Home » » Keanekaragaman Anggrek Langka

Keanekaragaman Anggrek Langka

Bunga Nasional Indonesia adalah jenis bunga yang ditetapkan oleh pemerintah dengan harapan mampu mewakili karakteristik bangsa dan negara Indonesia. Anggrek Bulan merupakan Puspa Pesona Indonesia dan salah satu jenis tanaman hias bunga yang paling banyak disukai. Bunga anggrek bulan merupakan salah satu jenis anggrek yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Tanaman Anggrek Bulan juga merupakan tanaman hias asli Indonesia. Bunga Anggrek Bulan sangat indah dan keindahannya seolah olah tidak pernah lekang oleh waktu. Karena memang bunga anggrek akan mekar dalam jangka waktu relatif lama.

Anggrek sebenarnya mulai dikenal sejak 200 tahun lalu. Dalam 50 tahun terakhir, anggrek mulai populer di Indonesia sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang elok. Indonesia memiliki sekitar 5.000 jenis anggrek, 700 jenis di antaranya tumbuh di Pulau Jawa. Beberapa jenis anggrek mulai langka. Anggrek bulan adalah salah satunya.

Selain memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, perburuan anggrek hutan banyak dilakukan untuk dikirim ke luar negeri. Anggrek Indonesia dari hutan Kalimantan dan Papua banyak diselundupkan ke Eropa, Amerika, Malaysia, dan Thailand. Di Indonesia, kolektor anggrek paling banyak berada di Pulau Jawa dan Sumatera.
Keanekaragaman Anggrek Langka
Rusaknya habitat, seperti pembukaan atau alih-fungsi hutan menjadi ancaman punahnya anggrek sebab anggrek kebanyakan hidup menempel di pohon-pohon. Oleh karena itu, menjaga keberadaan anggrek di hutan sama halnya dengan menjaga kelestarian hutan itu sendiri. Dalam satu pohon sedikitnya bisa terdapat 11 hingga 13 spesies anggrek. Lalu, berapa anggrek yang hilang bila hutannya dirambah?(sumber : tempo.co)

Apa yang menyebabkan semakin langkanya anggrek di Indonesia?
Perburuan tanaman anggrek untuk kebutuhan dalam dan dikirim ke luar negeri. Rusaknya habitat anggrek karena alih fungsi hutan juga menyebabkan lengkanya anggrek.

Apa kaitan antara hak dan kewajiban sebagai warga dengan kelangkaan anggrek?
Sebagai warga negara kita wajib turut serta menjaga kelestarian anggrek agar tidak punah, sebagai warga negara kita juga berhak menikmati keindahan bunga anggrek.

Sebagai warga negara yang baik, apa kewajiban yang harus kita laksanakan agar kelestarian anggrek tetap terjaga?
Kewajiban kita sebagai warganegara agar kelestarian anggrek tetap terjaga dapat dilakukan dengan cara menjaga kelestarian hutan sebagai habitat anggrek. Selain itu masyarakat juga harus menghentikan perburuan anggrek hutan, kegiatan perburuan anggrek dapat diganti dengan pengembangbiakan anggrek atau pembudidayaan anggrek.<

Sehubungan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara, apa kesimpulanmu tentang teks di atas?
Sebagai warga negara kita wajib ikut menjaga kelestarian tanaman anggrek dengan cara menjaga kelestarian hutan. Anggrek mengalami kelangkaan karena perburuan liar untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan juga dikirim ke luar negeri. Kelangkaan anggrek juga disebabkan karena alih fungsi hutan sebagai habitat anggrek.

Semua kekayaan yang ada di bumi ini, yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia merupakan sumber daya alam. Tumbuhan, hewan, dan manusia, merupakan sumber daya alam hayati, sedangkan faktor lainnya merupakan sumber daya alam nonhayati. Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian karena sumber daya alam bersifat terbatas. Sumber daya alam perlu dilestarikan supaya dapat mendukung kehidupan makhluk hidup. Bila sumber daya alam rusak atau musnah kehidupan bisa terganggu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....