranportasi udara contohnya pesawat terbang dan helikopter.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:19 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....