Home » » Sarana Umum di Sekitar Kita

Sarana Umum di Sekitar Kita

Sarana umum berbeda dengan sarana pribadi. Sarana umum digunakan oleh orang banyak atau masyarakat untuk kepentingan bersama. Contoh sarana umum adalah sekolah, jalan, jembatan, puskesmas, balai desa, lapangan olah raga, dan irigasi. Sarana umum dibangun oleh pemerintah. Biaya untuk membangun sarana umum berasal dari pungutan wajib yang disebut pajak. Dengan demikian, kita wajib menjaga sarana umum yang terdapat di lingkungan tempat tinggal kita.

Sarana umum yang ada di sekitar kita harus dirawat dan dijaga agar tetap dapat digunakan dengan baik. Sarana umum yang tidak baik menjadi masalah sosial karena sarana umum digunakan bersama oleh masyarakat, sehingga apabila rusak masyarakat juga yang akan mengalami kesulitan karena tidak dapat menggunakan sarana tersebut. Pemerintah yang menyediakan sarana tersebut dan tugas kita dalah merawatnya dengan baik.

Moenir (1992 : 119) mengemukakan bahwa sarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama/pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan. Pengertian yang dikemukakan oleh Moenir, jelas memberi arah bahwa sarana dan prasarana merupakan seperangkat alat yang digunakan dalam suatu proses kegiatan.

Berdasarkan pengertian di atas, maka sarana dan prasarana pada dasarnya memiliki fungsi utama sebagai berikut:
  • Mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan sehingga dapat menghemat waktu.
  • Meningkatkan produktivitas, baik barang dan jasa.
  • Hasil kerja lebih berkualitas dan terjamin.
  • Lebih memudahkan/sederhana dalam gerak para pengguna/pelaku.
  • Ketepatan susunan stabilitas pekerja lebih terjamin.
  • Menimbulkan rasa kenyamanan bagi orang-orang yang berkepentingan.
  • Menimbulkan rasa puas pada orang-orang yang berkepentingan yang mempergunakannya.
Setiap sarana umum tersebut memiliki fungsi masing-masing, Berikut ini beberapa fungsi sarana umum tersebut. 
  • Sekolah berfungsi sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Selain itu sekolah berfungsi untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta kemampuan yang dibutuhkan siswa agar dapat memiliki modal di masa depan secara utuh serta tersalurkannya bakat dan potensi diri dimiliki. 
  • Pasar merupakan suatu tempat di mana para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk berjual beli barang. Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli dapat terbentuk dengan adanya syarat-syarat sebagai berikut : adanya penjual, adanya pembeli, tersedianya barang yang diperjualbelikan, dan terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
  • Puskesmas merupakan suatu kesatuan organisasi fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Fungsi Puskesmas antara lain : Pusat pengerak pembangunan berwawasan kesehatan Pusat pemberdayaan masyarakat dan keluarga dalam pembangunan kesehatan, dan Pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama.
  • Jalan raya ialah jalan utama yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan yang lain. Biasanya jalan besar ini mempunyai ciri-ciri berikut: Digunakan untuk kendaraan bermotor, Digunakan oleh masyarakat umum, Dibiayai oleh perusahaan negara, Penggunaannya diatur oleh undang-undang pengangkutan.
  • Jembatan merupakan sarana yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Jembatan dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan. Jembatan juga merupakan bagian dari sarana transportasi darat yang sangat penting dalam kelancaran lalu lintas. 
  • Balai Desa merupakan bangunan menjadi tempat bermusyawarah warga dalam membahas berbagai kegiatan pembangunan desa. Disamping sebagai tempat pelayanan adminitrasi, Balai Desa juga digunakan untuk kegiatan kelompok masyarakat (Pokmas) Kelompok Tani (Poktan) juga seringkali dilakukan di Balai Desa.
  • Lapangan olahraga merupakan suatu bentuk ruang terbuka sebagai suatu pelataran dengan fungsi utama tempat dilangsungkannya aktivitas olahraga. Setiap jenis olahraga diperlukan sarana lapangan untuk tempat berlangsungnya aktivitas.
  • Saluran irigasi merupakan sarana untuk mengatur pembasahan tanah, agar daerah pertanian, perkebunan, pertamanan dapat diairi sepanjang waktu pada saat dibutuhkan, baik pada musim kemarau maupun musim penghujan.
Berikut adalah sarana umum yang terdapat di lingkungan tempat tinggalku. Sarana umum berfungsi untuk melayani masyarakat. Amati gambar berikut dan diskusikan dengan temanmu.
denah sarana umum
No.PertanyaanJawaban
1.Jika kamu berada di rumah Lani, di sebelah mana letak Supermarket?Sebelah timur
2.Jika kamu berada di sekolah, sebelah manakah letak Kantor Pos?Sebelah utara
3.Jika kamu berada di rumah sakit, sebelah mana supermarket ?Sebelah barat
4.Jika kamu berada pasar, dimanakan rumah toko ?Sebelah timur
5.Jika kamu berada di taman kota, dimanakah bank ?Sebelah selatan
Pajak
Ada beberapa  jenis pajak yang kita kenal, antara lain :
  • Pajak Penghasilan (PPh), pajak yang dikenakan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang diterima.
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN), pajak yang dikenakan atas konsumsi Barang Kena Pajak (BKP) atau Jasa Kena Pajak (JKP) di dalam Daerah Pabean. Orang Pribadi, perusahaan, maupun pemerintah yang mengkonsumsi Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak dikenakan PPN.
  • Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), Selain dikenakan PPN, atas barang-barang kena pajak tertentu yang tergolong mewah, juga dikenakan PPn BM. Yang dimaksud dengan Barang Kena Pajak yang tergolong mewah adalah: Barang tersebut bukan merupakan barang kebutuhan pokok; atau, Barang tersebut dikonsumsi oleh masyarakat tertentu; atau, Umumnya barang dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan tinggi; atau, Barang tersebut dikonsumsi untuk menunjukkan status; atau, Apabila dikonsumsi dapat merusak kesehatan dan moral masyarakat.
  • Bea Materai, pajak yang dikenakan atas dokumen, seperti surat perjanjian, akta notaris, serta kwitansi pembayaran, surat berharga, dan efek, yang memuat jumlah uang atau nominal di atas jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan.
  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak yang dikenakan atas kepemilikan atau pemanfaatan tanah dan atau bangunan
1. Perbedaan sarana umum dan sarana pribadi.
Sarana umum digunakan oleh orang banyak atau masyarakat untuk kepentingan bersama, sedangkan sarana pribadi hanya digunakan oleh diri sendiri dan anggota keluarga saja.
2. Mengapa kita perlu membayar pajak?
Negara kita juga perlu berbelanja, banyak hal yang perlu dibeli oleh negara dalam rangka pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan. Kita mendapatkan imbalannya secara tidak langsung. Misalnya pembangunan fasilitas – fasilitas umum semacam pembangunan jalan raya, penerangan jalan dan fasilitas lainnya. Banyak hal yang terkena pajak, mulai dari Pajak Penghasilan (PPH), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Barang Mewah (PPnBM), dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
3. Untuk apa pajak digunakan dan apa manfaatnya?
Pajak yang kita bayarkan juga digunakan negara untuk keperluan – keperluan penyelenggaraan pemerintah, misalnya seperti pembayaran gaji pegawai negeri, pembayaran pembelanjaan tentara, polisi, biaya pembangunan sarana dan prasarana umum dan keperluan negara lainnya yang masih banyak lagi. Dengan adanya pegawai, tentara, polisi, pelaksanaan jalanya pemerintahan menjadi lancar. Demikian pula dengan pembangunan sarana dan prasarana umum kebutuhan masyarakat jadi terpenuhi.

Apa Saja Manfaat Pajak Itu?
Pembangunan sarana umum, seperti fasilitas dan infrastruktur mulai dari jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit/puskesmas. Pertahanan dan Keamanan, mulai dari bangunan, senjata, perumahan, sampai gaji-gajinya. Subsidi pangan dan Bahan Bakar Minyak Kelestarian lingkungan hidup, budaya Dana Pemilu, transportasi massal.
4. Apakah yang dimaksud dengan slogan “Orang Bijak Taat Pajak”?
“Orang Bijak Taat Pajak”, slogan tersebut mempunyai maksud untuk memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak. Dengan adanya slogan ini, kita harapkan masyarakat akan lebih sadar tentang manfaat pajak yang mereka bayarkan. Diharapkan kepatuhan wajib pajak yang tinggi serta penerimaan pajak yang terus meningkat setiap tahunnya.
5. Apa yang terjadi jika masyarakat tidak membayar pajak?
Pajak merupakan pendapatan utama negara, jika rakyat tidak membayar pajak maka pendapatan negara berkurang, dengan pendapatan negara yang berkurang pembangunan fasilitas umum tidak selesai, pembangunan terhambat, dan sebagainya.
Ternyata membayar pajak sangat penting. Ayo, cari tahu sarana umum lain yang dibangun dan dibiayai dari pajak beserta manfaat dan cara menjaganya. Tulis hasilnya pada tabel berikut.
Jenis Fasilitas UmumManfaatCara Menjaganya
Tempat Ibadah
  • Sebagai tempat ibadah keagamaan
  • Digunakan untuk melakukan kegiatan keagamaan
  • Melakukan perawatan secara berkala
  • Ikut menyumbang dana untuk perbaikan tempat ibadah
Taman Kota
  • Digunakan untuk tempat rekreasi
  • Tempat melakukan kegiatan warga kota
  • Menjaga kebersihan taman
  • Ikut melakukan penghijauan taman
Halte Bis
  • Menunggu bis dengan rapi dan antri ketika bis datang
  • Tidak mencorat-coret halte bis
  • Tidak membuang sampah sembarangan
Terminal
  • Tempat pemberhentian dan pemberangkatan bis antar kota
  • Tidak mencorat-coret terminal
  • Membuang sampah pada tempatnya
Jalan Desa
  • Digunakan untuk lalu lintas kendaraan umum maupun kendaraan pribadi 
  • Membersihkan selokan agar air lancar dan tidak naik ke badan jalan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:10 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....