Home » » Keanekaragaman Unggas Langka Indonesia

Keanekaragaman Unggas Langka Indonesia

Unggas adalah jenis hewan ternak kelompok burung yang dimanfaatkan untuk daging dan telur atau bulunya. Indonesia memiliki keanejaragaman hewan unggas. Burung Cenderawasih merupakan salah satu jenis hewan unggas langka yang ada di indonesia. Burung Cenderawasih banyak jenisnya dan setiap jenis memiliki ciri khas dan ukuran yang berbeda. Burung Cendrawasih ercirikan dengan warna yang mencolok dan cerah, bulu berwarna kuning, biru, merah, dan hijau. Dengan warna-warna yang demikian mereka menjadi burung paling indah dan menarik di dunia, sehingga disebut sebagai burung dari surga.

Burung cendrawasih banyak ditemukan di Papua atau Papua Nugini dan pulau-pulau sekitarnya, termasuk juga Australia Timur. Sayangnya keberadaan burung ini semakin berkurang seiring dengan banyaknya perburuan liar yang tidak bertanggung jawab. Burung cenderawasih diburu karena keindahan bulunya. Bulu burung ini biasana dijadikan hiasan seperti pada beberapa suku asli Papua. Pemanfaatan bulu burung cenderawasih masih diperbolehkan hanya untuk kepentingan masyarakat lokal dalam menghiasi pakaian adat mereka. Itu pun tentu tidak secara berlebihan dan untungnya masyarakat Papua memiliki kearifan lokal dan adat untuk turut menjaga kelestarian burung ini. Berikut ini beberapa jenis Burung Cenderawasih yang berada di Papua.

1. Cenderawasih Kuning
Cenderawasih kuning kecil berukuran sedang dengan panjang sekitar 32 cm, berwarna merah-cokelat dengan mahkota kuning dan punggung atas kuning kecokelatan. Burung jantan memiliki tenggorokan berwarna zamrud hijau tua, sepasang ekor panjang dan dihiasi dengan bulu hiasan sayap yang berwarna kuning di daerah pangkal berwarna putih di daerah luarnya. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan, memiliki kepala berwarna cokelat tua, dada berwarna putih dan tanpa dihiasi bulu-bulu hiasan. Daerah penyebarannya meliputi seluruh hutan bagian utara Papua.

2. Cenderawasih Biru
Cenderawasih biru berukuran sedang, dengan panjang sekitar 30 cm. Daerah sebaran Cenderawasih biru terdapat di hutan-hutan pegunungan Papua bagian timur dan tenggara, umumnya dari ketinggian 1.400 meter sampai ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut.

3. Cenderawasih Merah
Cenderawasih merah adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang sekitar 33 cm. Cenderawasih merah hanya ditemukan di hutan dataran rendah pada pulau Waigeo dan Batanta, di kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat.

4. Cenderawasih Astrapia Ribbon-tailed
Astrapia Ribbon-tailed dan memiliki bulu ekor terpanjang. Panjang ekornya mencapai lebih dari tiga kali panjang tubuhnya. Panjang burung dewasa mencapai 32 cm dengan ekor burung jantan yang bisa mencapai 1 meter. Burung jantan memiliki warna hitam dan hijau zaitun, sedangkan burung betina berwana cokelat. Burung jantan memiliki ekor panjang berbentuk pita berwarna putih. Daerah penyebarannya ada di bagian tengah Pulau Papua.

Persamaan dan perbedaan antara cenderawasih kuning kecil dan astrapia ribbon-tailed.
Persamaan :
  • Panjang tubuh sekitar 32 cm
  • Memiliki ekor berbulu panjang
  • Burung betina lebih kecil dari burung jantan
Perbedaan :
  • Daerah penyebaranya Cenderawasih Kuning di hutan Bagian Utara Papua sedangkan Astrapia Ribbon di bagian tengah papua.
  • Warna bulu jantan berwarna kuning di daerah pangkal berwarna putih di daerah luarnya, Sedangkan Astrapia memiliki warna hitam dan hijau zaitun.
  • Cenderawasih kuning warna bulu.nya lebih mencolok burung cndrawasih dari pada Astrapia Ribbon tailed.
Persamaan dan perbedaan antara cendrawasih biru dan cenderawasih merah.
Persamaan;
  • Berukuran tubuh sedang.
  • Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan.
  • Merupakan burung yang bersifat poligami.
Perbedaan :
  • Cenderawasih biru memiliki panjang tubuh sekitar30 cm, sedangkan Cenderawasih merah sekitar 3 cm.
  • Cenderawasih biru terdapat di hutan-hutan pegunungan Papua bagian timur dan tenggara, sedangkan cenderawasih merah pada pulau Waigeo dan Batanta, di kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat.
  • Cenderawasih biru hidup didataran tinggi, sedangkan Cenderawasih di dataran rendah.
Tuliskan sedikitnya 5 keindahan yang kamu temukan pada berbagai jenis cenderawasih!
  • Memiliki keindahan dengan warna bulu tubuh yang sangat menawan.
  • Memiliki keindahan suara kicauannya.
  • Keindahan gerakan tarian burung jantan saat memikat betinanya.
  • Umumnya bulunya berwarna cerah dengan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, kemerahan, oranye, kuning, putih, biru, hijau dan ungu.
  • Memiliki bulu ekor yang panjang dan warna-warni
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:44 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....