Home » » Bagian Bagian Tumbuhan

Bagian Bagian Tumbuhan

Tumbuhan merupakan penghasil bahan makanan yang dibutuhkan oleh makhluk hidup yang lain. Sumber makanan manusia salah banyak yang berasal dari tumbuhan seperti nasi dan sayuran. Seperti halnya makhluk hidup lain, Tuhan Yang Maha Esa juga menciptakan tumbuhan beraneka ragam dan mempunyai bagian-bagian penting. Bagian-bagian tumbuhan tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam proses kehidupannya. Bagian-bagian tumbuhan meliputi akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita melakukan pengamatan.

Pengamatan bagian tumbuhan dapat dilakukan dengan cara mengamati tumbuhan secara langsung tumbuhan yang ada di sekitar kita. Tujuan mengamati bagian-bagian tumbuhan daun, batang, dan akar adalah agar dapat mengetahui bagian-bagian pada tumbuhan beserta fungsinya dan agar dapat mengetahui bagian – bagian penyusun tubuh tumbuhan dan dapat mengetahaui perbedaan pada daun, batang, dan akar. Untuk memudahkan pengamatan dapat dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan bagian tumbuhan masing-masing.

Berdasarkan pengamatan dan ciri-ciri yang terdapat pada tabel di atas, tulislah deskripsi tentang bagian tumbuhan yang kamu amati. Deskripsi sedikitnya memuat bentuk, warna, ukuran, tekstur, dan fungsi. Hasil pengamatan disajikan dalam bentuk tabel seperti di bawah ini.
No.Nama Bagian TumbuhanCiri-ciriDeskripsi
1.akar tumbuhanBerada di dalam tanah
Tidak mengandung klorofil
Ujung berbentuk runcing
Memperkokoh tumbuhan
Akar adalah bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah. Tidak seperti batang dan daun yang berwarna hijau, warna akar tidak hijau tetapi kuning atau keputih-putihan. Ujung akar berbentuk runcing dan memiliki tudung akar, Akar memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya.
2.batangBerada di atas tanah
Tempat munculnya daun, buah, dan bunga.
Bagian tumbuhan yang berada di atas tanah adalah batang yang berfungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Batang juga berfungsi mengedarkan mineral dan air yang diserap akar, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
3.daunMemiliki zat hijau daun
Tempat fotosintesi
Memiliki tulang daun
Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun. Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun terdiri atas tangkai daun, dan helaian daun. Berdasarkan tulang daunnya daun dibedakan menjadi menyirip, menjari, sejajar, dan melengkung
4.bungaBunga merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan,
Biasanya berwarna mencolok
Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Biasanya bunga berwana mencolok. Warna yang menarik itu berguna untuk memikat lebah atau serangga lainnya agar hinggap pada bunga. Serangga tersebut dapat membantu dalam proses penyerbukan.
5.buahBuah berfungsi melindungi biji.
Buah merupakan timbunan makanan
Buah merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi melindungi biji. Buah terdiri atas daging buah dan biji. Bagian yang kita makan biasanya daging buahnya. Timbunan makanan tersebut disimpan oleh tumbuhan di dalam buah.
6.bijiDihasilkan oleh tumbuhan berbunga
Biji dilindungi daging buah
Biji merupakan calon tumbuhan baru.
Ada yang beeping satu dan berkeping dua
Biji dihasilkan oleh tumbuhan yang memiliki bunga. Biji merupakan hasil pembuahan dari penyerbukan yang dilakukan bunga. Biji biasanya terdapat dalam buah, biji dilindungi oleh daging buah. Biji ada yang berkeping satu (monokotil) dan berkeping dua (dikotil)
Masing-masing bagian tumbuhan memiliki fungsi yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.Tumbuhan memiliki bermacam-macam bagian yang terdiri antara lain akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Berdasarkan fungsinya, bagian pada tumbuhan dibedakan menjadi bagianuntuk mengantar makanan, dan dan perkembangbiakan. Alat pengantar makanan meliputi akar, batang, dan daun, sedangkan alat perkembangbiakan berupa putik dan benang sari yang terdapat pada bunga.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....