Home » » Alat Musik Tradisional dan Modern

Alat Musik Tradisional dan Modern

Alat musik daerah atau alat musik tradisional merupakan musik yang diciptkan dan berkembang di daerah- daerah di seluruh Indonesia. Biasanya alat musik tersebut terbuat dari sumber daya alam yang banyak terdapat di daerah tersebut. Alat musik tersebut diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Papua hingga Aceh. Dari sekian banyaknya pulau beserta dengan masyarakatnya tersebut lahir, tumbuh dan berkembang. Seni tradisi yang merupakan identitas, jati diri, media ekspresi dari masyarakat pendukungnya.

Biasanya alat musik tersebut berfungsi sebagai pengiring tari, media hiburan dan bermain, sarana upacara adat, sarana penghormatan, sarana social untuk kegiatan-kegiatan lain, sarana pengisi acara dalam memperingati hari-hari besar, dan sarana penghormatan budaya Khas Daerah. Beberapa alat musik tradisional yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut :

1. Angklung
Alat musik angklung berasal dari daerah Jawa Barat. Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda). Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan. Alat musik ini terdiri dari 2-4tabung bambu yang dirangkai menjadi satu dengan talirotan. Tabung bambu dikuir detail dan dipotong sedemikian rupa oleh pengrajin angklung profesional untuk menghasilkan nada tertentu ketika bingkai bambu digoyang.

2. Gamelan
Alat musik gamelan berasal dari Jawa tengah. Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dandibunyikan bersama. Gamelan masih digunakan pada acara-acara resmi seperti pernikahan, syukuran, dan lain-lain. tetapi pada saat ini, gamelan hanya digunakan mayoritas masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah.

3. Kolintang
Alat musik kolintang berasal dari Minahasa Sulawesi Utara. Kolintang atau kulintang adalah alat musik yang terdiri dari barisan potongan kayu kecil yang diletakkan mendatar. Alat musik ini dimainkan dengan diiringi oleh gong tergantung yang lebih besar dan drum. Kolintang dimainkan dengan cara dipukul.

4. Sampek
Alat musik sampek berasal dari Kalimantan. Sampek adalah alat musiktradisional Suku Dayak. Alat musik ini terbuat dari berbagai jenis kayu. Namun, yang paling sering dijadikan bahan adalah kayu arrow, kayu kapur, dan kayu ulin dan dibuat secara tradisional. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Sebagai alat musik tradisional, sampek tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan tapi juga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakatnya. Alat musik ini jelas berperan dalam pelaksanaan upacara-upacara adat.

5. Sasando
Sasando adalah alat musik yang berasal dari NTT. Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instumen musik ini berasaldari pulau Rote,Nusa Tenggara Timur. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Cara memainkan alat musik ini dengan dipetik. Sasando terbuat dari daun lontar dan bambu. Sedangkan dawainya terbuat dari kawat halus seperti senar string.

6. Talempong
Alat musik Talempong berasal dari Sumatra Barat. Talempong adalah sebuah alat musik pukul tradisional khas suku Minangkabau. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan. Talempong dapat terbuat dari kuningan, namun ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Talempong biasanya menjadi alat musik tradisional yang mengiringi tarian tradisi Minangkabau, seperti tari piring, tari pasambahan, dan tari galombang.

7. Tambo
Alat musik Tambo berasal dari Aceh. Tambo adalah alat musik tradisional Aceh.Tambo terbuat dari batang iboh, kulit sapi, dan rotan sebagai alat peregang kulit. Bentuknya sejenis tambur dan dimainkan dengan cara dipukul. Pada zaman duhulu, tambo berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menandakan datangya waktu salat dan untuk mengumpulkan warga ke meunasah guna membicarakan masalah-masalah-masalah yang ada dalam suatu kampung.

8. Triton
Alat musik triton berasal dari Papua. Triton adalah alat musik tradisional masyarakat Papua. Triton dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik triton yang berupa kerang besar kosong. Triton hampir digunakan di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat, terutama di daerah pesisir seperti Kepulauan Raja Ampat, Kaimana, Biak, Teluk Wondama, Yapen, Waropen dan Nabire. Awalnya triton hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau sebagai alat panggil.

9. Tifa

Alat musik Tifa berasal dari Maluku. Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan.

10. Kacapi
Kacapi merupakan alat musik Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utam adalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling. Kata kacapi dalam bahasa Sunda juga merujuk kepada tanaman sentul, yang dipercaya kayunya digunakan untuk membuat alat musik kacapi. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik.

B. Alat Musik Modern
Alat musik modern adalah musik yang sudah mendapat sentuhan-sentuhan teknologi, alat musik modern selalu berkembang dan ada pembaharuan seiring berkembangnya zaman. Alat musik modern berasal dari luar negara kita. Beberapa alat musik modern yang kita kenal antara lain sebagai berikut.

1. Gitar Bass
Gitar bass elektrik (biasa disebut Bass elektrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Bentuknya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar. Alat ini dimainkan dengan cara dipetik. Gitar bass listrik biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band.

2. Biola
Biola adalah sebuahalat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar. Di antara keluarga biola, yaitu dengan biola alto, cello dan double bass atau kontra bass, biola memiliki nada yang tertinggi. Sebuah biola dibagi menjadi beberapa bagian; badan biola, leher biola, jembatan biola, papan jari, senar, dan beberapa macam perangkat pembantu lainya.

3. Drum
Drum adalah kelompo kalatmusik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain,misalnya plastik. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik

4. Gitar Listrik
Gitar listrik adalah sejenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik.

5. Gitar Akustik
Gitar akustik adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik. Gitar akustik memiliki enam senar. Namun beberapa gitar memiliki tujuh senar atau lebih. Beberapa gitar menggunakan senar yang terbuat dari nilon dan yang lainnya terbuat dari baja. Gitar yang menggunakan senar nilon sering pula di sebut sebagai gitar klasik Seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Hal ini tentunya membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik.

6. Piano
Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan. Pemain piano disebut pianis. Piano adalah sejenis alat musik yang mempunyai papan ketik atau papan tangga nada, dan menghasilkan suara berdasarkan ketukan palu terhadap senar. Piano memiliki tuts yang lebih banyak karena alat musik piano diciptakan pada mulanya untuk permainan solo sehingga harus menjangkau nada mulai dari sangat rendah sampai sangat tinggi, supaya semakin banyak variasi.

7. Terompet
Trompet adalah alat musik tiup logam. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Trompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda. Untuk memainkan terompet dibutuhkan napas yang panjang dan kuat.
alat musik moder

8. Harmonika
Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat musik tradisional Cina yang bernama 'Sheng'. Harmonika terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan model yang sederhana

9. Keyboard
Kibor adalah sebuah alat musik yang dimainkan seperti piano, hanya kibor bisa memainkan beragam suara, seperti trompet, suling, gitar, biola, sampai perkusi-perkusian. Keyboard sudah dilengkapi dengan fasilitas suara alat musik yang beragam sehingga tidak terlalu membutuhkan tuts yang banyak. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditekan. Kebanyakan keyboard sudah dilengkapi dengan fitur irama pengiring untuk membantu pemain pemula memainkan musik dengan tempo yang tepat, jadi tidak perlu kesulitan mencari irama saat memainkannya.

10. Rekorder
Rekorder merupakan alat musik yang masuk dalam kelompok alat musik tiup. Rekorder, atau di sebut juga Blockflute adalah suling diagonal (block=tongkol), termasuk dalam kelompok alat musik tiup kayu. Dalam bentuknya secara umum sebuah rekorder adalah berupa tabung dengan sumber suara yang dilengkapi dengan lubang-lubang yang berfungsi sebagai pengatur tinggi rendah nada.Rekorder atau blockflute juga terdiri dari berbagai macam di antaranya rekorder soprano ada juga rekorder sopranino, alto, tenor dan bas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:50 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....