Home » » Membuat Minuman Tradisional Wedang Jahe

Membuat Minuman Tradisional Wedang Jahe

Sumber daya alam hayati terdiri atas hewan dan tumbuhan yang sifatnya dapat diperbarui atau diperbanyak. Sumber daya alam hayati Indonesia sangat berlimpah. Sumber daya alam hayati tersebut dapat kita manfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia. Peningkatan kesejahteraan manusia dan kemajuan teknologi tentu saja tidak terlepas dari kemampuan manusia dalam mengeksploitasi sumber daya alam. Akan tetapi, manusia harus selalu ingat bahwa eksploitasi sumber daya alam harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Tumbuhan juga merupakan sumber daya alam yang umumnya digunakan sebagai bahan makanan dan minuman. Manfaat lain dari tumbuhan adalah sebagai bahan pembuatan aneka kosmetik dan obat-obatan. Bagian kayu tumbuhan juga dapat digunakan sebagai bahan bangunan dan bahan pembuatan bubur kertas. Salah satu sumber daya alam hayati berupa tumbuhan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat adalah tanaman jahe.

Tanaman jahe sudah terkenal sebagai bahan obat dan penghangat. Jahe termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), sekeluarga dengan temu-temuan lainnya seperti temu lawak.Di Indonesia, sekoteng, bandrek, dan wedang jahe merupakan minuman yang digemari karena mampu memberikan rasa hangat di malam hari, terutama di daerah pegunungan.

Sekarang saatnya kita membuat suatu produk barang minuman tradisional yang memanfaatkan sumber daya alam, yaitu wedang jahe. Wedang jahe banyak diminum oleh orang yang bekerja pada malam hari, seperti petugas rumah sakit, masinis kereta, dan penjaga malam. Jahe dikenalmemiliki banyak khasiat. Beberapa khasiat wedang jahe banyak diketahui, antara lain untuk menghangatkan badan, meringankan masuk angin, menyembuhkan batuk, dan menghilangkan capek.

Kata wedang berasal dari kata bahasa jawa yang berarti minuman. Wedang jahe adalah minuman minuman yang terbuat dari bahan dasar berupa jahe.Wedang berasal dari Kerata Basa Jawa dari kata gawe kadang, ngawe kadang atau membuat bersaudara, mengajak saudara.
wedang jahe

Teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan wedang jahe ini menggunakan teknologi sederhana. Karena dalam proses pembuatan wedang jahe tersebut tidak membutuhkan mesin. Semua proses dalam pembuatan wedang jahe ini menggunakan tenaga manusia. Untuk membuat wedang jahe dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Alat untuk membuat wedang jahe
  • Kompor dan panci untuk memasak air.
  • Pisau untuk memotong dan mengupas jahe.
  • Gelas untuk wadah wedang jahe
  • Sendok untuk mengaduk wedang jahe

Bahan-bahan untuk membuat wedang jahe:
  • 2 ruas jahe ukuran sedang, pilihlah yang sudah cukup tua.
  • 200 gram gula merah
  • 3 sendok makan gula pasir, atau sesuai kebutuhan
  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 5 butir cengkeh
  • 3 cm kayu manis
  • 1 liter air

Cara membuat wedang jahe:
  1. Kupas dan cuci jahe hingga bersih menggunakan air.
  2. Rebus air di atas kompor hingga mendidih.
  3. Sambil menunggu air mendidih, jahe dibakar sampai kemerah-merahan namun jangan sampai gosong.
  4. Ketika jahe dibakar, ada bagian yang terbakar (berwarna hitam), kupas bagian yang terbakar tersebut menggunakan pisau.
  5. Potong kecil-kecil jahe dan digeprek agar aromanya keluar.
  6. Masukkan jahe yang telah di keprek ke dalam gelas.
  7. Masukkan gula secukupnya ke dalam gelas serta bahan-bahan yang lain (serai, daun jeruk, cengkeh, dan kayu manis). Supaya aroma serai keluar memarkan serai sebelum dimasukkan ke dalam air.
  8. Tuangkan air yang sudah masak ke dalam gelas dan aduk rata, akan lebih baik jika air yang dituangkan adalah air yang baru saja mendidih sehingga panasnya masih tinggi.
  9. Hidangkan wedang jahe saat masih panas.

Setelah selesai membuat, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Sumber daya alam apakah yang kamu manfaatkan untuk membuat minuman itu?

Sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam pembuatan wedang jahe adalah sumber daya alam tumbuhan yaitu tumbuhan jahe, cengkeh, kayu manis, serai, dan daun jeruk.

2. Teknologi apakah yang kamu gunakan saat membuatnya?

Teknologi yang digunakan dalam pembuatan wedang jahe adalah teknologi sederhana. Semua proses pembuatan menggunakan tenaga manusia.

3. Bagaimana kesanmu saat melakukan kegiatan di atas?

Kegiatan membuat wedang jahe sangat menyenangkan. Selain belajar mengenai pemanfaatan sumber daya alam tanaman jahe juga sekaligus belajar tentang manfaat dari minuman wedang jahe.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....