Home » » Keindahan Kepulauan Seribu

Keindahan Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan sebuah Kabupaten di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Pulau Pramuka yang mulai difungsikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten sejak tahun 2003. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa. Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan juga yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, dan Kelurahan Pulau Panggang. Kepulauan Seribu terletak di Laut Jawa dan Teluk Jakarta. Kepulauan ini berada di wilayah DKI Jakarta. Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari 342 pulau, termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang. Pulau ini banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa dan nyamplung (kayu naga dan kayu bakau).

Selain itu, ada pula tanam- tanaman palawija dan buah-buahan. Di beberapa pulau air tawar mengandung kadar garam, sehingga airnya tidak dapat diminum. Namun, masih terdapat beberapa pulau yang mempunyai sumber air tawar yang cukup baik meskipun rasa-nya masih kepahit-pahitan. Menangkap ikan, berkebun, dan berdagang adalah mata pencaharian utama penduduknya.

1. Dimanakah letak Kepulauan Seribu?
Kepulauan Seribu terletak di Laut Jawa dan Teluk Jakarta.

2. Sebutkan lima pulau yang ada di Kepulauan Seribu!
Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, dan Pulau Panggang

2. Apakah perbedaan Kepulauan Seribu dengan wilayah lain di DKI Jakarta?
Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari 342 pulau sedangkan daerah lain di wilayah Jakarta berupa daratan.

3. Tumbuhan apa saja yang ada di Kepulauan Seribu?
Pulau ini banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa dan nyamplung (kayu naga dan kayu bakau).

4. Bagaimanakah keadaan air tawar di Kepulauan Seribu?
Di beberapa pulau air tawar mengandung kadar garam, sehingga airnya tidak dapat diminum.

5. Apa mata pencaharian penduduk Kepulauan Seribu?
Menangkap ikan, berkebun, dan berdagang adalah mata pencaharian utama penduduk Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu berupa gugusan pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut, sehingga menangkap ikan (sebagai nelayan ) merupakan mata pencaharian utama masyarakat Kepaulauan Seribu selain berkebun dan berdagang.
Peta Kepulauan Seribu
Jika kamu berada di Pulau Pari, pulau apa saja yang berada di sebelah selatan, barat, utara, dan timur?
  • Sebelah utara adalah Pulau Kongsi.
  • Sebelah selatan adalah Pulau Lancang.
  • Sebelah barat adalah Pulau Laki
  • Sebelah timur adalah pulau Jong
Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan secara lisan kepada temanmu secara bergantian tentang wilayah Kepulauan Seribu berdasarkan arah mata angin. Misalnya sebagai berikut :
  • Jika kamu berada di Pulau Untung Jawa, pulau apa saja yang berada di sebelah selatan, barat, utara, dan timur?, Sebelah utara pulau Jong, sebelah selatan pulau Jawa, Sebelah barat Pulau Rambut, dan sebelah timut Pulau Ayer Kecil.
  • Jika kamu berada Bokor, pulau apa saja yang berada di sebelah selatan, barat, utara, dan timur?. Sebelah utara adalah Pulau Pari, sebelah selatan adalah Pulau Rambut, sebelah barat adalah Pulau Lancang, dan sebelah timur adalah pulau Untung Jawa.
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu mempunyai sebelas pulau-pulau kecil berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Sebira. Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dan sebagainya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:10 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....