Home » » Menuis Paragraf Deskriptif

Menuis Paragraf Deskriptif

Paragraf deskripsi atau deskriptif adalah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu dengan tujuan untuk melukiskan,menggambarkan,dan memberikan perincian terhadap objek yang dibicarakan tersebut.Sehingga seolah-olah pembaca ikut merasakan.paragraf deskripsi. Pada dasarnya, paragraf deskriptif menggambarkan orang, tempat, atau sebuah benda sehingga tampak seperti sebuah potret dalam pikiran pembaca. Bahkan, lewat katakata yang digunakannya, penulis membantu pembaca melihat, menyentuh, merasakan, mencium, mencicipi objek tersebut. Secara sederhana, penggambaran melalui paragraf deskriptif merangsang setiap indera pembaca terlibat dalam pengkonkretan objek tersebut.

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi
Ciri-ciri paragraf deskriptif antara lain menyajikan keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Pargraf deskriptif mnimbulkan kesan-kesan tertentu kepada pembacanya misalnya kekaguman. Biasanya banyaknya mennggunakan kata-kata atau frase yang bermakna keadaan atau siifat Disarankan dalam penulisan paragraf deskriptif menggunakan kata-kata khusus (spesifik) sebab lebih membantu pembaca menciptakan gambaran mental yang jelas tentang bagaimana objek itu terlihat, terasa, terdengar, dan tercium.

Kalimat dengan kata umum
  • Kami mendengar bunyi dari dapur.
  • Tercium bau masakan dari arah rumahnya.
  • Dia mengendarai sepeda motor.

Kalimat dengan kata khusus
  • Kami mendengar gelas pecah dari dapur.
  • Tercium bau bawang dan cabai yang sedang digoreng dari arah rumahnya.
  • Dia mengendarai Honda Tiger dengan warna merah metalik menyala.

Contoh Paragraf Deskriptif
Siang ini tampak terik, matahari bersinar menyilaukan mata dan terasa panas menyengat kulit. Seakan semua tak terasa karena aku terpesona dengan keindahan alam laut Raja Ampat. Tampak langit biru menghampar di angkasa, dengan awan berarak bagai kapas putih di atas permadani biru. Angin berhembus sepoi-sepoi, menggoyangkan daun-daun pohon kelapa yang tampak berbaris rapat di kejauhan. Tercium aroma asinnya air laut di dekatku, yang tampak biru jernih dengan ikan belang putihhitam berkepala kuning berenang-renang di dalamnya. Terdengar suara deburan ombak memecah pantai di kejauhan yang akan kami tuju. Aku bersama ayah dan ibu melanjutkan perjalanan mengarungi indahnya laut kepulauan Raja Ampat.

Bandingkan dua kalimat berikut, dan cari perbedaannya!
No.AB
1.Matahari bersinar terang.Matahari bersinar menyilaukan mata dan terasa panas menyengat kulit.
2.Tampak langit biru dengan awan putih.Tampak langit biru menghampar di angkasa, dengan awan berarak bagai kapas putih di atas permadani biru.
3.Tercium bau air laut yang biru dengan ikan di dalamnya.Tercium aroma asinnya air laut di dekatku, yang tampak biru jernih dengan ikan belang putihhitam berkepala kuning berenang-renang di dalamnya.
Gambarkan keindahan pemandangan alam di bawah ini dalam bentuk paragraf singkat. Buat kalimat seperti pada kolom B!

keindahan alam
Alam desaku sangat mempesona. di sebelah kanan terlihat hutan lebat menghijau dan di sebelah kiri kita bisa melihat pohon nyiur yang menjulang yang seolah-olah siap menjaga gempuran angin yang datang setiap saat. Di sore hari yang cerah, kita bisa melihat matahari terbenam dari balik gunung yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah masuk ke dalam hamparan awan putih. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....