Home » » Indahnya Danau Toba

Indahnya Danau Toba

Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias. Danau Toba merupakan danau terluas di Asia Tenggara. Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat memesona. Di pinggiran Danau Toba juga terdapat satu objek wisata bernama Tanjung Unta karena daratan yang menjorok ke danau ini memang menyerupai punggung unta.

Danau Toba terbentuk akibat letusan gunung api super (Gunung Toba) sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Diperkirakan sekitar 2.800 km kubik bahan vulkanik dimuntahkan dari perut bumi melalui gunung tersebut saat meletus. Saat itu debu vulkanik yang ditiupkan angin telah menyebar ke separuh wilayah Bumi. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut. Menurut perkiraan, letusan gunung api super tersebut menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies mahluk hidup.

Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi Danau Toba seperti yang dikenal sekarang. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Sayangnya, saat ini wilayah di sekitar Danau Toba dan pulau Samosir telah menjadi sasaran penebangan hutan yang telah menyebabkan pendangkalan sungai-sungai di sekitar Danau Toba akibat lumpur hasil erosi di atas tanah bekas penebangan. Program penanaman sejuta pohon yang digerakkan pemerintah Provinsi Sumatera Utara pun dikatakan tidak efektif karena banyak pohon yang mati karena tidak dirawat.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
1. Di manakah lokasi Danau Toba berada?
Danau Toba berada di Provinsi Sumatra Utara.

2. Bagaimana pemandangan di sekitar Danau Toba?
Danau Toba memiliki pesona alam yang indah dan menarik, karena dikelilingi lembah dan bukit-bukit hijau bak permadani.

3. Bagaimana proses terjadinya Danau Toba?
Pada 75.000 tahun yang lalu Danau Toba adalah sebuah gunung berapi super yang meletus. Letusannya terjadi selama satu minggu. Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera, yang kemudian terisi oleh air dan menjadi sebuah danau, yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

4. Bagaimana cara kita menjaga kelestarian dan keindahan Danau Toba?
Cara kita menjaga kelestarian dan keindahan Danau Toba, contohnya: menjaga kebersihan lingkungan danau dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Membuat Poster Keindahan Danau Toba
Perhatikan hal-hal berikut saat kamu membuat poster!
  • Mencantumkan kalimat yang menggambarkan keindahan alam tempat wisata yang kamu pilih.
  • Mencantumkan gambar atau foto tempat wisata.
  • Mencantumkan kalimat untuk menjaga kelestarian dan keindahan lokasi wisata.
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
keindahan danau toba
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:36 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....