Home » » Perjuangan Ir Sukarno Sang Proklamator

Perjuangan Ir Sukarno Sang Proklamator

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 dibacakan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Ir Soekarno adalah seorang sosok pahlawan yang sejati. Dia tidak hanya diakui berjasa bagi bangsanya sendiri tapi juga memberikan pengabdiannya untuk kedamaian di dunia. Semua sepakat bahwa Ir Soekarno adalah seorang manusia yang tidak biasa yang belum tentu dilahirkan kembali dalam waktu satu abad. Ir Soekarno adalah bapak bangsa yang tidak akan tergantikan.

Ir. Soekarno lahir di Surabaya, 6 Juli 1901. Ayah Soekarno adalah seorang guru. Raden Soekemi bertemu dengan Ida Ayu ketika dia mengajar di Sekolah Dasar Pribumi Singaraja, Bali. Soekarno hanya menghabiskan sedikit masa kecilnya dengan orangtuanya hingga akhirnya dia tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur.Sekolah dasar diselesaikannya di Mojokerto dan Sekolah Menengah Pertama di Surabaya. Setelah tamat sekolah menengah, ia melanjutkan pendidikannya di ITB Bandung.

Soekarno mendirikan Partai Nasionalis Indonesia (PNI). PNI berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Ia ditangkap oleh Belanda karena kritikannya yang tajam.

Setelah bebas dari penjara, Soekarno mendirikan Partai Indonesia (Partindo). Ia kembali ditangkap pada tahun 1933, dibuang ke Ende (Flores), kemudian dipindahkan ke Bengkulu. Setelah Jepang menjajah Indonesia pada tahun 1942, ia dibebaskan.

Pada tanggal 9 Agustus 1945, ia ditunjuk sebagai Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Ia dan anggota PPKI menyusun naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945, ia didampingi Mohammad Hatta membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 18 Agustus, Soekarno dipilih menjadi Presiden Republik Indonesia. Karena jasa-jasanya, ia mendapat gelar sebagai Pahlawan Proklamator Kemerdekaan Indonesia.
Ir. Soekarno
Berkat perjuangan Soekarno, Indonesia bisa mencapai kemerdekaan. Untuk mengenang jasa pahlawan, di sekolah diadakan upacara bendera.

Apa yang telah diperjuangkan oleh Ir. Soekarno?
Ir. Soekarno telah berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia.Tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Beliau juga ikut merumuskan Pancasila sebagai dasar dari negara Indonesia.Soekarno didampingi Moh. Hatta, Diberi kepercayaan membaca teks proklamasi sebagai pernyataan kemerdekaan Indonesia.

Soekarno dan Hatta adalah putra-putra terbaik bangsa yang telah mendarma baktikan hidupnya untuk mewujudkan Indonesia merdeka. Mereka adalah tokoh yang membangkitkan dan menyatukan bangsa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan sampai tetes adrah penghabisan, bahkan harta dan jiwanya. Bung Karno dan Bung Hatta yang menciptakan gagasan dn pemikiran banga yang ahirnya menjadi sebuah landasan konnstitusional Republik Indonesia yaitu Undang-undang Dasar 1945.

Apa dampak perjuangan tersebut bagi bangsa Indonesia?
Berkat perjuangan Ir. Soekarno dan para pahlawan lainnya saat ini kita dapat menikmati kemerdekaan yang dibayar mahal dengan tenaga, pikiran bahkan jiwa dan raga mereka. Mungkin kita sekarang dalam keadaan terjajah. Dan betapa pedihnya sebagai bangsa yang dijajah. Kita patut bersyukur karena dengan pengorbanan para pahlawan-pahlawan kita khususnya Bung Karno kita sekarang dapat hidup bebas.

Apa yang terjadi jika tidak ada Ir. Soekarno?
Jika tidak ada Ir. Soekarno mungkin saat ini kita belum merdeka.Tanpa Bung Karno dan juga para pahlawan yang lain, belum tentu kita dapat menikmati kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.Bung Karno adalah satu satu nya presiden republik ini ,yang merasakan penderitaan ,selama masa penjajahan Belanda dan Jepang. Ia dibuang kesana kemari dan dipenjarakan. Tak seorangpun putra Indonesia, yang kemudian menjadi presiden, yang pernah merasakan penderitaan,seperti yang dialami oleh Bung Karno.

Apa yang pantas ditiru dari Ir. Soekarno ?
Nilai-nilai perjuangan Bung Karno perlu kita tiru adalah Bung Karno sosok yang tidak hanya memikirkan dirinya sendiri namun semua kepentingan bangsa diutamakan.Dia tidak hanya diakui berjasa bagi bangsanya sendiri tapi juga memberikan pengabdiannya untuk kedamaian di dunia. Dengan sifat kepahlawanan mereka, seluruh masyarakat bahkan sampai pelosok terinspirasi untuk bangkit bersama-sama dan membangun kekuatan kemudian bersatu merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan tetesan darah, pengorbanan harta jiwa dan raga. Sehingga kemerdekaan diraih Indonesia. Sebuah pengorbanan yang akan selalu tertanam dibenak hati.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....