Home » » Luas dan Keliling Persegi Panjang

Luas dan Keliling Persegi Panjang

Luas permukaan sebuah bidang datar merupakan luas dari benda tersebut. Luas perseg ipanjang dapat ditemukan dengan cara mengalikan panjang dan lebar. Keliling persegi panjang adalah jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari bangun tersebut. Rumus untuk luas persegipanjang adalah panjang x lebar ( L = p x l). Sedangkan rumus keliling persegi panjang adalah panjang+ lebar+ panjang+ lebar atau Keliling = 2 x (p+ l).

Untuk mengetahui cara menghitung luas dan keliling persegi panjang dapat dilakukan dengan cara mengukur luas rung kelas menggunakan satuan luas. Biasanya dalam sebuah ruang kelas lantainya menggunakan keramik atau ubin yang merupakan bangun persegi. Jadikan ubin dan keramik sebagai persegi satuan. Dengan menghitung panjang dan lebar ruang kelas dapat ditentukan pula luas dan keliling ruang kelas tersebut. Apabila ada bagian keramik atau ubin yang ada dikelas tidak penuh (hanya sepotong) perlu dilakukan penggabungan luas ubin atau keramik yang tidak penuh tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini.
luas dan keliling
Untuk mencari luas persgi panjang dilakukan dengan cara menghitung berapa banyak persegi satuan yang menutupi persegi panjang. Pada gambar di atas panjang 6 satuan dan lebar 4 satuan. Jadi, banyaknya persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang dinamakan luas persegi panjang. Luas persegi panjang ditentukan melalui tahap:a. hitung banyak persegi satuan yang menutupi persegi panjang!
b. hitung banyak persegi satuan yang menutupi lebar persegi panjang!
c. hitung banyak persegi satuan yang menutupi panjang dari persegi panjang
d. kalikan bilangan yang menyatakan panjang dan lebar dari persegi panjang.
e. Jadi luas persegi panjang di atas = (6 x 4) satuan = 24 satuan
Jika L= Luas, p = ukuran panjang, dan l= ukuran lebar, maka L=p x l
Untuk mencari keliling persegipanjang dapat dilakukan dengan cara menjumlahan ukuran sisi yang membatasi bangun persegipanjang. Pada bangun di atas, kelilingnya adalah AB + BC + CD + DA = 6 satuan + 4 satuan + 6 satuan + 4 satuan = 20 satuan
Jadi keliling persegi panjang 2 x ( ukuran panjang + ukuran lebar) atau 2 x (p+ l)

Untuk lebih memahami tentang luas dan keliling bangun persegi panjang perhatikan contoh soal berikut. Sebuah ladang berbentuk persegi panjang dengan panjang 20 m dan lebar 15 meter.
Jika 1 m² membutuhkan 5 kantong biji jagung, berapa banyak kantong biji jagung yang diperlukan?
Untuk menentukan banyaknya kantong biji jagung yang akan ditanam, kamu harus mengetahui luas ladangnya. Luas ladang adalah: 20 x 15 = 300 m ².

Banyak kantong biji jagung yang diperlukan adalah: 300 x 5 = 1.500 kantong.

Untuk membuat pagar sebuah bidang area, kamu harus mengetahui keliling bidang tersebut.
Keliling ladang adalah: 20+ 15+ 20+ 15 = 35+ 35 = 70 m

Jika setiap 1 meter dari ukuran sisi memerlukan 8 batang bambu, berapakah jumlah potongan bambu yang ia perlukan untuk memagari ladangnya?70 x 8 = 560 potong

Sekarang cobalah untuk berkreasi membuat cerita tentang seorang petani yang akan menanam sayuran di ladang pertanian. Perhatikan langkah-langkah berikut:

1. Tentukan ukuran panjang dan ukuran lebar ladang!

Seorang petani sayur akan menanam kobis pada sebuah tegalan. Tegalan tersebut memiliki panjang 76 meter dan lebar 60 meter.

2. Hitung luasnya!
Luas lahan pak tani adalah panjang x lebar = 76 x 60 = 4.560 m²

3. Tentukan jumlah tanaman yang diperlukan untuk area 1 meter persegi!
Setiap 1 m² membuthkan bibit kobis 5 batang.

4. Hitung jumlah sayuran yang diperlukan!
Jumlah bibit yang dibutuhkan adalah 4.560 x 5 = 22.800 batang.

Seorang petani mempunyai sebidang sawah dengan bentuk dan ukuran 75 m x 40 m. Untuk kesuburan tanaman padi, petani tersebut memberikan 8 gram pupuk untuk setiap 1 m². Berapa gram pupuk yang dibutuhkan petani tersebut untuk seluruh kebunnya?
Luas sawah = 75 m x 40 m = 3.000 m²
Berapa banyak pupuk yang diperlukan = 3.000 : 8 = 375 gram.

Seorang petani jeruk memiliki sebidang tanah dengan luas 120 m². Tuliskan beberapa kemungkinan panjang dan lebar kebun pak tani! Nilainya harus dalam bilangan bulat, bukan pecahan atau desimal.

Kemungkinan panjang dan lebar kebun Pak Tani jika luasnya adalah 120 m2
L = 120 m² artinya p x l = 120 m²
Kemungkinannya: 2 x 60 = 120 m²
3 x 40 = 120 m²
4 x 30 = 120 m²
6 x 20 = 120 m²
8 x 15 = 120 m²
10 x 12 = 120 m²
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:58 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....