Home » » Keindahan Bawah Laut Indonesia

Keindahan Bawah Laut Indonesia

Indonesia memang memiliki keindahan alam yang luar biasa, termasuk keindahan alam bawah lautnya. Selain indah kekayaan sumberdaya hayatinya juga sangat berlimpah. Sebuah anugerah yang luar biasa yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Bangsa Indonesia. Sebagai warga negara tugas kita adalah menjaga anugerah tersebut agar jangan sampai musnah oleh keserakahan manusia. Kita harus bersyukur memiliki keindahan alam yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Salah satu keindahan yang wajib dijaga adalah keindahan Dasar Laut yaitu terumbu karang dan boita laut lainnya. Terumbu karang, adalah bagian dari ekosistem laut yang berbentuk batu karang tempat ikan ikan, kerang maupun mahluk hidup lain hidup, bertelur dan berkembang biak. Jika terumbu karang ini tidak dijaga kelestariannya mungkin beberapa tahun kedepan keindahan tersebut akan hilang dan tinggal kenangan saja.

Akibatnya rusaknya terumbu karang yang sangat merugikan makhluk di laut dan manusia yaitu biota laut kehilangan tempat tinggal untuk berkembang biak dan tempat mencari makanan. Penurunan produksi Ikan yang akan berpengaruh pada sektor industri yang terkait dengan sumber daya laut seperti ekspor ikan, mutiara, wisata bahari, obat obatan, pakan ternak dan kosmetik, dan hilangnya terumbu karang sebagai penahan pesisir pantai dari hempasan ombak

Indonesia memiliki pantai yang indah. Berdasarkan hasil survei CNN, ada 3 pantai di Indonesia yang masuk ke dalam daftar pantai terbaik di dunia. Tiga pantai di Indonesia yang termasuk ke dalam daftar 100 pantai terbaik di dunia adalah Pantai Nihiwatu di Sumba pada peringkat ke-17, Pantai Canggu di Bali pada peringkat ke-39, dan yang terakhir adalah Pantai Derawan di Pulau Derawan Kalimantan Timur pada peringkat ke-63.

Ketiganya dikatakan sebagai pantai terbaik karena alamnya yang memesona, keramahan penduduknya, dan juga karena letaknya yang terpencil. Hebatnya lagi, Pantai Nihiwatu berhasil mengalahkan pantai yang ada di Hawaii, seperti Teluk Hanalei yang berada di peringkat ke-27, dan Pantai Punalu’u pada peringkat ke-70.
keindahan bawah laut
Mengapa tiga pantai Indonesia masuk dalam 100 pantai terbaik di dunia?
Karena ketiga pantai tersebut alamnya yang memesona, keramahan penduduknya, dan juga karena letaknya yang terpencil.

Bagaimana pendapatmu tentang hal tersebut?
Sangat membanggakan karena ternyata alam Indonesia memang luar biasa.

Sebutkan 3 informasi penting lainnya yang kamu temukan dalam teks!
  • Indonesia memiliki pantai yang indah
  • Tiga pantai Indonesia masuk 100 pantai terbaik di dunia.
  • Pantai Nihiwatu berhasil mengalahkan pantai yang ada di Hawaii, seperti Teluk Hanalei
Apa keindahan yang kamu amati dari gambar hewan bawah laut tersebut?
  • Aneka biota laut yang hidup di laut Indonesia.
  • Keindahan terumbu karang sebagai habitat biota laut.
  • Keanekaragaman ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut dan terumbu karang
Bagi mereka yang sedang bersedih, lihatlah keindahan bawah laut. Bagi mereka yang merasa sempit, lihatlah luasnya samudera. Kemudian lihatlah Yang Maha Kuasa yang telah menciptakannya untuk manusia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....