Home » » Pencerminan Bangun Datar

Pencerminan Bangun Datar

Pencerminan merupakan proses membuat bayangan suatu bangun atau benda tepat sama dengan aslinya. Suatu bangun datar dapat dicerminkan terhadap suatu garis. Pada pencerminan suatu bangun memiliki bentuk dan ukuran sama dengan aslinya. Perhatikan saat kita bercermin, bayangan kita sama ukurannya dengan tubuh kita, begitu pula jarak antara kita dengan cermin dan cermin dengan bayangan juga sama. Namun, apabila kalian perhatikan, bayangan yan ada dicermin posisinya terbalik. Tangan kanan kalian akan tampak menjadi tangan kiri di cermin, begitupun sebaliknya tangan kiri kalian akan tampak seperti tangan kanan pada cermin tersebut.

Peristiwa pencerminan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu peristiwa pencerminan adalah pada saat kita melihat gambar kita di permukaan air. Pencerminan atau biasa disebut refleksi pada bangun datar merupakan sebuah transformasi atau perpindahan suatu titik pada bangun datar dengan menggunakan sifat benda dan bayangannya pada sebuah cermin datar. Ternyata pada peristiwa pencerminan diketahui beberapa sifat pencerminan bangun datar. Beberapa sifat yang ada pada pencerminan antara lain sebagai berikut:
  • Objek dan bayangannya selalu sama.
  • Jarak setiap titik pada objek dan cermin sama dengan jarak setiap titik pada bayangan dan cermin.
  • Tinggi objek sama dengan tinggi bayangannya.
  • Garis yang menghubungkan titik pada objek dengan titik pada bayangannya selalu tegak lurus dengan cermin.
Untuk membuktikan sifat-sifat pencerminan dapat dilihat pada gambar di bawah ini (Gb, 1).
pencerminan
Luas segitiga PQR = Luas Segitiga P'Q'R' karena Segitiga PQR kongruen dengan Segitiga P',Q',R' RA = R'A', PB = P' B', dan QC = Q' C' artinya, jarak titik pada setiap sudut segitiga PQR terhadap cermin sama persis dengan jaraik titik pada setiap sudut segitiga P'Q'R' terhadap cermin. Tinggi segitiga PQR sama dengan tinggi bayangannya (segitiga P'Q'R') Ruas garis PP', QQ', dan RR' tegak lurus terhadap garis cermin AC

Cara Melukis Bayangan
Untuk melukis bayangan bangun datar yang dicerminkan terhadap sumbu atau cermin yang miring dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut (lihat Gb, 2) :
  • Untuk memudahkan menggunakan penggaris segitiga siku-siku.
  • Titik A diukur secara tegak lurus terhadap cermin k, kemudian titik A' dibuat dalam jarak yang sama dengan titik A ke cermik k.
  • Titik B diukur secara tegak lurus terhadap cermin k, kemudian titik B' dibuat dalam jarak yang sama dengan titik B ke cermik k.
  • Titik C diukur secara tegak lurus terhadap cermin k, kemudian titik C' dibuat dalam jarak yang sama dengan titik C ke cermik k.
Beberapa contoh pencerminan
contoh pencerminan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....