Home » » Cara Membuat Lup Sederhana

Cara Membuat Lup Sederhana

Lup atau kaca pembesar adalah sebuah lensa cembung yang mempunyai titik fokus yang dekat dengan lensanya. Lup merupakan salah satu penerapan sifat cahaya yaitu cahaya dapat dibiaskan. Lup merupakan alat optik yang sangat sederhana. Lup berfungsi membantu mata untuk melihat benda-benda kecil agar tampak besar dan jelas. Benda yang akan diperbesar terletak di dalam titik fokus lup itu atau jarak benda ke lensa lup tersebut lebih kecil dibandingkan jarak titik fokus lup ke lensa lup tersebut. Bayangan yang dihasilkan bersifat tegak, nyata, dan diperbesar.

Pembiasan cahaya berarti pembelokan arah rambat cahaya saat melewati bidang batas dua medium bening yang berbeda indeks biasnya. Pembiasan cahaya terjadi akibat cahaya melewati dua medium yang berbeda kerapatan optiknya. Sinar bias akan mendekati garis normal ketika sinar datang dari medium kurang rapat (udara) ke medium lebih rapat (kaca). Sinar bias akan menjauhi garis normal ketika cahaya merambat dari medium lebih rapat (kaca) ke medium kurangrapat (udara).

Untuk membuktikan salah satu sifat cahaya dapat dibiaskan kita dapat membuat lup sederhana. Alat optik yang paling sederhana adalah lup atau kaca pembesar. Kaca pembesar terdiri atas lensa cembung ganda, yang kedua sisi luarnya melengkung ke luar. Sinar-sinar cahaya yang melewati lensa itu membelok ke dalam untuk mengumpul di sebuah titik focus pada kedua sisi lensa. Jarak dari pusat lensa ke titik fokus, kira-kira 12 cm pada kaca pembesar yang umum, disebut jarak fokus.

Sebuah kaca pembesar dipegang di atas sebuah benda pada jarak yang lebih pendek daripada jarak fokus (ruang I), benda itu tampak tegak dan diperbesar. Bayangan macam ini disebut bayangan maya. Pada jarak yang sama (ruang II) atau lebih panjang daripada jarak fokus (ruang III), lensa akan menghasilkan suatu bayangan terbalik, dan disebut bayangan nyata. Dalam penggunaan lup seseorang harus menempatkan benda yang akan dilihat pada ruang satu (antara lensa dan fokus lensa) sehingga akan dihasilkan bayangan yang diperbesar dan maya
bayangan
Alat dan bahan:
1. Kantong plastik bening atau botol bening dengan permukaan rata
2. Air
3. Kertas dengan tulisan-tulisan yang kecil

Langkah kerja:
1. Isi kantong plastik dengan air.
2. Ikat kantong plastik.
3. Letakkan kertas di bawah kantong plastik.
4. Bandingkan tulisan asli dengan tulisan yang terlihat dari plastik.
5. Ulangi dengan kantong plastik 1/5 lebih besar atau lebih kecil.
6. Bandingkan hasilnya.

Perbedaan antara tulisan asli dan tulisan yang terlihat dari plastik?
Tulisan yang dilihat melalui plastik yang berisi air tampak lebih besar daripada tulisan aslinya.

Mengapa hal itu bisa terjadi?
Ketika plastik yang plastik air digunakan untuk melihat huruf atau benda kecil lainnya maka huruf atau benda kecil tersebut tampak menjadi lebih besar. hal ini disebabkan terjadinya pembiasan cahaya karena melalui dua medium yang berbeda. Pada saat plastik berisi air didekatkan maka cahaya mengalami pembiasan sehingga sudut pandang mata bertambah besar.

Apa kesimpulan yang dapat kamu temukan dari percobaan ini?
Kesimpulan : Pada percobaan membuat lup (kaca pembesar) sederhana, tulisan yang kecil terlihat lebih besar. Hal ini terjadi karena terjadi pembiasan cahaya yang disebabkan oleh adanya media air.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....