Home » » Menyanyikan Lagu Hari Merdeka

Menyanyikan Lagu Hari Merdeka

Lagu Hari Merdeka, merupakan Lagu wajib yang dinyanyikan setiap peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Lagu ini biasannya dinyanyikan oleh Paduan suara, diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia. Lagu Hari Merdeka diciptakan oleh Bapak Husein Mutahar yang lahir di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 5 Agustus 1916. Lagu Hari Merdeka ini merupakan lagu kedua yang diciptakan oleh beliau setelah lagu Syukur yang diciptakan tahun 1944.

Menurut sejarahnya lagu ini diciptakan oleh beliau ketika beliau berda di Hotel Garuda yang berada di Yogyakarta. Selain itu beliau juga sangat berjasa kepada bangsa dan negara ini. Tanggal 19 Desember 1948, Belanda melancarkan agresinya yang kedua. Pre­siden, wakil presiden dan beberapa pejabat tinggi Indonesia akhirnya ditawan Belanda. Namun, pada saat-saat genting dimana Istana Presiden Gedung Agung Yogyakarta dikepung oleh Belanda, Soekarno sempat memanggil salah satu ajudannya, Mayor M. Husein Mutahar. Sang ajudan lalu ditugaskan untuk untuk menyelamatkan bendera pusaka.

Penyelamatan bendera pusaka ini merupakan salah satu bagian “heroik” dari sejarah tetap berkibarnya Sang Merah putih di persada bumi Indonesia. Beliau mampu mengemban amanat yang diberikan Sang Presiden dan mengembalikan Sang Merah Putih untuk dikibarkan seperti saat ini. Dengan dibungkus kertas koran agar tidak mencurigakan, selanjutnya bende­ra pusaka diberikan Mutahar kepada Soedjono untuk diserahkan sendiri kepa­da Bung Karno. Hal ini sesuai dengan perjanjian Bung Karno dengan Mutahar sewaktu di Yogyakarta. Dengan diserahkannya bendera pusaka kepada orang yang diperintahkan Bung Karno maka selesailah tugas penyelamatan yang dilakukan Husein Mutahar.

Lirik lagu Hari Merdeka adalah sebagai berikut :Hari Merdeka
Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Lagu Hari Merdeka berisi tentang hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh tanggal 17 Agustus 1945. Hari kemerdekaan ini merupakan hari lahirnya bangsa Indonesia. Sekali kemerdekaan dicapai maka selamanya kita akan tetap merdeka selama hidup masih ada di badan. Untuk itu diperlukan kesetiaan warga negara untuk mempertahankan kemerdekaan tersebut, setiap warga negara wajib membela negaranya dengan seluruh jiwa dan raganya. Berikut adalah nor angka lagu Hari Merdeka.
hari merdeka
Lagu ”Hari Merdeka” mengingatkan kita akan hari kemerdekaan Indonesia. Sebagai generasi sekarang, apa yang harus kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan? Untuk mengisi kemerdekaan dapat kita lakukan kegiatan-kegiatan seperti di bawah ini.
  • Mengikuti upacara Hari Kemerdekaan dengan hikmat dan disiplin.
  • Berpartisipasi aktif dalam rangka mengisi kegiatan kemerdekaan Indonesia, misalnya dengan mengikuti lomba-lomba yang diadakan setiap tanggal 17 Agustus dilingkunganmu.
  • Terlibat aktif di dalam kegiatan sosial seperti kerja bhakti dan gotong royong baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
  • Saling menghargai dengan baik antar warga sekolah sehingga tercipta persatuan dan kesatuan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Belajar dengan giat, rajin dan tekun, dengan belajar kita dapat menambah wawasan terutama wawasan yang berhubungan dengan pembangunan bangsa dan negara.
Ternyata tidak mudah bangsa Indonesia mendapat kemerdekaan. Sebagai generasi muda kita harus melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk mengisi kemerdekaan. Perjuagan para pahlawan harus kita hargai dengan cara mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....