Home » » Hubungan Antara Ketersediaan Bahan dan Waktu Pengadaan

Hubungan Antara Ketersediaan Bahan dan Waktu Pengadaan

Beberapa jenis pekerjaan membutuhkan bahan yang bersumber dari alam. Ternyata benda-benda di sekitar kita dihasilkan dari berbagai sumber, seperti tumbuhan dan bahan tambang di perut bumi. Tumbuhan dan bahan tambang tersebut diolah oleh berbagai jenis profesi sehingga menjadi berbagai benda untuk keperluan manusia. Berbagai sumber bahan alam tersebut dinamakan Sumber Daya Alam (SDA). Sebagai manusia, kita harus bijaksana dalam mengolah Sumber Daya Alam tersebut, supaya lingkungan hidup kita tetap terjaga kelangsungannya.

Berdasarkan sifat pembaruannya sumber daya alam dibedakan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui, tidak dapat diperbaharui, dan tak terbatas jumlahnya. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat digunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan. Contoh sumber daya alam kelompok ini antara lain : air, tumbuh-tumbuhan, hewan, hasil hutan, dan lain-lain.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak dapat di daur ulang atau bersifat hanya dapat digunakan sekali saja atau tidak dapat dilestarikan serta dapat punah. Contoh sumber daya alam kelompok ini adalah : minyak bumi, batubara, timah, gas alam. Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya contohnya adalah : sinar matahari, arus air laut, udara, dan lain lain.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Hasil hutan berupa kayu, banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai mebel di rumah. Selain itu, hutan juga sangat berperan dalam berbagai hal, seperti penghasil oksigen, tempat hidup flora dan fauna, mencegah timbulnya pemanasan global, dan sebagai penyedia air bagi kehidupan. Hutan sangat penting bagi penopang kehidupan. Hutan terdapat di daerah tropis maupun dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar. Hutan tempat hidup pohon. Pohon adalah tumbuhan berkayu dengan masa hidup 10-25 tahun, berbeda dengan sayuran atau padi-padian dengan usia tanam 3-6 bulan saja.

Bambu merupakan bahan baku untuk berbagai peralatan rumah tangga, seperti bakul nasi, tampah, bubu/perangkap ikan, tempat kue (besek), topi bambu (caping). Rumahrumah di pedesaan Jawa masih banyak yang memakai dinding bambu. Bambu juga banyak dipakai sebagai pagar rumah atau jembatan darurat. Di Indonesia, bambu sering digunakan sebagai alat musik tradisional dari Sunda yaitu Angklung dan Seruling. Batang bambu siap panen dan bisa digunakan dalam waktu singkat, sekitar 3 -7 tahun. Bambu tumbuh cepat di daerah dingin dan agak lembap, seperti di daerah dekat aliran sungai, tebing, atau di tepi danau.

Bahan tambang logam, antara lain: besi, tembaga, aluminium, timah, emas, dan perak banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat mesin dan kerangka bangunan. Aluminium untuk bahan pesawat terbang dan alat rumah tangga. Timah untuk bahan patri, melapis bungkus dan kaleng makanan. Berbagai jenis logam ini berasal dari perut bumi. Proses terbentuknya memerlukan waktu jutaan hingga miliaran tahun.

1. Bahan apa yang diperlukan seorang tukang kayu untuk menghasilkan meja dan kursi?(kayu)

2. Bahan apa yang diperlukan oleh seorang pengrajin bambu untuk menghasilkan perabot rumah tangga?(bambu)

3. Bahan apa yang diperlukan oleh seorang pengrajin aluminium untuk menghasilkan perabot rumah tangga?(aluminium).

4. Darimana semua bahan tersebut berasal?(Bahan-bahan tersebut berasal dari alam).

5. Tuliskan jenis-jenis bahan dalam tabel piramida di bawah ini, berdasarkan lamanya waktu yang diperlukan untuk tersedianya bahan-bahan tersebut.
diagram sda
Bahan tambang dan minyak bumi memiliki usia pengadaan paling lama. Bahan tambang ini tidak terdapat di berbagai tempat sehingga sulit untuk mendapatkannya. Bahan tambang digolongkan ke dalam Sumber Daya Alam yang bisa habis atau tidak bisa diperbarui.

Sayur dan buah-buahan memiliki usia tanam paling pendek. Ketersediaannya cukup banyak dan tersedia di berbagai tempat. Sayur dan buah-buahan digolongkan ke dalam SDA yang tidak habis atau bisa diperbarui.

Pohon berkayu memiliki usia tanam yang cukup lama. Saat menggunakannya, maka harus dipastikan bahwa ada pengganti dari setiap pohon yang ditebang. Walaupun pohon berkayu digolongkan ke dalam SDA yang bisa diperbarui, tetapi bila pemakaiannya lebih cepat dibandingkan usia tanam, maka pohon juga bisa habis.

6. Jenis sumber daya alam apakah yang memerlukan waktu paling cepat pengadaannya? sumber daya alam apa yang memerlukan waktu paling lama pengadaannya?
Sumber daya alam yang paling cepat pengadaannya adalah sayuran. Sayuran hanya membutuhkan waktu sekitar 3 - 6 bulan saja. Sumber daya alam yang paling lama waktu pengadaannya adalah bahan tambang, waktu pengadaannya memerlukan waktu jutaan bahkan milyaran tahun.

7. Apakah sayuran dan buah-buahan mudah untuk didapat?

Sayuran dan buah-buahan mudah di dapatkan karena proses pengadaanya yang tidak membutuhkan waktu yang lama.

8. Bandingkan dengan bahan logam, apakah logam mudah untuk didapat?

Bahan logam susah didapatkan karena waktu pengadaanya yang sangat lama. Bahan logam juga biasanya terpendam di bawah permukaan bumi sehingga untuk mendapatkanya harus dilakukan penambangan.

9. Adakah hubungan antara jumlah ketersediaan bahan dan usia pengadaannya? Jelaskan dengan singkat!
Hubungan antara ketersediaan bahan dan waktu pengadaan sumber daya alam adalah sumber daya alam yang mudah didapat seperti sayuran tersedia sangat banyak di sekitar kita. Hal ini karena waktu pengadaanya yang cukup singkat dan hanya membutuhkan waktu beberapa bulan saja. Sedangkan sumber daya alam seperti bahan logam jumlahnya terbatas karena waktu pengadaannya yang membutuhkan waktu yang sangat lama.

10. Apa yang dapat kamu simpulkan dari tabel piramida di atas?
Ketersediaan sumber daya alam dipengaruhi oleh waktu pengadaannya. Sumber daya alam yang waktu pengadaanya singkat banyak terdapat di alam. Sumber daya alam yang waktu pengadaanya lama jumlahnya terbatas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....