Home » » Keindahan Alam Negeriku

Keindahan Alam Negeriku

Indonesia memilik keindahan alam yang sangat luar biasa, keindahan tersebut tentunya tidak dimiliki oleh negara lain.  Keindahan bisa diartikan sebagai sesuatu yang enak dipandang, bagus, cantik, elok dan sebagainya. Sebagai warga negara kita wajib menjaga semua keindahan alam yang kita miliki agar keindahan tersebut tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Alam yang indah dan sumber daya yang melimpah merupakan anugerah Yang Maha Kuasa yang diberikan kepada bangsa Indonesia.

Agar keindahan alam dan kekayaan sumber daya alam dapat terus lestari perlu dilakukan beberapa tindakan. Pengelolaan dan pemeliharaan lingkungan perlu dikembangkan dengan baik. Sumber daya alam hendaknya digunakan secara hati-hati dengan tetap memperhatikan kepentingan generasi mendatang. Kawasan lindung, kawasan penyangga dan kawasan sumber budi daya sumber alam harus dijaga dan dikendalikan keberadaannya. Reklamasi lahan dilakukan untuk lahan bekas pertambangan. Rehabilitasi mencakup pengerjaan reboisasi, pembuatan sengkedan dan pengendalian peladang berpindah.

Indonesia dikenal dengan sebutan zamrud khatulistiwa. Indonesia adalah negara yang dilintasi garis khatulistiwa. Indonesia memiliki banyak tempat yang terkenal dengan keindahan serta kekayaan alamnya. Keindahan alam Indonesia membentang dari ujung Sumatera hingga Papua. Tempat-tempat tersebut menjadi objek wisata yang terkenal, seperti Gunung Bromo, Kepulauan Raja Ampat, Danau Toba, hutan Kalimantan, serta sawah berundak di Tabanan, Pulau Bali.

Setiap tempat memiliki kekayaan alam yang terdiri atas sumber daya alam hayati, seperti keaneragaman hewan dan tumbuhan, dan sumber daya alam nonhayati, seperti keindahan pantai, danau, dan pegunungan.

Untuk melestarikan keindahan alam dan sumber daya alam negeri kita, diharapkan semua rakyat Indonesia memiliki perilaku/sikap cinta tanah air, ikut menjaga keindahan alam, dan mengolah kekayaan yang terkandung di dalamnya dengan bijaksana, sehingga bermanfaat bagi kehidupan. Perhatikan gambar di bawah ini.
keindahan alam
1. Apa nama-nama tempat wisata dalam foto-foto tersebut?
2. Di mana lokasi tempat-tempat wisata tersebut?
3. Kekayaan alam apa saja yang terkandung di tempat-tempat wisata tersebut?
4. Apa manfaat kekayaan alam tersebut bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi wista?
5. Apa jenis-jenis mata pencarian masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi tersebut?
6. Bagaimana sikap yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk menjaga
kelestarian dan keindahan tempat wisata? Berikan contohnya!
7. Mengapa masyarakat tersebut harus memiliki sikap-sikap tersebut di atas? berikan alasannya.
  • Nama tempat wisata, yaitu Gunung Bromo, sawah berundak Bali, Danau Toba, pantai dan wisata bawah laut Raja Ampat, dan hutan Kalimantan.
  • Lokasi di setiap pulau di Indonesia.
  • Kekayaan sumber daya alam hayati, seperti beragam tumbuhan dan hewan di laut, dan hewan serta tumbuhan di hutan. Juga sumber daya alam nonhayati seperti keindahan pantai pasir, danau, dan pegunungan.
  • Kekayaan alam tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai obyek wisata dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat yang tinggal.
  • Jenis mata pencarian masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi, nelayan di pantai, nelayan di sawah, dst.
  • Sikap yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian dan keindahan tempat wisata, contohnya sikap peduli lingkungan, seperti buang sampah ke tempat sampah, tidak merusak tumbuhan, dst.
  • Masyarakat harus memiliki sikap-sikap tersebut supaya kelestarian alam juga terjaga sehingga mata pencarian masyarakat juga tidak terganggu.
No.Kata Sulit ArtiContoh Pemakaian dalam Kalimat
1.Membentangtampak terhamparSawah para petani di desa membentang dari kaki bukit hingga ke
tepi hutan.
2.KhatulistiwaGaris imajinasi yang digambar di tengah-tengah planet di antara dua kutubBagian bumi yang dilewati garis khatulistiwa ini kebanyakan samudra.
3.Berundakbertingkat-tingkat seperti undakan (tangga)Wajah alam dengan bentangan sawah berundak tentu sangat susah bisa ditemukan sekarang ini.
4.HayatiBerasal dari makhluk hidupKekayaan hayati Indonesia sangat beragam.
5.Bijaksana Selalu menggunakan akal budinyaBerkat kebijaksanaan beliau, selamatlah keindahan alam dan kekayaan Indonesia
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....