Home » » Keindahan Burung Cenderawasih

Keindahan Burung Cenderawasih

Negara kita kaya akan hewan-hewan yang memiliki keindahan luar biasa. Satwa Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi karena wilayahnya yang luas dan berbentuk kepulauan tropis. Sehingga Indonesia mempunyai hutan hujan tropis yang kaya akan tumbuhan dan hewan hutan tropis. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia, hal ini menyebabkan setiap pulau memungkinkan tumbuh dan dan menyebarnya hewan dan tumbuhan khas tertentu sesuai dengan kondisi alamnya. 

Wilayah nusantara yang luas dan terbagi dalam beribu-ribu pulau menjadikan Indonesia kaya akan fauna yang menakjubkan. Anugerah ini sudah selayaknya disyukuri dengan cara memelihara dan melestarikan berbagai kekayaan fauna tersebut agar tidak punah dan selalu terjaga dengan baik. Fauna Indonesia dibagi menjadi 3 bagian yaitu Indonesia Bagian Barat, Fauna Peralihan dan Indonesia Bagian Timur. Fauna Indonesia barat meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali. Fauna Indonesia tengah merupakan fauna yang tidak terdapat di Indonesia bagian barat dan timur sehingga disebut peralihan. Fauna Indonesia bagian timur hampir mirip dengan fauna di Asutralia dikarenakan Irian dan Australia dahulu merupakan satu daratan.

Fauna di wilayah Indonesia Timur ini diantaranya cenderawasih, merak, wallaby dan kasuari. Cenderawasih merupakan salah satu burung terindah di dunia yang berada di Indonesia.

Burung cenderawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon.
burung cenderawasih
Warna bulu cenderawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau, dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda dalam mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Burung cenderawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cenderawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cenderawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.

Beberapa jenis cenderawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cenderawasih kuning kecil, cenderawasih botak, cenderawasih raja, cendrawasih merah, dan toowa.

Mengapa burung cenderawasih dijuluki sebagai burung surga?
Karena kemolekan warnanya, burung cenderawasih disebut sebagai burung dari surga atau bird of paradise.
Deskripsikan keindahan burung cenderawasih!
Burung cenderawasih adalah salah satu burung yang memiliki bulu sangat indah. Burung cenderawasi merupakan maskot Papua.Burung Cenderawasih juga disebut burung surga karena kendahan bulunya,
Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih?
Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama terancamnya keberadaan burung Cenderawasih.
Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?
Manusia yang melakukan perburuan dan penangkapan liar menebabkan cenderawasih yang menjadi ikon Papua di ambang kritis. Sebaiknya kegiatan tersebut dihentikan agar burung cenderawasih tetap lestari.
Apa saranmu agar kelestarian burung cenderawasih tetap terjaga?
Burung cenderawasih merupakan satwa asli Papua, yang tidak terdapat di belahan dunia manapun, keunikanya menjadikan burung ini disebut sebagai burung surga. Potensi tersebut mengakibatkan tingginya perburuan illegal yang mengurangi populasi di alamnya. Sebaiknya pemerintah menindak tegas pelaku perburuan liar dan perusak lingkungan di sekitar habitat burung cenderawasih.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....