Home » » Latihan Kekuatan dan Daya Tahan

Latihan Kekuatan dan Daya Tahan

Salah satu komponen kesegaran jasmani adalah kekuatan, kekuatan merupakan kemampuan otot atau sekumpulan otot untuk melakukan suatu tegangan terhadap beban. ketahanan otot merupakan kemampuan otot atau sekelompok otot untuk melakukan suatu pekerjaan yang berulang-ulang atau kemampuan otot untuk melakukan suatu tugas gerak dalam waktu tertentu. Jadi perbedaan yang mendasar antara kekuatan otot dan daya tahan otot terletak pada penekanannya. Kekuatan otot berkembang jika beban yang dilakukan makin meningkat. Sedangkan daya tahan otot terbentuk melalui beban tetap namun dilakukan secara berulang-ulang dalam satu kesempatan.

Kekuatan otot merupakan komponen yang sangat penting untuk meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan, hal ini karena sebagai berikut : Kekuatan merupakan daya penggerak setiap aktivitas fisik. Kekuatan memegang peranan penting dalam melindungi atlet atau orang dari kemungkinan cedera. Dengan kekuatan atlet akan dapat lari lebih cepat, melempar atau menendang lebih jauh dan efisien, memukul lebih kuat demikian pula dapat membantu memperkuat stabilitas sendi-sendi.

Latihan-latihan yang cocok untuk mengembangkan kekuatan adalah latihan-latihan tahanan seperti mengangkat, mendorong, atau menarik suatu beban, baik beban dari anggota tubuh kita sendiri atau dari beban luar. Kekuatan otot didefinisikan sebagai tegangan yang dapat dikerahkan oleh otot-otot atau sekelompok otot terhadap beban atau tahanan dengan sekali usaha secara maksimal.

1. Melakukan sit up untuk kekuatan otot perut
  • Mula-mula tidur telentang, kedua lutut ditekuk, dan
  • kedua tangan ditekukkan di belakang kepala.
  • Kemudian badan diangkat ke atas, hingga dalam posisi
  • duduk, kedua tangan tetap berada di belakang kepala.
  • Setelah itu kembali lagi ke sikap yang pertama.
  • Gerakan ini dilakukan sebanyak-banyaknya (15-30 detik)
2. Latihan kekuatan otot punggung (back-up)
  • Mula-mula tidur telungkup, kaki rapat dan
  • kedua tangan berpegangan di belakang kepala.
  • Kemudian angkatlah badan dengan dada tidak
  • menyentuh ke lantai.
  • Setelah itu kembali lagi ke sikap yang pertama.
  • Posisi kaki tetap masih menyentuh lantai agar kedua kaki tidak bergerak.
  • Pergelangan kaki bisa dipegang oleh teman dan dapat pula tidak dipegang.
  • Gerakan ini dilakukan berulang-ulang selama 15-30 detik.
Selain menjaga kebugaran tubuh, kita juga perlu menjaga kebersihan lingkungan. Sekarang amati gambar berikut. Berikut adalah kegiatan yang dilakukan warga di sekitar tempat tinggalku untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Deskripsikan gambar tersebut menggunakan kata-katamu sendiri.
kebersihan lingkungan
Menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih, sangatlah mudah. Hal ini harus berawal dari niat dari dalam diri dan hati Anda. Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya adalah dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Lakukan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dimana saja anda berada baik di rumah, di sekolah, dan di lingkungan sekitar.

Cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan juga dapat dilakukan dengan cara membuat souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah. Sampah atau barang sisa lainya dapat dimanfaatkan untuk membuat barang kerajinan yang memiliki kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya membuat tas dari koran, tabloid atau kertas bekas, kerajinan tangan dari botol bekas dan lain-lain. Selain sampah dapat dimanfaatkan sekaligus juga menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Kerja bakti dapat dilakukan dengan selalu melibatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya kerja bakti kebersihan lingkungan. Sertakan para pemuda untuk ikut aktif kerja bakti dan menjaga kebersihan lingkungan. Biasakanlah untuk menerapkan kebiasaan tersebut di rumah dan di lingkungan sekitar Anda. Hal ini sangat penting bagi Anda agar terhindar dari kuman dan penyakit.

Mendaur ulang kertas menjadi sesuatu yang bermanfaat adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan. Salah satunya adalah dengan membuat vas terbuat dari kertas daur ulang, yaitu kertas koran. Kerajinan tangan ini dapat dibuat dengan mudah. Bahan yang diperlukan adalah kertas koran, lem, cat, dan vernis.

Cara pembuatan vas dari kertas bekas antara lain sebagai berikut :
  • Ambil koran 2 lembar, Setiap lembar dilipat menjadi 8 lipatan. Kemudian gunting seperti gambar. setelah dipotong , buatlah lintingan
  • Ambil cetakan pot bunga/kaleng bekas yang ukurannya sedang. Beri lem ke permukaan pot, kemudian lilitkan lintingan tersebut pada cetakan, hingga penuh.
  • Jemur apabila lintingan sudah menutup seluruh bagian luar pot agar lem cepat kering.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....