Home » » Masyarakat Desa Sungai Tonang

Masyarakat Desa Sungai Tonang

Desa Sungai Tonang terletak di Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Jika anda datang ke desa ini, ataupun desa desa lainnya di kabupaten Kampar pada tahun 2000-an, di desa ini masih terdapat banyak hutan rimba dan rumah warga yang masih jarang. Itupun, rumah warga yang dibangun berupa rumah khas melayu yang merupakan peninggagalan dari ninik mamak. Daerah ini terletak di perlintasan sungai Kampar yang dahulunya menjadi sumber kehidupan masyarakat.

Kini keadaan berbeda. Kita dapat melihat bukti pembangunan di bidang pertanian, pendidikan yang semakin maju, dan masyarakat yang terus bertambah. Jarak yang dekat (hanya 6 kilometer) dari Bangkinang (ibukota kabupaten) juga mendukung kemajuan Desa Tonang. Warga masyarakat pun mulai tersentuh kehidupan modern. Namun, meskipun sudah menikmati kehidupan modern, masyarakat Desa Tonang tetap memegang teguh adat istiadat.

Masyarakt Desa Tonang yang dahulu banyak merantau, sekarang mereka kembali ke desa. Mereka kembali untuk memajukan desa mereka dengan bersungguh-sungguh menjadi petani. Bukan hanya menjadi petani padi dan palawija, mereka juga mengelola perkebunan kelapa sawit dan karet. Kini yang banyak merantau adalah para remaja. Mereka merantau ke luar daerah untuk menuntut ilmu ke Bangkinang, Pekanbaru, daerah Sumatera lain, Pulau Jawa, bahkan sampai ke luar negeri.
Masyarakat Desa Sungai Tonang
1. Temukan karakter bangsa Indonesia yang tercermin dalam bacaaan Bebuah Cerita Sederhana tentang Masyarakat Desa Sungai Tonang.
  • Cinta Tanah Air : Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukan rasa kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
  • Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
  • Kerja Keras : Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
  • Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
  • Disiplin : Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
  • Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

2. Temukan 3 kata yang kamu anggap sulit atau belum kamu pahami artinya dari bacaan Sebuah Cerita Sederhana tentang Masyarakat Desa Sungai Tonang.
  • Modern adalah sikap dan cara berpikir serta cara bertindak sesuai dng tuntutan zaman;
  • Istiadat adalah adat atau kebiasaan
  • Merantau adalah pergi ke negeri lain (untuk mencari penghidupan, ilmu, dsb)
  • Palawija adalah tanaman selain padi; biasa ditanam di sawah atau di ladang (spt kacang, jagung, ubi).

3. Susunlah kalimat dengan menggunakan 3 kata sulit yang kamu temukan dalam bacaan Sebuah Cerita Sederhana tentang Masyarakat Desa SungaiTonang.
  • Warga masyarakat Desa Sungai Tonang mulai tersentuh kehidupan modern.
  • Meskipun sudah menikmati kehidupan modern, masyarakat Desa Tonang tetap memegang teguh adat istiadat.
  • Masyarakt Desa Tonang yang dahulu banyak merantau, sekarang mereka kembali ke desa.
  • Bukan hanya menjadi petani padi dan palawija, mereka juga mengelola perkebunan kelapa sawit dan karet.

Baca sekali lagi bacaan Bebuah Cerita Sederhana tentang Masyarakat Desa Sungai Tonang kemudian buatlah kesimpulan dari bacaan tersebut.
Kesimpulan : Desa Sungai Tonang dahulu wilayahnya berupa hutan rimba dan penduduknya masih sangat jarang. Kini keadaan sudah berubah pembangunan di bidang pertanian dan pendidikan sudah maju serta masyarakat yang terus bertambah. Masyarakat mulai tersentuh kehidupan modern, namun mereka tetap memegang teguh adat istiadat. Masyarakat Desa Sungai Tonang yang dahulu banyak merantau, mereka kembali ke desa untuk membangun desa mereka. Para remaja merantau ke luar daerah untuk menuntut ilmu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....