Home » » Pemanfaatan Sumber Daya Air

Pemanfaatan Sumber Daya Air

Sumber daya alam non-hayati adalah sumber daya alam yang ada di atas permukaan bumi dan di bawah permukaan bumi tetapi tidak hidup, antara lain tanah, udara dan air. Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup. Air adalah sumber kehidupan, tanpa air manusia dan makluk lainnya akan mati. Ketika kita meminum segelas air yang segar dahaga menjadi hilang dan tubuh menjadi segar kembali. Ternyata segelas air yang kita minum tersebut melalui proses yang panjang.

Sumber daya air berasal sungai, danau dan laut. Air yang bersumber dari laut rasanya asin, sehingga tidak bisa dikonsumsi oleh manusia. Air yang bisa dikonsumsi manusia adalah air tawar yang biasanya bersumber dari danau dan sungai. Manusia dengan akal pikirannya sudah bisa memperoleh air tawar tidak dari sungai dan danau, tetapi dari sumur yang digalinya. Ketersediaan air di suatu wilayah berkaitan dengan pergantian musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Selain itu juga tergantung kepada kondisi permukaan tanah. Sering dijumpai ada wilayah yang sumber airnya sedikit dan ada wilayah yang sumber airnya melimpah.

Air minum yang ada di rumah biasanya disediakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Untuk memberikan jaminan bahwa air dapat sampai ke pelanggan sesuai dengan kebutuhannya maka PDAM bertanggung jawab atas perbaikan jaringan yang rusak. Jaringan yang rusak biasanya diperbaiki oleh tukang ledeng. Tukang ledeng merupakan salah satu jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Selain memperbaiki jaringan pipa juga memperbaiki meter air yang rusak atau tidak berfungsi.

Sumber air di bumi tersebut berasal dari suatu siklus air. Panas matahari menguapkan air laut sehingga menjadi awan, dan kemudian menjadi hujan. Air hujan jatuh ke bumi, sebagian meresap ke dalam tanah menjadi air tanah dan mata air. Berikut adalah proses pengolahan air dari sumber mata air hingga sampai ke rumah.
distribusi air bersih

Air hujan yang turun dari langit akan jatuh ke permukaan bumi, air tersebut meresap kedalam tanah. Air yang tidak meresap ke dalam tanah akan mengalir menuju sungai dan terus bergerak menuju danau atau laut. Air yang meresap ke dalam tanah akan muncul ke permukaan tanah dalam bentuk mata air. Air tersebut ditampung dalam bak penampungan. Dari bak penampungan air, air disalurkan menuju tempat pengolahan air. Air dari tempat pengolahan air ditampung kemabali dalam bak penampung air yang lebih besar. Dari bak penampungan besar air disedot menggunakan pompa dan dimasukan ke dalam bak penampungan yang letaknya lebih tinggi dari pemukiman warga. Dari tempat penampungan air disalurkan ke rumah-rumah warga.

Air yang mengalir ke saungai atau danau termasuk air permukaan. Dari danau air akan dipompa menuju penampungan air. Dari penampungan air air akan dialirkan ke bangunan pengolah air. Dari bangunan pengolah air diteruskan ke tempat berikutnta seperti pada proses distribusi air dari sumber air sampai ke rumah-rumah warga.

Dari cerita tadi, jawablah pertanyaan berikut dan diskusikan hasilnya dengan teman kamu!
1. Bagaimana menurutmu tugas seorang pekerja air minum?
Tugas seorang pekerja air minum sangat dibutuhkan, jika air tidak mengalir sampai ke rumah-rumah maka aktifitas dalam rumah akan terganggu.

2. Termasuk kelompok jenis pekerjaan apakah orang yang bekerja menyalurkan air menuju rumah kita?
Petugas yang bekerja menyalurkan air ke rumah-rumah termasuk pekerjaan yang menghasilkan jasa, atas jasanya tersebut mereka diberi imbalan berupa gaji dari pemerintah (jika ia seorang PNS) dan gaji dari perusahaan jika ia karyawan swasta.

3. Teknologi apa yang digunakan oleh pekerja yang menyalurkan air menuju rumah kita?
Teknologi yang digunakan adalah teknologi sederhana karena menggunakan tenaga manusia.

4. Tuliskan dalam bentuk peta pikiran di bawah ini beberapa pekerjaan yang memanfaatkan air!
Siapa Saja yang Membutuhkan Air
  • Petani membutuhkan air untuk mengairi lahan sawahnya agar dapat ditanami padi.
  • Penjual makanan membutuhkan air untuk keperluan memasak dan mencuci.
  • Pengrajin genting membutuhkan air untuk proses pengolahan bahan baku tanah liat.
  • Nelayan membutuhkan air sebagai sarana transportasi.
  • Petambak membutuhkan air untuk memelihara ikan.
  • Pengusaha kapal membutuhkan air untuk sarana transportasi.
  • Peternak sapi membutuhkan air untuk minum dan membersihkan sapi.
  • Penjual es membutuhkan air sebagai bahan dasar pembuatan batu es.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....