Home » » Kondisi Daerah Pegunungan

Kondisi Daerah Pegunungan

Aku tinggal di daerah pegunungan. Udara di sekitar daerah tempat tinggalku sangat sejuk dan dingin. Pemandangannya sangat indah. Di daerahku banyak sekali pepohonan yang tumbuh. Jalanan di sekitarku berkelok-kelok. Tanah di daerahku berundak. Pagi hari aku dibangunkan suara ayam berkokok. Di pagi hari ayahku berangkat ke kebun. Di kebun, ayahku menanam sayuran. Aku sering membantu ayahku berkebun. Aku juga punya ternak kambing. Aku dan teman-temanku menggembala kambing ke padang rumput.

Bagaimana kondisi daerah pegunungan?
Wilayah Indonesia pada daerah dataran tinggi memiliki sistem pegunungan yang memanjang dan masih aktif. Relief daratan dengan banyaknya pegunungan dan perbukitan, menyebabkan Indonesia memiliki kesuburan tanah vulkanik, udara yang sejuk, dan alam yang indah.
Daerah Pegunungan
Relief daratan dengan banyak pegunungan dan perbukitan memiliki udara yang subur dan udara yang sejuk sehingga sangat diminati penduduk yang kegiatan utamanya di bidang pertanian. Sebagian besar penduduk juga masih banyak yang tergantung pada alam dan memanfaatkan hasil dari alam. Penduduk daerah pegunungan juga banyak yang memanfaatkan suhu udara yang dingin untuk menanam sayuran dan tanaman perkebunan. Selain itu, relief daratan yang demikian juga memiliki potensi menjadi daerah pariwisata.

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu tinggal di pegunungan?
Tinggal di daerah pegunungan memberimu udara segar setiap hari, bebas dari polusi. Ketika membuka jendela pada pagi hari, langsung bisa menikmati udara segar tanpa. Tinggal di daerah pegunungan membuatmu tak harus bingung mencari tempat liburan, hanya berjalan-jalan pada setiap akhir pekan langsung bisa melepas penat yang selama ini erat mengikat.

Ketika kita tinggal di daerah perkotaan, setiap hari harus bertemu dengan polusi, keadaan yang semrawut, dan lainnya. Menghabiskan beberapa hari di daerah sepi seperti dataran tinggi merupakan sebuah nikmat yang besar sekali. Bersyukurlah kamu yang memang sudah sedari dulu tinggal di daerah dingin ini, karena kamu bisa liburan tiap hari.

Di daerah pegunungan tidak akan mengalami kemacetan di pagi hari, saat banyak orang berebut ingin segera sampai ke tujuan, kita akan terbebas dari yang namanya macet dan segala macam kesemrawutan di jalan raya. Tinggal di daerah pegunungan juga memberimu kesempatan untuk memiliki hubungan silaturrahmi yang erat dan hangat dengan tetangga. Kita akan merasakan memiliki tetangga-tetangga yang amat baik disini. Tak jarang, kamu akan dianggapnya layaknya saudara sendiri. Tinggal di daerah pegunungan juga akan memberimu banyak pelajaran yang tak ternilai, bahwa ciptaan Tuhan sangat indah untuk dinikmati sendiri.

Pekerjaan apa saja yang ada di daerah pegunungan?
Daerah pegunungan, secara umum masyarakatnya adalah petani, yang tentu saja pola pertaniannya berbeda-beda sesuai dengan kondisi pegunungan tersebut. Petani  biasanya menanam palawija, sayur-mayur dan bunga. selain itu, ada juga petani yang bertanam berupa perkebunan, misalnya teh, kopi, cengkeh, pala dan buah-buahan.
  • Peternak. Daerah dataran tinggi mempunyai iklim yang cukup dingin. Kondisi alam yang sejuk memungkinkan banyak rumput tumbuh di daerah pegunungan. Kondisi demikian cocok untuk memelihara ternak. misalnya sapi perah, kambing, kelinci, ayam pedaging dan ayam petelur.
  • Petani. Banyak juga penduduk dataran tinggi yang menjadi petani, namun jenis tanamannya berbeda dengan dataran rendah. Petani di dataran tinggi biasanya menanam palawija, sayur-mayur dan bunga. selain itu, ada juga petani yang bertanana berupa perkebunan, misalnya teh, kopi, cengkeh, pala dan buah-buahan. Pertanian sangat cocok di daerah pegunungan karena tanahnya yang subur dan udaranya yang sejuk.
  • Pekerja/buruh perkebunan. Didaerah dataran tinggi biasanya terdapat perkebunan besar. Banyak penduduk dataran tinggi yang bekerja sebagai buruh perkebunan. Misalnya buruh di perkebunan teh, kopi dan cengkeh.
  • Pekerja pertukangan. Pekerja pertukangan ialah orang-orang yang bekerja membuat rumah dan barang meubelair lainya. Hal ini karena di daerah pegunungan tersedia banyak sekala kayu sebagai bahan dasar pembuatan meubelair dan alat rumah tangga lainnya.
  • Pedagang. Pedagang dataran tinggi membeli hasil daerah dataran tinggi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kopi, cengkeh dan pala dari para petani. Para pedagang ini menjual hasil pertanian ke luar daerah. Selain itu mereka menyediakan beras dan barang-barang kebutuhan yang tidak dihasilkan daerah dataran tinggi.

Selain itu banyak juga lapangan pekerjaan yang muncul sesuai perkembangan zaman, misal di pegunungan berapi potensi pasirnya sangat berlimpah dan itu akan menjadi lahan pekerjaan bagi masyarakat wilayah itu yaitu sebagai penambang pasir. Daerah pegunungan mempunyai iklim yang cukup dingin. Kondisi demikian cocok untuk memelihara kegiatan pariwisata. Dengan adanya kegiatan pariwisata akan menumbuhkan beberapa jenis pekerjaan seperti pemandu wisata, penginapan, dan lain-lain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:50 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....