Home » » Wahana Lingkungan Hidup Indonesia

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) adalah organisasi lingkungan hidup independen di Indonesia. Walhi didirikan pada 15 Oktober 1980 sebagai reaksi dan keprihatinan atas ketidakadilan dalam pengelolaan sumberdaya alam dan sumber-sumber kehidupan, sebagai akibat dari paradigma dan proses pembangunan yang tidak memihak keberlanjutan dan keadilan. WALHI merupakan forum kelompok masyarakat sipil yang terdiri dari organisasi non-pemerintah (LSM/Ornop/NGO), Kelompok Pecinta Alam (KPA) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Latar Belakang
Walhi menilai kecenderungan kerusakan lingkungan hidup semakin masif dan kompleks baik di pedesaan dan perkotaan. Memburuknya kondisi lingkungan hidup secara terbuka diakui memengaruhi dinamika sosial politik dan sosial ekonomi masyarakat baik di tingkat komunitas, regional, maupun nasional.

Pada gilirannya krisis lingkungan hidup secara langsung mengancam kenyamanan dan meningkatkan kerentanan kehidupan setiap warga negara. Kerusakan lingkungan hidup telah hadir di perumahan, seperti kelangkaan air bersih, pencemaran air dan udara, banjir dan kekeringan, serta energi yang semakin mahal. Individu yang bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan hidup sulit dipastikan karena penyebabnya sendiri saling bertautan baik antar-sektor, antar-aktor, antar-institusi, antar-wilayah dan bahkan antar-negara.

Untuk menjamin keberlanjutan kehidupan generasi mendatang dibutuhkan gerakan sosial yang kuat dan meluas. Generasi mendatang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Untuk itu generasi sekarang bertanggungjawab mempertahankan dan meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik. Walhi selama ini telah berperan dalam :
  • Menumbuhkan kesadaran lingkungan hidup dan mempromosikan kedaulatan rakyat dalam pengelolaan sumber-sumber kehidupan.
  • Memelopori gerakan lingkungan hidup di Indonesia dan bagian dari gerakan lingkungan hidup global.
  • Mengangkat masalah dari tingkat rakyat paling bawah sampai ke proses pembuatan kebijakan di tingkat lokal, regional, dan nasional.
  • Mendukung perjuangan puluhan kelompok masyarakat untuk menegaskan hak mereka atas lingkungan dan pengelolaan sumber-sumber kehidupan.
  • Menjadi narasumber untuk persoalan lingkungan hidup di Indonesia bagi media, industri, dan pembuat kebijakan dan pemerintah.
Walhi
Masalah apa saja yang biasanya ditangani oleh Walhi? Walhi menangani permasalahan lingkungan saling terkait dan telah berdampak besar terhadap kehidupan masnusia dalam bentuk pemiskinan, ketidakadilan dan menurunnya kualitas hidup manusia. Sebagai solusi, penyelamatan lingkungan hidup harus menjadi sebuah gerakan publik.

Nilai Perjuangan Walhi
Untuk melawan segala bentuk penindasan atas rakyat jelata dan sumber-sumber kehidupannya tersebut, Walhi setia pada nilai-nilai perjuangannya, yaitu:
  • Demokrasi: Seluruh rakyat harus terlibat dalam proses pengambilan keputusan apa pun yang akan berdampak bagi keberlanjutan kehidupan rakyat.
  • Keadilan antargenerasi: Semua generasi baik sekarang maupun mendatang berhak atas lingkungan yang berkualitas dan sehat.
  • Keadilan gender: Semua orang berhak memeroleh kehidupan dan lingkungan hidup yang layak tanpa membedakan jenis kelamin, agama, dan status sosial.
  • Penghormatan terhadap makhluk hidup: Semua makhluk hidup baik manusia maupun non manusia memiliki hak dihormati dan dihargai.
  • Persamaan hak masyarakat adat: Masyarakat adat di seluruh pelosok Nusantara berhak menentukan nasibnya sendiri untuk berkembang sesuai kebudayaannya.
  • Solidaritas sosial: Semua orang memiliki hak sipil, politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang sama
  • Anti Kekerasan: Negara dilarang melakukan kekerasan fisik dan nonfisik kepada seluruh rakyat.
  • Keterbukaan: Seluruh rakyat berhak atas semua informasi berkenaan dengan kebijakan dan program yang akan memengaruhi kehidupannya.
  • Keswadayaan: Semua pihak diharapkan mendukung keswadayaaan politik dan ekonomi masyarakat.
  • Profesionalisme: Semua pihak hendaknya bekerja secara profesional, sepenuh hati, efektif, sistematik, dan tetap mengembangkan semangat kolektivitas

Visi
Terwujudnya gerakan rakyat yang mampu mempertahankan fungsi sumbersumber kehidupan

Misi
  • Walhi menjadi organisasi advokasi lingkungan berbasis masyarakat.
  • Mendorong rakyat memiliki akses dan kontrol terhadap sumber kehidupan.
  • Memastikan adanya jaminan keselamatan kawasan ekologi
  • Mendorong kebijakan pemerintah yang berpihak kepada rakyat.
  • Membangun kekuatan alternatif

Jika kamu terlibat dalam kegiatan Walhi, apa yang dapat kamu lakukan untuk masyarakat dan lingkungan? Selalu berkomitmen untuk berpartisipasi mendukung agenda penyelamatan lingkungan hidup. Dan, secara konsisten melakukan kampanye penyadaran terhadap masyarakat untuk memperoleh keadilan dan hak dasar atas lingkungan hidup yang bersih, sehat, nyaman dan lestari. Termasuk di dalamnya menyelamatkan ekologi air, sumber mata air,  dan sungai-sungai di bumi.

Jika kamu bekerja di Walhi, apa yang akan kamu lakukan untuk kelestarian daerahmu? Menyelamatkan, menjaga, merawat, memelihara, melestarikan air, mata air dan sungai sebagai sumber kehidupan manusia yang bertumpu pada nilai-nilai kearifan lokal. Menyelamatkan air, sumber mata air, dan sungai adalah bagian dari upaya kita menyelamatkan kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya.(sumber : http://walhijabar.wordpress.com/about/).
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:25 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....