Home » » Menulis dan Menyunting Pidato

Menulis dan Menyunting Pidato

Pidato merupakan bentuk komunikasi secara lisan yang memiliki unsur-unsur berupa intonasi, gerak-gerik, dan mimik. Sedangkan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato didefinisikan sebagai (1) Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; (2) Wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Sebelum memulai berpidato, anda harus mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan pidato. Teks pidato oleh seseorang yang akan berpidato

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Umumnya, kegiatan berpidato memiliki tujuan sebagai berikut : 1) Memberikan informasi. Memberikan sebuah pemahaman baru, mengingatkan, atau memberikan informasi kepada khalayak ramai. 2) Persuasif atau mengajak. Mempengaruhi khalayak ramai agar dengan senang hati mengikuti apa yang kita harapkan dan apa yang kita sampaikan. 3) Hiburan atau rekreasi. Menyenangkan pihak audiens dengan pidato yang kita bawakan sehingga tecapai kepuasan dan kesenangan terhadap apa yang kita sampaikan.
Menulis dan Menyunting Pidato
Pokok-pokok isi pidato meliputi pendahuluan, isi, dan penutup.
a. Pendahuluan
Bagian pendahuluan pada pidato berisi uraian untuk mempersiapkan pendengar yang berupa sapaan, salam, ucapan syukur, ucapan terima kasih, latar belakang maslah, dan tujuan berpidato. Contoh :

Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala SMA Negeri 1 Surakarta
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Surakarta
Serta siswa-siswi SMA Negeri 1 Surakarta yang saya sayangi

Pertama-tama, marilah kita bersama-sama panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini. Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah saya untuk menyampaikan sedikit pidato mengenai kebersihan lingkungan.

b. Isi
Bagian isi pidato berisi gagasan pokok yangingin disampaikan. Perhatikan contoh berikut :
Pada bagian ini, pembicara menerangkan secara sistematis hal-hal yang ingin disampaikan sesuai poin-poin yang telah ditetapkan, seperti:

Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
Akibat dari lingkungan yang kotor
  • Banjir 
  • Penyakit
  • Bau busuk
Cara-cara menjaga kebersihan
Ajakan menjaga kebersihan mulai sekarang

c. Penutup
Pada bagian penutup pidato berisi simpulan, ajakan, harapan, permintaan maaf, dan salam penutup. Contoh :
Saudara-saudara sekalian, demikianlah sekelumit pidato dari saya. Kiranya tidak pantas saya panjang-lebarkan. Sebagai penutup, saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Kedepanya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Apabila di dalam perkataan saya ada yang kurang berkenan, kurang lebihnya saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Menyunting Pidato
Menyunting pidato merupakan kegiatan memperbaiki teks pidato, perbaikan meliputi kata atau kalimat yang kurang tepat menjadi tepat. Menyunting kata atau kalimat dalam Bahasa Indonesia dilakukan agar kata atau kalimat yang digunakan menjadi tepat. Menyunting teks pidato berdasarkan aturan atau kaidah yang berlaku dalam Bahasa Indonesia. Perhatikan contoh berikut ini :

Yang saya hormati Bapak Mawardi, selaku Kepala Sekolah dan para guru-guru serta teman-taman yang saya kasihi. Pada sore hari ini kita bersama-sama datang di tempat ini dengan satu tujuan yaitu merayakan ulang tahun sekolah kita.

Kalimat perbaikan pidato yang dicetak miring adalah Yang saya hormati Bapak Mawardi, selaku Kepala Sekolah dan para guru serta teman-taman yang saya kasihi. Kata para guru-guru kurang tepat yang tepat adalah para guru atau guru-guru.

Contoh Soal 1 :
Perhatikan penggalan pidato berikut !
Pertama-tama, marilah kita berdoa semoga pertandingan ini lancar dan sukses. Anak-anak yang kami banggakan, tunjukanlah ketrampilan, ketangguhan, dan sportivitas kalian sebagai atlet. Di tempat inilah apa yang kamu miliki dipertaruhkan demi mengejar prestasi. Kalian harus berjuang dengan keras. Hal yang paling penting adalah semangat dan kebersamaan....

Kalimat penutup pidato yang tepat untuk penggalan pidato di atas adalah....
Pidato di atas merupakan pidato pengarahan bagi siswa yang akan bertanding, maka kalimat penutup pidato yang tepat adalah : Akhirnya kami ucapkan selamat bertanding semoga kalian berjaya, terima kasih.

Kalimat yang dicetak miring kurang tepat. Kalimat tersebut diperbaiki menjadi....
Pada kalimat : Anak-anak yang kami banggakan, tunjukanlah ketrampilan, ketangguhan, dan sportivitas kalian sebagai atlit. Pada kalimat tersebut terdapat dua kata yang kurang tepat penulisanya yaitu ketrampilan yang seharusnya keterampilan dan kata atlit yang seharusnya ditulis atlet.

Contoh Soal 2 :
Perhatikan penggalan pidato di bawah ini !.
......
Tiada kata yang terucap kecuali ungkapan terima kasih kepada guru, orang tua, dan adik-adik sehingga kami berhasil menyelesaikan tugas pembelajaran di sekolah ini. Kami berpesan kepada adik-adik, teruslah belajar menuntut ilmu. Jangan pernah ada kata malas untuk belajar.

Kalimat awal pidato yang tepat untuk melengkapi penggalan pidato di atas adalah....

Pidato tersebut merupakan pidato perpisahan kepada adik kelas, kalimat awal pidato yang tepat adalah : Kepala Sekolah beserta dewan guru yang kami hormati, dan adik-adiku yang kami banggakan.

Kata yang bercetak miring dapat diperbaiki menjadi...

Kata pembelajaran kurang tepat dalam kalimat tersebut kata yang tepat adalah belajar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....