Home » » Kegiatan Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan

Kegiatan Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan Kesatuan merupakan keadaan yang menggambarkan kemajemukan bangsa Indonesia yang terdiri atas keberagaman unsur pendukungnya namun mampu membentuk suatu kesatuan yang utuh, yang mana setiap komponen dihormati dan menjadi bagian yang menyatu dalam satu sistem kesatuan bangsa dan Negara Indonesia. Persatuan berarti perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Sedangkan Kesatuan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh. Sehingga kesatuan erat hubungannya dengan keutuhan. Persatuan dan kesatuan sendiri berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah.

Persatuan dan kesatuan mengandung arti, “Bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi”. Contoh sikap yang mencerminkan nilai-nilai persatuan, yang biasa dilakukan siswa dalam kehidupan sehari-hari: Bermain dan belajar bersama semua teman tanpa membedakan suku, ras, dan agama. Gotong-royong membersihkan kelas dan sekolah. Upacara bendera memperingati hari Kemerdekaan RI. Dengan persatuan dan kesatuan semua kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah sebagai alat untuk menyatukan bergam perbedaan yang ada. Persatuan sangatlah penting bagi sebuah bangsa yang ingin hidup sejahtera. Dengan persatuan pula sebuah negara bahkan bisa bersatu dengan negara lain.  Persatuan juga akan mewujudkan kerjasama yang baik diantara orang di dalamnya.

Buat sebuah rencana kerja dan laporan kegiatan bersama seluruh teman di kelas untuk melakukan satu kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai persatuan. Tuliskan jenis kegiatan tersebut, hari dan tanggal pelaksanaan, serta alasan/tujuan kalian memilih kegiatan tersebut.

Laporan Kegiatan
Pelaksanaan Kerja Bakti
Kelas 4 SDN Karangjati Minomartani, Ngaglik, Sleman

a. Nama Kegiatan: Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan Sekolah
b. Tujuan Kegiatan:
  • Meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan sekolah
  • Meningkatkan kerjasama antar siswa di sekolah.
  • Meningkatkan tanggung jawab siswa untuk menjaga lingkungan.
  • Mempererat persatuan dan kesatuan antar siswa di sekolah

c. Peserta: 26 orang.
d. Penyelenggara: Kelas 4 SDN Karangjati
e. Pelaksanaan:
  • Hari/Tanggal: Sabtu, 24 Agustus 2014
  • Waktu: Pukul 09.00 – 11.00 WIB
  • Tempat: SDN Karangjati, Jl. Plosokuning Raya No. 63 Minomartani, Ngaglik, Sleman 55581
 Persatuan dan Kesatuan
f. Laporan Pelaksanaan:
  • Kerja bakti dimulai dengan pidato sambutan dari guru wali kelas 4
  • Pengarahan dari guru wali kelas 4
  • Pembagian tugas sesuai dengan rencana: siswa dibagi dalam 5 kelompok untuk membersihkan setiap area sekolah. Kelompok 1 membersihkan WC dan kamar mandi, Kelompok 2 membersihkan ruang perpustakaan, Kelompok 3 membersihkan halaman sekolah, Kelompok 4 membersihkan ruang kelas, dan Kelompok 5 membersihkan jalan disekitar sekolah.

g. Penutup:
Demikian laporan pelaksanaan Kerja Bakti. Semoga Kerja Bakti ini dapat menjadi bekal kami tentang kepedulian akan kebersihan lingkungan dan meningkatkan persatuan.

Minomartani, 26 Oktober 2014
Hormat Kami
(Budi Susanto)
Anggota Kelas 4
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:39 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....