Home » » Menentukan Tempat Berdasarkan Mata Angin

Menentukan Tempat Berdasarkan Mata Angin

Arah mata angin atau sering disebut sebagai mata angin dalam bahasa Inggris disebut sebagai cardinal directions atau cardinal points. Mata angin mempunyai pengertian sebagai panduan untuk menentukan arah. Cara menyatakan jumlah arah mata angin berbeda-beda, ada yang menyatakan dalam empat arah mata angin, delapan arah mata angin, 16 (enam belas) arah mata angin, hingga 32 arah mata angin. Untuk menentukan arah mata angin, kita bisa menggunakan kompas. Alat ini menunjukkan arah utara, selatan, barat, dan timur.

Kita juga bisa mengetahui arah pada peta. Caranya adalah dengan meletakkan peta di atas meja. Hal yang perlu diingat adalah bagian atas peta menunjukan arah utara atau dengan kata lain arah utara pada peta selalu di atas. Setelah kita mengetahui arah utara ada di atas maka arah lawan dari utara yaitu selatan berada di bagian bawah peta. Setelah arah utara dan selatan diketahui maka  arah barat dan timur juga dapat diketahui. Jika kita berdiri menghadap ke utara maka arah barat berada di sebelah kiri dan arah timur berada di sebelah kanan.

Kita juga dapat menentukan arah dengan menggunakan sinar matahari. Cara menentukan arah dengan menggunakan sinar matahri adalah sebagai berikut :
  • Keluar dari kelas pada pagi hari.
  • Berdiri menghadap ke arah matahari terbit.
  • Matahari terbit di sebelah timur maka bayanganmu berarti di sebelah barat.
  • Rentangkan tanganmu, maka tangan kirimu menunjuk ke arah utara dan tangan kananmu menunjuk ke arah selatan.
Perhatikan denah di bawah ini !
  • Rumah pamanku terletak di sebelah selatan sekolah. Lingkari rumah paman.
  • Aku berada di rumah paman dan ingin membeli oleh-oleh ke pusat cenderamata. Gambar garis yang menunjukkan rute dari rumah paman ke pusat cenderamata.
denah rumah paman
Tulis paragraf yang menunjukkan rute dari rumah pamanku ke pusat cenderamata.
Rumah paman berada di jalan Waribana. Jika kita ingin pergi ke pusat cinderamata kita harus berjalan ke arah utara dari rumah paman. Sampai di perempatan jalan belok kanan melalui jalan WR Supratman. Dari jalan WR Supratman berjalan ke arah timur sampai perempatan berikutnya. Sampai di perempatan ambil arah lurus ke timur menuju Jalan Raya Batu Bulan, berjalanlah lurus ke arah timur sampai dengan pertigaan. Sampai di pertigaan belok kanan ke arah jalan jalan Ceruk Sukawati. Pusat cenderamata berada di sebelah kiri (timur) Jalan Ceruk Sukawati.
Aku berada di rumah paman dan ingin mengunjungi pura yang terletak di Jl. Gatot Subroto Timur.
Rute 1 :
Rumah paman berada di jalan Waribana. Jika kita ingin pergi ke pura yang berada di Jalan Gatot Subroto Timur, berjalanlah ke arah utara dari rumah paman sampai dengan perempatan. Dari perempatan berjalan lurus (berjalan ke arah utara) melalui jalan Rajawali sampai dengan pertigaan. Dari pertigaan belok kanan (berjalan ke arah selatan) melalui jalan Gatot Subroto Timur. Pura berada di sebelah kiri (timur) jalan Gatot Subroto Timur.
Rute 2 :
Rumah paman berada di jalan Waribana. Jika kita ingin pergi ke pura yang berada di Jalan Gatot Subroto Timur, berjalanlah ke arah utara dari rumah paman sampai dengan perempatan. Dari perempatan belok kanan (berjalan ke arah timur) melalui jalan WR Supratman sampai dengan perempatan berikutnya. Dari perempatan belok kiri (berjalan ke arah utara) melalui jalan Gatot Subroto Timur. Pura berada di sebelah kanan (timur) jalan Gatot Subroto Timur.
Rute manakah yang lebih dekat? Dari kedua rute tersebut ternyata rute 1 lebih dekat dari rute 2 karena dalam rute 1 kita berjalan lurus dari rumah paman ke arah utara dan baru berbelok setelah ada pertigaan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....