Home » » Menyanyikan Lagu Maju Tak Gentar

Menyanyikan Lagu Maju Tak Gentar

Lagu Maju tak Gentar diciptakan oleh Cornel Simandjuntak, lagu ini digunakan ntuk mendukung revolusi tahun 1945 judul dan syairnya diubah oleh penciptanya seperti sekarang yang berkumandang memepringati HUT RI 17 Agustus setiap tahunnya. Lagu ini dimaksudkan untuk memotivasi rakyat perang semesta guna membangkitkan semangat membela tanah air.Lagu ‘Maju tak Gentar’ menggambarkan keberanian rakyat dengan perlengkapan seadanya melawan Belandayang bersenjatakan lengkap dan modern, tapi dengan jiwa semangat lagu ini mampu membangkitkan pejuang digaris depan.

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari belajar lagu wajib nasional antara lain : mencintai tanah air dan bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menghilangkan rasa kedaerahan, serta rela berkorban jiwa, raga dan harta demi bangsa dan negara. Beberapa contoh lagu wajib di Indonesia antara lain: Bagimu Negeri ciptaan Kusbini, Satu Nusa Satu Bangsa ciptaan L. Manik, Halo-halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki, dan Hari Merdeka ciptaan H. Mutahar.

Ciri-ciri lagu wajib antara lain sebagai berikut:
  • Lirik lagu wajib bertujuan untuk menanamkan sikap cinta tanah air dan bangsa, heroisme, patriotisme, dan nasionalisme serta rela mengorbankan jiwa dan raga demi kelangsungan hidup bangsa.
  • Lagu wajib biasanya menggunakan irama yang penuh semangat atau berbentuk hymne.
  • Lagu-lagu wajib diajarkan, dipelajari dan dihayati sesuai dengan maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya.
Ketika menyanyikan sebuah lagu harus diperhatikan ritme, ritme adalah panjang pendeknya bunyi dari serangkaian not yang dihitung dengan ketukan. Sedangkan pitch atau tinggi rendahnya nada sangat tergantung pada getaran atau frekuensi gelombang suara yang dihasilkan. Semakin banyak getarannya, semakin tinggi nadanya, demikian juga sebaliknya. Nada-nada dalam sebuah lagu atau musik, telah memiliki takaran getaran atau besarnya frekuensi getarannya masing-masing.

Tempo biasanya terletak di bagian kiri atas sebuah partitur, di bawah penulisan nada dasar lagu tersebut. Tanda ini digunakan untuk menyatakan kecepatan yang tepat, atau dianjurkan sang komposer, untuk memainkan atau menyanyikan sebuah karya musik. Tempo dimaksudkan untuk menyatakan irama cepat atau lambatnya sebuah lagu. Tempo yang digunakan dalam lagu Maju tak Gentar adalah marcia berarti lagu tersebut dinyanyikan dengan kecepatan seperti orang berbaris.

Untuk dapat menyanyikan lagu Maju tak Gentar dengan baik dapat dilakukan dengan memperhatikan cara guru menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar”. Ketika menyanyikan lagu Maju Tak Gentar, gunakanlah panjang-pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan menggunakan gerakan tangan dengan tepat. Perhatikan panjang pendek dan tinggi rendahnya nada pada lagu Maju tak Gentar di bawah ini.
maju tak gentar
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:13 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....