Home » » Perjuangan Bung Tomo

Perjuangan Bung Tomo

Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pertempuran tersebut dipimpin oleh Sutomo atau lebih dikenal dengan Bung Tomo yang lahir di Surabaya pada 3 Oktober 1920. Sutomo dikenal sebagai sosok yang berkepribadian ulet, pekerja keras, dengan daya juang yang berapi-api pada saat Belanda kembali menjajah Indonesia tepatnya tanah Surabaya.

Sutomo, yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Bung Tomo, adalah pahlawan yang terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA. Perlawanan itu berakhir dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Bung Tomo adalah tokoh populer pada peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya. Ia seorang pembakar semangat juang untuk bertempur sampai titik darah penghabisan.
Beliau mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
bung tomo
a. Apa perjuangan yang dilakukan oleh Bung Tomo?
Bung Tomo telah mengobarkan semangat rakyat Surabaya untuk melawan penjajah yang akan kembali ke Indonesia. Beliaumengobarkan semangat juang berapi-apinya melalui pidato yang penuh emosi tinggi dan biasa disiarkan di radio-radio. Beliau memiliki pengaruh kuat di kalangan pemuda dan para pejuang. Bung Tomo ikut andil dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya.

b. Sikap apa yang bisa dicontoh dari Bung Tomo?
Sutomo dikenal sebagai sosok yang berkepribadian ulet, pekerja keras, dengan daya juang yang berapi-api.Pidato Bung Tomo di Radio Pemberontakan berhasil memberikan semangat kepada rakyat untuk terus berjuang mempertahankan kemerdekaan di Surabaya.

c. Peristiwa apa yang terjadi pada tanggal 10 November 1945?
Peristiwa yang terjadi pada tanggal 10 Nopember 1945 adalah pertempuran antara rakyat Surabaya dengan Sekutu dan NICA yang datang kembali ke Indonesia untuk kembali menjajah.

d. Mengapa 10 November diperingati sebagai ”Hari Pahlawan”?
Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan berskala besar, yang diawali dengan pengeboman udara ke gedung-gedung pemerintahan Surabaya, dan kemudian mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang. Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan korban yang sangat banyak telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan

e. Setujukah kamu jika tanggal 10 November dijadikan sebagai Hari Pahlawan? Kemukakan alasanmu!
Sangat setuju karena tanggal 10 Nopember merupakan awal gerakan perlawanan rakyat melawan penjajahan setelah Indonesia merdeka.Pertempuran 10 november 1945 di Surabaya adalah merupakan salah satu dari pertempuran terbesar pada sejarah revolusi kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu para pejuang kemerdekaan bangsa kita bertempur dengan gagah berani bermodalkan bambu runcing untuk melawan tentara Inggris di Surabaya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....