Home » » Perayaan Hari Ulang Tahun Banyumas

Perayaan Hari Ulang Tahun Banyumas

Kabupaten Banyumas merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa tengah. Hari jadi kabupaten Banyumas diperingati setiap tanggal 6 April. Perayaan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-433 yang jatuh pada 6 April 2015 mendatang. Perayaan HUT Banyumas akan dimula empat hari sebelum hari lahirnya. Yakni, pada Kamis 2 April 2015 dengan gelaran pentas seni Tandak Ngibing Sedina Meg Sewengi Mbethetet. Acara ini merupakan gelaran tari dan seni yang akan berlangsung selama 24 jam.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Banyumas merupakan perayaan untuk memperingati hari jadi Kabupaten Banyumas yang jatuh pada tanggal 6 April. Peringatan ini didasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas No. 2 tahun 1990 tentang Hari Hadi Kabupaten Banyumas. Dalam Risalahnya antara lain disimpulkan bahwa Hari Jadi Kabupaten Banyumas adalah hari Jumat Kliwon, tanggal 12 Rabiul awal 990 Hijriyah bertepatan dengan 6 April 1582 Masehi, yakni saat diangkatnya Raden Djoko Kahiman menjadi Adipati Wirasaba VII yang bergelar Adipati Wargo Oetomo II.

Keberadaan sejarah Kabupaten Banyumas tidak terlepas dari pendirinya yaitu Raden Joko Kahiman yang kemudian menjadi Bupati yang pertama dikenal dengan julukan atau gelar Adipati Mrapat. Candra atau surya sengkala untuk hari jadi kabupaten banyumas adalah "bektining manggala tumataning praja" artinya tahun 1582. Bila diartikan dengan kalimat adalah "kebaktian dalam ujud kerja seseorang pimpinan/manggala menghasilkan akan tertatanya atau terbangunnya suatu pemerintahan".

Pada peringatan HUT Banyumas Tahun 2015 Ajang Banyumas Extravaganza 2015 yang menjadi puncak rangkaian acara peringatan Hari Jadi Ke-433 Banyumas, yang akan mengusung kreasi payung dan batik Banyumasan. Konsep ini diharapkan menjadi terobosan baru pariwisata Banyumas. Karnaval kali ini tetap akan melibatkan kelompok kesenian dari kecamatan, pengusaha, perguruan tinggi dan perbankan. Hampir serupa dengan peserta tahun lalu, pawai juga dimeriahkan dengan peserta dari pelajar sekolah. Peringatan hari jadi dimulai dari kegiatan ziarah makam dan kirab pusaka pada 4-5 April. Selanjutnya, selama sepekan Dinporabudpar mengusulkan program sepekan memutar musik Calung Banyumasan.

Banyumas Bergaung Calung yang juga menjadi program unggulan perayaan HUT Banyumas tahun ini. Dalam program ini, seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), kantor pemerintahan, hotel, dan restoran akan diminta untuk memutar musik calung. Program ini akan dimulai saat Upacara Peringatan HUT Banyumas di Alun-alun. Satu hal yang tak kalah menarik adalah gelaran wayang semalam suntuk pada 17 April di Alun-alun Purwokerto. Tidak main-main, yang akan mendalang adalah Ki Dalang Enthus Susmono yang juga Bupati Tegal.

Kegiatan perayaan HUT Banyumas biasanya dipusatkan di alun-alun Kabupaten Banyumas. Selain menjadi pusat kota, bagi masyarakat Purwokerto alun-alun sudah menjadi icon tersendiri bagi kota Purwokerto. Perubahan terakhir dilakukan diakhir Tahun 2014 oleh Bupati Husein, dengan menerapkan konsep Modern Cityzen Park yang sudah diterapkan dibeberapa negara Seperti Australia, Singapure, Thailand, New Zealand dan beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Malang, Semarang, Bali, Lombok, dll. Tujuan utama diubahnya tampilan alun-alun ini adalah membuat kota Purwokerto menjadi semakin rapi dan tertata, serta memanjakan mata pengunjung yang sedang berekreasi maupun bersantai.


Bagi warga Banyumas acara perayaan HUT Kabupaten Banyumas merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu. Tahun lalu(2014) kemeriahan diawali dengan penampilan Grup Kenthong Cablaka yang menampilkan 432 pemain, penari dan para pendukung lainya itu berhasil memukau puluhan ribu penonton yang memadati alun-alun.  Atraksi kesenian tradisional yang berkembang di Kabupaten Banyumas seperti Begalan, sendratari Kamandaka yang menceritkan asal-usul Baturraden, Cantingan, dan seni Buncis, juga dipertontonkan dalam karnaval tersebut. Bagaimana dengan perayaan tahun ini ?

Persiapan Perayaan
Persiapan perayaan HUT Banyumas sudah dilaksanakan persiapan gladi kotor di Pendopo Wakil Bupati dan Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas, Kamis tanggal 2 April 2015. Sesuai rencana nantinya kirab akan dimulai pukul 13.00 WIB. Kirab berjalan dari halaman Pendapa Rumah Wakil Bupati menyusuri jalan Jenderal Sudirman menuju Pendapa Sipanji yang berjarak sekitar 2 km. Sebanyak empat pusaka Kabupaten Banyumas berupa tombak Kiai Genjring, keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Kitab Stambul akan diarak dalam prosesi Kirab Pusaka yang digelar Minggu (5/4/2015). Kirab dalam rangka memeringati Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang ke-433. Adapun pengiring kirab nantinya terdiri dari para pelajar, mahasiswa, seniman, dan budayawan di Banyumas.
Hut Banyumas
Momen peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Banyumas ke 433, disambut dengan sangat antusias oleh seluruh warga Banyumas. Selain beragam perlombaan yang telah dilaksanakan, beberapa perlombaan juga akan dilaksanakn seperti Banyumas Bike Story, Purwokerto Light Run 2015, Turnamen Bulutangkis antar SKPD, Pameran dan Lomba Ikan Koi, Lomba Memancing, dan Pagelaran wayang kulit.

Daftar Acara Peringatan HUT Banyumas
Hari, TanggalWaktuAcaraTempat
Acara Pokok
Sabtu, 4 April 201507.30 sdsZiarah ke makam R, Joko Kaiman,  Tasyakuran dan Ruwatan (Dalang Ki Dalang Daulat)Makam Dawuhan dan Pendopo Si Panji
Minggu, 5 April 201513.00 sdsKirab Prosesi Pusaka Kabupaten BanyumasStart Pendopo Wabup, finish Pendopo Si Panji
Senin, 6 April 201507.30 sdsUpacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas Ke 433 dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten BanyumasAlun-alun Purwokerto dan Ruang Sidang DPRD Kab. Banyumas
Acara Tambahan
Kamis dan Jum at, 2 dan 3 April 2015-Pentas Seni 24 Jam mengawali Hari Jadi Kab. Banyumas Ke 433Kompleks Alun-alun Purwokerto
Sabtu, 4 April 201505.30 sdsPurwokerto Bike StoryStart Pendopo Wabup, finish Pendopo Si Panji
18.00 sdsPurwokerto Light Run 2015Start GOR Satria Purwokerto
Seni -Sabtu, 5 - 11 April 2015-Sepekan Banyumas Bergaung CalungSKPD, Sekolah, Hotel, Kantor Desa, Area Publik, dan Restauran
Selasa-Jum at, 7 -10 April 2015-Turnamen Bulutangkis  antar SKPDGOR Satria Purwokerto
Minggu, 12 April 201505.00 sdsJalan Sehat SKPD dan UmumStart dan Finish Pendopo Kab. Banyumas
Rabu-Sabtu, 15-18 April 2015-Pameran dan Lomba Ikan KoiLapangan Futsal GOR Satria
Kamis, 16 April 201506.00 sdsLomba Mancing Antar SKPDBelakang Rumah Dinas Bupati Banyumas
Jumat, 17 April 201520.00 sdsPagelaran Wayang Kulit Dalang Ki Enthus Susmono (Bupati Tegal)Pendopo Si Panji
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:05 PM

1 komentar:

  1. maturnuwun informasine..kanggo rika sedulur warga Banyumas, seliane sing ana nang daftar mau, Quadrant RaYa English Course, Kampung Inggris Purwokerto, bareng karo Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas bakalan Nganakna "Speech Contest" (Pidato Bahasa Inggris) karo Lomba "Stand Up Comedy Banyumasan". ngesuk dinane Setu-Mingu, 5 - 6 Maret 2016 nang Pendapa Rumah Dinas Wakil Bupati. mayuh pada melu....daftar baen nang Quadrant Raya English Course 100 meter kidul SMA 2 Purwokerto...

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....