Home » » Kegiatan Ekonomi Penjualan Ikan

Kegiatan Ekonomi Penjualan Ikan

Untuk memenuhi segala kebutuhannya manusia harus bekerja. Mereka bekerja sesuai dengan kondisi wilayah tempat tinggalnya. Mereka yang tinggal di dataran tinggi bekerja sebagai petani dan peternak, mereka yang tinggal di dataran rendah selain bertani mereka juga berdagang, mereka yang tinggal di daerah pantai biasanya bekerja sebagai nelayan. Kegiatan bekerja tersebut membentuk suatu usaha perekonomian yang berjalan di masyarakat. Jenis-jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat Indonesia beraneka ragam, di antaranya adalah pertanian, perdagangan, perikanan, peternakan, industri kerajinan, dan jasa.

Dalam kegiatan ekonomi sehari-hari, kita tidak dapat lepas dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Orang yang melakukan produksi disebut produsen. Contoh kegiatan produksi antara lain penduduk yang tinggal di daerah subur, kegiatan ekonominya bercocok tanam. Dengan bercocok tanam akan menghasilkan beras, sayur-sayuran dan buah-buahan contohnya di daerah Cianjur merupakan penghasil beras yang terbanyak.

Kegiatan distribusi adalah penyebaran hasil produksi ke pemakai. Produk yang dihasilkan produsen disalurkan ke pemakai melalui perantara. Perantara atau orang yang menyalurkan hasil produksi ke konsumen disebut distributor. Contoh kegiatan distribusi adalah koperasi sekolah menjual barang-barang kebutuhan siswa, seperti alat tulis, buku, minuman, dan makanan ringan. Koperasi sekolah mendapatkan barang-barang kebutuhan siswa dari berbagai produsen dengan cara membeli di toko atau di pasar. Produsen-produsen barang tersebut antara lain pembuat alat tulis, buku, minuman dan makanan ringan. Koperasi mendistribusikan barang itu kepada siswa yang membutuhkan.

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan memakai barang hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan, baik berupa barang maupun jasa. Konsumen adalah orang yang memakai hasil produksi. Contoh kegiatan konsumsi, antara lain siswa menggunakan buku dan alat tulis untuk menulis, siswa membeli dan memakan makanan ringan yang dibeli di Kopersi sekolah, dan masih banyak contoh yang lainnya.

Ketiga kegiatan ekonomi di atas saling memengaruhi dan saling berkaitan. Barang yang diproduksi perlu disalurkan dan digunakan. Kegiatan konsumsi tidak akan terjadi jika tidak ada barang atau jasa yang di produksi dan didistribusikan. Sumber daya alam dapat mendukung kegiatan ekonomi. Dengan demikian, kehidupan masyarakat di sekitarnya menjadi makmur. Sumber daya alam di daratan maupun di perairan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi.

Kegiatan Ekonomi Penjualan Ikan
Salah satu kegiatan ekonomi dapat dilihat pada proses penjualan ikan. Sumber daya alam yang terdapat di daerahpesisir pantai di antaranya adalah beraneka macam ikan, garam, tambak-tambak ikan dan udang, dan lain-lain. Sumber daya alam ini sangat mendukung kegiatan perekonomian masyarakat sekitar pantai.

Kegiatan ekonomi utama masyarakat pesisir biasanya adalah menangkap ikan. Para nelayan pergi menangkap ikan di daerah dekat pantai. Mereka menggunakan sampan dan jaring sebagai alat utama. Hasil tangkapan mereka biasanya berbagai jenis ikan dan hewan laut lainnya. Hasil tangkapan biasanya dijual dan sebagian dibawa pulang untuk dikonsumsi. Kegiatan yang dilakukan nelayan termasuk kegiatan produksi, nelayan menghasilkan ikan dan hewan laut lainnya.

Para nelayan menjual ikan hasil tangkapannya di tempat pelelangan ikan. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) merupakan tempat para penjual (nelayan) dan pembeli melakukan transaksi jual beli ikan melalui pelelangan dimana proses penjualan ikan dilakukan di hadapan umum dengan cara penawaran bertingkat, Lelang adalah proses membeli dan menjual barang dengan cara menawarkan kepada penawar, dan kemudian menjual barang kepada penawar harga tertinggi. Penjualan ikan dengan sistem lelang tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan nelayan serta pada akhirnya dapat memacu dan menunjang perkembangan kegiatan penangkapan ikan di laut.

Dari tempat pelelangan ikan ikan yang telah dibeli oleh pedagang grosir ikan akan diangkut ke daerah perkotaan atau daerah lain yang membutuhkan. Proses ini termasuk proses distribusi, biasanya ikan diangkut menggunakan kendaraan. Pedagang grosir merupakan bagian dari perdagangan besar, biasanya mereka membeli ikan dalam jumlah besar dan mereka menjual kembali ikan-ikan kepada penjual lain yang lebih kecil. Biasanya pedagang grosir akan membawa ikannya ke pasar-pasar. Pedagang grosir banyak ditemukan di kota-kota besar, Kegiatan ini termasuk kegiatan distribusi.

Di pasar inilah biasanya pedagang-pedagang keliling atau pedagang warung lainya akan membeli ikan dari pedagang grosir. Pedagang keliling ataupun pemilik warung membeli ikan dari pedagang grosir dengan cara tawar menawar. Tawar menawar adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli untuk menentukan harga suatu barang. Hal ini biasanya dilakukan di pasar tradisional. Setelah harga disepakati pembeli akan membayar kepada penjual dan penjual mendapatkan barang yang dibutuhkan. Pedagang ikan atau pemilik warung biasanya membeli ikan dalam jumlah yang terbatas sesuai dengan yang dibutuhkan. Kegiatan ini termasuk kegiatan distribusi.

Penjual keliling dan pemilik warung menjual ikan yang dibeli di pasar kepada para pembeli. Biasanya mereka menjual ikan lebih tinggi dari harga di pasar saat mereka membeli ikan tersebut. Pedagang dan pemilik warung menjual dengan harga lebih tinggi dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan adalah merupakan selisih harga beli dan harga jual. Pedagang keliling dan pemilik warung biasanya juga melakukan tawar menawar dengan pembeli. Setelah harga cocok jual beli dapat dilaksanakan. Biasanya yang membeli pada pedagang keliling dan warung adalah para ibu rumah tangga yang membutuhkan ikan sebagai pelengkap menu makanan mereka. Kegiatan ini termasuk kegiatan distribusi.
proses penjualan ikan

Para ibu rumah tangga yang membeli ikan di pedagang keliling atau warung, biasanya akan memasak ikan tersebut sebagai lauk. Proses pengolahan ikan biasanya dilakukan dari membersihkan ikan sampai ikan siap dikonsumsi. Nah, ikan yang telah digoreng tersebut biasanya disajikan di atas meja dan siap di santap. Kegiatan ketika menyantap ikan ini termasuk kegiatan konsumsi.

Dari gambar di atas, diskusi dengan teman kamu tentang:
1. jenis barang yang dijual belikan,
Jenis barang yang diperjual belikan adalah ikan.

2. Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan di atas, dan hasil dari setiap pekerjaan.
Kegiatan produksi dilakukan oleh nelayan, nelayan menghasilkan ikan dari laut, kegiatan ditribusi dilakukan oleh pedagang grosir, pedagang keliling, dan pemilik warung, kegiatan konsumsi dilakukan oleh anggota keluarga yang menyantap ikan.

Kegiatan jual beli yang dilakukan oleh pemilik barang dan pembeli barang dikenal dengan istilah kegiatan ekonomi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:14 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....