Home » » Cerita Semut dan Belalang

Cerita Semut dan Belalang

Manusia bekerja karena macam-macam alasan atau tujuan. Alasan atau tujuan paling mendasar adalah untuk mencari nafkah, yaitu mendapatkan hal-hal mendasar yang kita butuhkan untuk bisa terus hidup, seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal. Untuk mendapatkan semua itu dibutuhkan biaya dan orang perlu bekerja untuk dapat membayar biaya tersebut. Selain untuk memenuhi kebutuhannya manusia juga bekerja untuk membantu orang lain. Salah satu contohnya adalah seorang dokter.

Tugas seorang dokter antara lain melakukan pemeriksaan pada pasien untuk mendiagnosa penyakit pasien secara cepat dan memberikan terapi secara cepat dan tepat. Selain dia membantu orang lain, dari pekerjaan tersebut seorang dokter memperoleh imbalan atas jasa yang diberikan kepada pasien. Dengan kegiatan tersebut dokter telah melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhannya sekaligus juga menolong orang lain.

Tidak hanya dokter saja yang dapat melakukan kegiatan memenuhi kebutuhan sekaligus menolong orang lain. Beberapa jenis pekerjaan seperti guru, petani, polisi, dan yang lainya juga melakukan hal yang sama. Seorang guru mengajar, mendidik, dan membimbing siswa, guru tersebut juga mendapat imbalan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seorang petani menanam sayuran yang ia jual ke pasar, uang hasil penjualan sayur tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhannya, sedangkan para ibu rumah tangga terbantu dengan tersedianya aneka sayuran. Jadi manusia bekerja untuk memenuhi kebutahannya dan juga untuk menolong oarang lain.

Seperti pada cerita "Semut dan Belalang" mereka juga bekerja untuk memenuhi kebutuhannya dan juga menolong hewan yang lain. Perhatikan cerita berikut ini.

Di tengah hutan, hiduplah seekor semut yang sangat rajin. Setiap hari semut kecil ini selalu bekerja mengumpulkan makanan dan menyimpannya di dalam lumbung. Teriknya matahari dan derasnya air hujan, tidak menyurutkan semangat Sang Semut untuk mengumpulkan makanan. Dengan bersusah payah, Sang Semut bekerja keras untuk membawa makanan yang dikumpulkan dan disimpan di dalam lumbung rumahnya.

Pada suatu hari ketika Sang Semut sedang bekerja, ia bertemu dengan seekor belalang yang sedang asyik berjemur sambil bermalas-malasan.

“Hai Mut, kamu sedang apa?” tanya belalang.

“Aku sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin,” jawab Semut.

“Ah, buat apa kamu melakukannya sekarang.

Musim dingin masih lama, lebih baik kita bermalas-malasan dahulu,” kata belalang lagi.

Sang Semut tidak memedulikan belalang itu. Dia tetap saja bekerja mengumpulkan makanan yang dijumpainya. Demikianlah sepanjang hari Sang Semut sibuk bekerja, sementara Sang Belalang bermalas-malasan.
Cerita Semut dan Belalang
Akhirnya musim dingin pun tiba. Sang Semut yang rajin itu duduk dengan nyaman di dalam rumahnya yang hangat sambil menikmati makanannya yang berlimpah. Belalang termenung sedih di rumahnya, karena ia tidak memiliki makanan sedikit pun. Saat Belalang itu hampir mati kelaparan, Sang Semut datang dan memberinya makanan. Sejak saat itu Sang Belalang akhirnya menjadi rajin bekerja mengumpulkan makanan, seperti Sang Semut. (Sumber:http//anaknusantara.com)

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas!
1. Di manakah tempat tinggal Sang Semut dan Sang Belalang?
Semut dan Belalang tinggal di tengah hutan.

2. Apa yang didapatkan semut setelah bekerja?
Semut mendapatkan makanannya setelah bekerja.

3. Untuk apa Sang Semut bekerja?
Mengumpulkan makanan dan menyimpannya di lumbung.

4. Mengapa Sang Belalang hampir mati kelaparan?
Karena ia tak memiliki makanan sedikit pun.

5. Apa yang bisa kamu simpulkan dari cerita di atas?
Bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan dan menolong makhluk lainnya.

6. Apakah yang dimaksud dengan pekerjaan? Jelaskan dengan singkat!
Pekerjaan adalah sesuatu yang dilakukan oleh manusia untuk tujuan tertentu.

7. Mengapa orang harus bekerja? Berikan alasannya!

Setiap orang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya yang sangat banyak. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka kelangsungan hidupnya bisa terganggu.

8. Apakah yang dilakukan oleh semut bisa ditiru? Jelaskan!

;Apa yang dilakukan oleh sang semut kita tiru, kita dapat menabung uang yang kita miliki. Ketika kita butuh sesuatu kita bisa menggunakan uang tanbungan tersebut.

9. Apakah yang dilakukan oleh belalang bisa ditiru? Jelaskan!

Sebaiknya jangan meniru sang belalang, dia pemalas dan tidak mau bekerja sehingga dia mengalami beberapa kesulitan akibat sifatnya tersebut.

10. Siapakah tokoh yang pantas ditiru dalam cerita di atas?

Tokoh yang pantas ditiru pada cerita di atas adalah sang semut, dia rajin mengumpulkan makanan untuk persediaan saat musim dingin.11. Bagaimana sikap yang harus dimiliki oleh seorang pekerja untuk menjalankan kewajibannya dalam pekerjaan?

Sikap yang harus dimiliki oleh seorang pekerja antara lain :Tanggung jawab, karena sesuatu yang dilakukan seorang pekerja harus bisa dipertanggup jawabkan. Disiplin, seorang pekerja harus memiliki sifat ini untuk menjalankan dan terjadinya kelancaran saat bekerja. Kerja keras, dengan kerja keras apa yang kita cita-citakan akan tercapai.

Jadi, ternyata setiap orang itu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan juga membantu orang lain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....