Home » » Candi Hindu Terindah di Dunia

Candi Hindu Terindah di Dunia

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Pembangunan candi Hindu kerajaan ini dimulai oleh Rakai Pikatan. Candi yang oleh masyarakat sekitar ini dikenal dengan nama Roro Jonggrang, memiliki cerita legenda. Bahwa dahulu kala ada seorang pemuda yang sangat sakti dan kuat yang ingin menikahi putri yang cantik bernama Roro Jonggrang.

Candi Hindu Terindah di Dunia
Candi Prambanan merupakan candi Hindu terindah di dunia. UNESCO pada tahun 1991 menjadikannya candi Prambanan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Candi ini dinobatkan sebagai candi dengan arsitektur terindah.

Candi Prambanan dibangun sekitar 850 Masehi secara gotong royong pada masa pemerintahan Wangsa Sanjaya. Candi Prambanan memiliki daya tarik bagi para wisatawan dari seluruh dunia. Inilah candi dengan bentuk penuh keanggunan dan dikenal sebagai salah satu ikon budaya Indonesia. Di pekarangan utama terdapat 3 candi utama yaitu candi Trimurti Kemudian 3 candi Wahana, 2 candi Apit, dan 8 candi Patok yang dikelilingi pagar. Di pekarangan kedua, terdapat 224 candi Perwara. Daerah di sekitar candi Prambanan dikembangkan menjadi taman hijau dan terdapat berbagai toko yang menjual souvenir.

Relief/pahatan yang terdapat di dalam candi menuturkan cerita Ramayana. Cerita ramayana adalah kisah Pangeran Rama dan istrinya, Sinta yang sedang berjalanjalan di hutan. Mereka melihat rusa emas di dalam hutan. Sinta meminta Rama untuk menangkap Kijang itu. Saat Rama pergi untuk menangkap Kijang Emas, tiba-tiba Rahwana, raja para raksasa datang, menculik, dan membawa Sinta ke istananya di Alengka. Rama dibantu raja kera, yaitu Hanoman, berhasil menemukan Sinta dan menyelamatkannya.
candi prambanan
Candi Prambanan adalah tempat wisata favorit bagi wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Selain pesonanya yang menjadi daya tarik tersendiri, Para pengunjung juga bisa menikmati Sendratari Ramayana di malam hari saat bulan purnama.

Gagasan Utama
Gagasan utama adalah pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, pokok pikiran, tema, atau topik. Gagasan utama menjadi inti sebuah paragraf. Sebelum membahas gagasan utama secara lebih mendalam, perlu diingat bagian-bagian paragraf. Setiap paragraf tersusun atas:
  • Kalimat Utama: Kalimat yang menjadi inti atau dasar pengembangan sebuah paragraf
  • Kalimat Penjelas: Kalimat yang berfungsi menjelaskan kalimat utama 
Nah, yang perlu diperhatikan adalah kalimat utama. Di dalam kalimat utama itulah ide pokok berada. Biasanya, gagasan utama dinyatakan secara eksplisit (tersurat dengan gamblang) dalam kalimat utama. Gagasan utama dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang kata-kata yang tidak penting di dalam kalimat utama.

Langkah mencari gagasan utama:
  • Baca teks berulang-ulang
  • Pahami inti bahasan.
  • Temukan kalimat utamanya.
Candi Prambanan merupakan candi Hindu terindah di dunia.
Kalimat tersebut adalah kalimat utama yaitu kalimat inti yang mewakili isi cerita paragraf pertama. Kalimat tersebut kemudian diringkas lagi hingga menjadi kalimat yang singkat dan jelas:
Prambanan adalah candi Hindu terindah di dunia.
Kalimat tersebut dinamakan gagasan utama/ide utama/pokok pikiran/pikiran utama/tema/topik

Paragraf 1
  • Kalimat Utama : Candi Prambanan merupakan candi Hindu terindah di dunia.
  • Gagasan Utama : Candi Prambanan adalah candi Hindu terindah di dunia.
Paragraf 2 
  • Kalimat Utama : Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.
  • Gagasan Utama : Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.
Paragrfaf 3
  • Kalimat Utama : Relief/pahatan yang terdapat di dalam candi menuturkan cerita Ramayana.
  • Gagasan Utama : Cerita Ramayana di relief candi Prambanan.
Paragraf 4
  • Kalimat Utama : Candi Prambanan sendiri menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan dalam negeri dan luar negeri.
  • Gagasan Utama : Candi Prambanan adalah objek wisata favorit wisatawan dalam dan luar negeri.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....