Home » » Hubungan Antara Manusia Tumbuhan dan Hewan

Hubungan Antara Manusia Tumbuhan dan Hewan

Makhluk hidup memiliki ketergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya. Manusia memerlukan tumbuhan, tumbuhan memerlukan manusia. Demikian juga dengan hewan. Makhluk hidup juga membutuhkan tanah udara, sinar matahari sebagai pelengkap lingkungannya. Di sekeliling kita banyak dijumpai bentuk saling ketergantungan antara manusia, hewan, dan tumbuhan. Ayam dibutuhkan daging dan telurnya oleh manusia, ayam memakan biji-bijian dari tumbuhan, tumbuhan dan hewan membutuhkan manusia untuk menjaga dan memeliharanya.

Manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia memanfaatkan hewan sebagai bahan makanan seperti daging, telur, dan susu. Ayam diambil telur dan dagingnya sedangkan sapi diambil susunya. Hewan juga dimanfaatkan tenaganya untuk meringankan pekerjaan manusia. Sapi dan kuda digunakan untuk menarik gerobak. Kerbau digunakan untuk membajak sawah. Manusia juga memanfaatkan hewan untuk kesenangannya, burung dipelihara manusia untuk didengar suaranya yang merdu.
 Manusia Tumbuhan dan Hewan
Manusia juga membutuhkan tumbuhan untuk berbagai keperluan. Manusia memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan makanan antara lain nasi dan sayuran serta buah-buahan. Kapas digunakan manusia untuk membuat pakaian. Selain itu tumbuhan juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat rumah. Manusia sangat membutuhkan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhannya yang sangat banyak. Hubungan antara manusia tumbuhan dan hewan dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
No.Jenis KebutuhanAsal
TumbuhanHewan
1.SandangKapas, rami, jute, linen, kapuk, sisal sebagai bahan pembuat pakaianWol, sutera, bulu, dan kulit sebagai bahan pembuat pakaian
2.PanganSayuran dan buah-buahanDaging, susu, dan telur

Tumbuhan dimanfaatkan oleh oleh hewan sebagai bahan makanan dan tempat tinggalnya. Hewan pemakan tumbuhan seperti kambing dan sapi memakan rumput sebagai makanan utamanya. Sementara beberapa hewan seperti berbagai jenis burung juga memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber bahan makanan dan tempat tinggal. Sedangkan tumbuhan membutuhkan hewan untuk membantu ketersediaan makanan tumbuhan yang berasal dari kotoran hewan. Tumbuhan juga membutuhkan hewan untuk perkembangbiakannya. Pada beberapa tumbuhan ada yang penyerbukannya dibantu oleh hewan.

Selain dibutuhkan oleh manusia hewan juga membutuhkan manusia untuk memelihara dan menjaganya. Biasanya manusia memelihara hewan dengan cara merawatnya. Manusia memelihara sapi untuk diambil daging, susu, dan tenaganya. Manusia memberi makanan dan merawat hewan peliharaanya tersebut dengan baik. Ayam dibutuhkan oleh manusia untuk diambil daging dan telurnya. Ayam dipelihara oleh manusia dengan cara memberi makan setiap pagi dan sore selain itu manusia juga membuatkan kandang untuk ayam.

Manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki rasa saling tergantung satu sama lain. Manusia, hewan dan tumbuhan tidak dapat dipisahkan. Manusia harus menyadari perannya di alam. Manusia tidak dapat berlaku seenaknya tanpa mempedulikan hewan dan tumbuhan. Hubungan manusia dengan keduanya senantiasa berlangsung di setiap waktu. Ketika manusia lalai dengan perannya, maka hal tersebut menunjukkan ketidakpedulian manusia terhadap kelestarian alam sekitarnya. Alam sangat berjasa terhadap kehidupan manusia selama ia hidup.

Beberapa contoh ketergantungan antar makhluk hidup antara lain sebagai berikut.
  • Manusia membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanannya, tumbuhan membutuhkan manusia untuk merawatnya misalnya memberi pupuk, menyirami, menyiangi dan memberantas hama pada tumbuhan.
  • Manusia membutuhkan hewan untuk sumber makanan, diambil tenaganya, dan sebagai kesenangannya. Hewan membutuhkan manusia untuk memeliharanya, memberi makan, membuatkan kandang dan mengobati jika hewan sakit.
  • Hewan membutuhkan tumbuhan sebagai bahan makanan dan tempat tinggal. Tumbuhan juga membuthkan hewan untuk membantu penyerbukan dan kotoran hewan yang dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai pemenuh kebutuhan tumbuhan.
  • Manusia, hewan, dan tumbuhan saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Jika salah satu diantara ketiga makhluk hidup tersebut terganggu kelestarianya maka yang lain juga ikut terganggu. Jika tidak ada tumbuhan hewan dan manusia akan kekurangan makanan. Jika tidak ada hewan tumbuhan dan manusia juga kekurangan makanan. Ketiganya saling membutuhkan, apabila ketiganya dapat berperan sesuai dengan fungsinya maka akan tercipta keseimbangan ekosistem

Untuk keberlangsungan hidupnya makhluk hidup tidak dapat hidup sendiri karena makhluk hidup harus saling berhubungan. Manusia, hewan dan tumbuhan membentuk suatu jaringan hidup yang saling berkaitan. Manusia bergantung pada hewan dan tumbuhan agar tetap hidup. Tumbuhan merupakan produsen bagi manusia dan hewan. Hubungan keterkaitan antara makhluk hidup ini harus dijaga.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:13 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....