Home » » Hubungan Manusia SDA dan Teknologi

Hubungan Manusia SDA dan Teknologi

Manusia membutuhkan sumber daya alam untuk diolah dan dimanfaatkan dalam mempertahankan kehidupannya, namun terkadang kita berlebihan dalam mengeksploitasi sumber daya alam sehingga keseimbangan lingkungan mengalami gangguan. Manusia memanfaatkan sumber daya alam dengan teknologinya. Kemajuan teknologi sangat membantu manusia mengolah sumber daya alam untuk mendatangkan manfaat yang sebanyak-banyaknya. Dalam pemanfaatan sumber daya diperlukan cara penggunaan teknologi yang tepat dan ekonomis agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan dan tidak mengganggu lingkungan.

Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia. Semua yang ada di alam ini merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Pada dasarnya sumber daya alam terbagi dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui meliputi air, tanah, flora dan fauna. Sumber daya jenis ini apabila mengalami kelangkaan akibat eksploitasi berlebihan maka keseimbangan ekosistem akan terganggu. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui itu contohnya barang tambang yang ada di dalam perut bumi seperti minyak bumi, batu bara, timah dan nikel. Kita harus menggunakan SDA ini seefisien mungkin. Hal ini disebabkan sumber daya ini baru akan terbentuk kembali setelah jutaan tahun kemudian.

Sumber daya alam ada yang dapat dimanfaatkan secara langsung, ada pula yang harus diolah lebih dahulu dengan menggunakan teknologi. Benda-benda yang dibuat dengan teknologi menjadi sangat berbeda dengan bahan asalnya. Pembuatan benda yang memerlukan teknologi sederhana misalnya pembuatan tempe, tahu dari bahan dasar kedelai. Pembuatan benda-benda yang memerlukan teknologi yang agak rumit. Misalnya, pembuatan kertas dari kayu, pembuatan kain, dan pembuatan barang-barang dari karet.

Keterbatasan Sumber Daya Alam
Sumber daya alam yang diperlukan mempunyai keterbatasan dalam jumlah. Oleh sebab itu diperlukan pengelolaan sumberdaya alam yang baik dan bijaksana. Sumber daya alam dan kehidupan manusia memiliki ketergantungan yang sangat erat. Kehidupan manusia tidak akan berjalan tanpa air, udara dan hasil hutan serta sumber daya alam lainnya. Begitupun sebaliknya air, udara dan lainnya tidak dapat terjaga dan terlestarikan dengan baik apabila manusia tidak menggunakannya dengan bijaksana.

Dalam pengelolaan sumber daya alam kita memiliki tujuan yang sama yaitu agar terus tersedianya sumber daya alam yang dapat diperbaharui, menghemat dan meminimalkan penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui serta mencari pengganti sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Pemanfaatan Teknologi
Peningkatan teknologi sangat jelas dirasakan, tidak hanya dalam pemanfaatannya tapi juga harus diperhatikan dampak penggunaan teknologi tersebut. Perkembangan teknologi memberi pengaruh yang baik bagi kehidupan manusia, ada dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya, yaitu:
Hubungan Manusia SDA dan Teknologi
1. Dampak Positif
Perkembangan teknologi dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru sehingga sumber daya manusia dapat berperan, baik tenaga maupun pikiran. Perkembangan dan teknologi mempunyai dampak positif, yaitu terpenuhinya kebutuhan manusia akan kemakmuran materi, kemudahan serta keefektifan dan keefisienan dalam mendayagunakan sumber daya alam. Manusia dapat mengubah sistem transportasi dan komunikasi sehingga menimbulkan kemudahan dengan menggunakan tenaga dan pikirannya atau dengan kata lain akan dapat menciptakan lapangan kerja baru.

2. Dampak Negatif
Perkembangan teknologi yang tidak atau kurang tepat bagi kondisi masyarakat, tidak akan menambah lapangan pekerjaan, tetapi justru sebaliknya dapat mempersempit lapangan pekerjaan. Hal ini terjadi karena efektivitas dan efisiensi sistem dalam teknologi baru, misalnya banyak pekerjaan yang mula-mula menjadi tugas manusia kemudian diganti oleh mesin. Di negara-negara berkembang, masuknya teknologi baru menimbulkan masalah di bidang ketenagakerjaan, karena jumlah sumber daya manusia cukup besar bahkan dapat berlebihan, tetapi dari segi mutu dirasakan sangat kurang terutama untuk menangani teknologi tinggi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....