Home » » Kejujuran Membawa Kebahagiaan

Kejujuran Membawa Kebahagiaan

Kejujuran adalah keberanian mengakui sebuah kenyataan apa adanya. Hanya saja, tidak mudah untuk berperilaku jujur. Sikap jujur merupakan sikap positif yang harus dimiliki setiap orang. Namun pada masa sekarang kejujuran merupakan hal yang mulai langka. Kejujuran dapat membuat hati kita nyaman dan tentram. Ketika kita berkata jujur maka tidak akan ada ketakutan yang mengikuti, atau bahkan kekhawatiran tentang terungkapnya sesuatu yang tidak kita lakukan. Seseorang yang terbiasa berkata jujur akan merasa tidak nyaman saat dia berkata bohong.

Memiliki sikap jujur sangatlah penting, karena dengan kejujuran akan banyak manfaat yang bisa didapat. Ada beberapa contoh manfaat dari kejujuran salah satunya, apabila dalam pekerjaan kita selalu mengutamakan kejujuran, maka orang akan mempercayai dan menghargai kita. jika kita ingin dipercaya ataupun dihormati, baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, berdagang, dan yang lainnya, kita harus mengutamakan yang namanya kejujuran. Karena kejujur merupakan salah satu kunci dari keberhasilan. Perhatikan cerita tentang kejujuran di bawah ini.

Dua sahabat, Acil dan Cikal, sedang bersepeda di Taman Kota hari Minggu pagi ini. Setelah tiga putaran, mereka mulai merasa kehausan dan menghampiri deretan penjaja aneka makanan dan minuman. Acil merogoh kantong celana dan memekik panik “Aduh, Kal! Ternyata aku lupa membawa dompet. Pasti tadi tertinggal di meja teras ketika aku memakai sepatu,” kata Acil kepada Cikal.

“Yah Cil, bagaimana, ya? Uangku juga hanya cukup untuk membeli sebotol minuman,” ujar Cikal.

Mereka melihat sebuah benda, “Cikal, lihat ini! Mungkin ini kiriman dari langit untuk membeli minuman!” Acil berseru sambil tertawa. Cikal mendekati Acil, mengamati temuannya. Berdua mereka menghitung lembaran uang itu.

“Empat puluh ribu rupiah Cil, banyak sekali! Pasti orang yang kehilangan sedih, ya...,” gumam Cikal.

Acil terdiam. “Iya, ya Kal, tidak terpikir olehku tadi. Pemiliknya pasti sedang kesusahan mencari uang ini, ya? Kalau begitu, ayo, temani aku mencari petugas penjaga taman, Kal. Aku mau melaporkan uang ini,” ajak Acil.

Sesampainya di pos penjaga taman, mereka melihat seorang ibu penjual kue berpakaian lusuh, membawa kotak dagangannya. Terdengar oleh percakapan si ibu dengan penjaga taman, “Tadi saya selipkan di pinggir kotak, Pak, tapi sekarang tidak ada,” katanya sambil terisak.
“Wah bu, di taman seluas ini bagaimana mau mencari uang yang jatuh? Kalau ada yang menemukan pun belum tentu diantar ke sini,” ujar bapak penjaga taman. Acil dan Cikal berpandangan, lalu memberanikan diri masuk ke dalam pos.

“Maaf Pak, Bu, apakah ini uang yang Ibu cari? Saya menemukannya di dekat ayunan.” Melihat saputangan yang disodorkan Acil, si Ibu langsung berdiri dan memeluk Acil.
Kejujuran Membawa Kebahagiaan
“Duuh, Nak, betuuul. Ini saputangan dan uang hasil dagang Ibu hari ini. Pasti tadi terjatuh. Terima kasih banyak ya, Nak! Uang ini sangat Ibu perlukan untuk bayar uang sekolah anak-anak. Terima kasih banyak ya, Nak,” ibu penjual kue itu berulang-ulang mengucapkan terima kasih pada Acil.

Penjaga taman menepuk pundak Acil sambil berkata, “Wah, ibu beruntung uangnya ditemukan oleh anak–anak jujur ini.”

Keluar dari pos penjaga, kaki Acil dan Cikal ringan mengayuh sepeda, seringan hati mereka yang lega setelah mengembalikan uang kepada pemiliknya.

Sebuah kejujuran membawa kebahagiaan bagi sesama. Sebuah kejujuran akan membekas dalam ingatan mereka sepanjang hidup. (Oleh Santi Hendriyeti)
Temukan kata-kata sulit yang ada dalam teks di atas.
Temukan arti dari kata-kata sulit tersebut. Kamu bisa mencari arti katanya dari kamus atau bertanya ke guru.
5.
NoKata SulitArti Kata
1.PenjajaOrang yang berkeliling membawa dan menawarkan barang dagangan (supaya dibeli orang)
2.GumamSuara omongan yang tertahan di dl mulut
3.TerasTanah atau lantai yang agak ketinggian di depan rumah
4.PetugasOrang yang bertugas melakukan suatu tugas
5.PosTempat berjaga
1. Apa isi cerita di atas?
Cerita di atas menunjukkan kejujuran dua orang anak yang menemukan dompet penjaja makanan.

2. Apakah kamu setuju dengan Acil? Berikan pendapatmu.
Sangat setuju karena uang yang bukan menjadi hak kita harus dikembalikan kepada yang berhak. Kejujuran merupakan sakah satu sifat kepahlawanan.
3. Apakah sikap Acil dan Cikal sudah mencerminkan sikap-sikap kepahlawanan? Jelaskan.
Ya sikap jujur merupakan salah satu sikap kepahlawanan

4. Hal baik apa saja yang bisa kamu ambil dari cerita di atas?
Dengan kejujuran kita dapat memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Sikap kepahlawanan, yaitu jujur, harus kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar nilai-nilai kepahlawanan membuat kita makin mengerti hal-hal baik yang harus kita lakukan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:40 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....