Home » » Perjuangan Sultan Hasanuddin

Perjuangan Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin (Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangkana) merupakan raja dari Kerajaan Islam Gowa-Tallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh bangsa Belanda, beliau dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’(De Haantjes van Het Oosten) karena kegigihan dan keberaniannya melawan Belanda. Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih. Ia berusaha menegakkan kedaulatan dan memperluas wilayah kerajaan. Ia berhadapan dengan Aru Palaka, Raja Bone yang dibantu oleh Belanda.

Sultan Hasanuddin dikenal arif dan bijaksana. Beliau merasa sedih karena harus bertempur melawan keluarga sendiri. Arung Palakka La Tenri Tatta to Erung sudah seperti saudara kandung sendiri. Sultan Hasanuddin mempertimbangkan bahwa pertumpahan darah di kalangan orang Makassar dan Bugis harus segera dihentikan. Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia wilayah timur untuk melawan Belanda.
Sultan Hasanuddin
Karena perjuangan dan jasa-jasanya, nama Sultan Hasanuddin diabadikan sebagai nama jalan dan universitas. Bahkan, pemerintah Indonesia menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Hasanuddin. Setelah wafat, Sultan Hasanuddin dimakamkan di kompleks pemakaman rajaraja Gowa di Sulawesi Selatan.

Kompleks pemakaman raja-raja merupakan peninggalan sejarah yang perlu dijaga kelestariannya. Kompleks pemakaman ini pun dijadikan objek pembelajaran sejarah bagi bangsa Indonesia.

Ulasan Bacaan :
Judul Teks:Perjuangan Sultan Hasanudin
Bagian yang menarik:Sultan Hasanudin dikenal arif dan bijaksana, sehingga beliau merasa sedih harus bertempur dengan bangsanya sendiri.
Informasi penting:Sultan Hasanudin merupakan Raja Kerajaan Gowa-Tallo yang bergelar Ayam Jantan dari Timur. Beliau melawan Belanda. Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih.
Pendapat saya:Perjuangan Sultan Hasanudin harus kita tiru, kepentingan negara dan bangsa harus diperjuangkan dengan gigih.
Saran saya:Saya menyarankan untuk membaca tulisan ini karena sangat menarik dan dapat memberikan contoh bagaimana mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri-senditi.

1. Jelaskan 2 perjuangan penting dari Sultan Hasanuddin
  • Sultan Hasanudin telah gigih berjuang melawan penajajah demi kepentingan bangsa dan negara.
  • Sultan Hasanudin telah berusaha menggabungkan kerajaan-kerajaan di wilayah timur Indonesia untuk melawan penjajah.

2. Hal yang saya pelajari dari perjuangan Sultan Hasanuddin adalah :
Kegigihan dan keberanian beliau dalam menghadapi penjajah, melawan kesewenang-wenangan dan berusaha menyatukan kerajaan-kerajaan yang ada di wilayah Indonesia timur.

Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang. Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan. Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perjuangan para pahlawannya.

Bagaimana cara kamu menghargai perjuangan para pahlawan? Jelaskan!
Menghargai jasa para pahlawan tidak hanya dilakukan dengan cara mengabadikan nama pahlawan untuk nama jalan dan universitas saja. Namun kita juga dapat menghargai jasa para pahlawan dalam bentuk nyata dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa tindakan atau sikap sikap yang merupakan tindakan dalam meneladani sikap pahlawan antara lain memiliki sikap rela berkorban, cinta tanah, air, berani karena benar, dan berjiwa besar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:41 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....