Home » » Kegiatan Panen Raya

Kegiatan Panen Raya

Rasa syukur terhadap alam dan makhluk hidup yang ada dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa yaitu melakukan perayaan yang disebut panen raya. Perayaan itu juga sebagai kegiatan pelestarian budaya. Senang dan bangga aku melihat berbagai pertunjukan yang ada. Ternyata semua makhluk hidup memiliki kebergantungan yang tinggi dengan yang lain, terutama manusia. Manusia tidak akan bisa hidup apabila tidak ada makhluk lain di bumi ini.

Sejak lahir sampai meninggal dunia, manusia tidak pernah terlepas dari kebutuhan akan interaksi sosial. Interaksi akan terjadi, baik antar-individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Manusia melakukan interaksi dengan orang lain, karena tidak dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya sendiri. Contoh: saat kita akan makan, dari mana kita memperoleh nasi, siapa yang menanam padi, siapa yang menggiling padi, dan siapa yang mengantar beras sampai di rumah kita untuk di masak ? Contoh tersebut, merupakan hal sederhana yang kita hadapi setiap hari. Itu adalah salah satu bukti, betapa pentingnya interaksi dengan sesama.
kegiatanpanen raya
Kegiatan panen raya merupakan hal yang sangat ditunggu- tunggu oleh masyarakat petani, semua orang akan senang di masa ini. Beragam acara dan ritual- ritual yang mereka sajikan hanya untuk merayakan panen yang berlimpah saat itu. Bagi masyarakat pada umumnya, panen raya dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur mereka terhadap hasil panen yang berlimpah. Kreativitas masyarakat dalam merayakan tradisi ini secara turun-temurun dari nenek moyang, yang dulu dimunculkan sebelum memahami bentuk ibadah dan syukur dengan makna sebenarnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk menyambut panen raya antara lain adalah Kirap Tumpeng Hasil Panen Raya di Kediri dan Ponorogo, Perayaan Wiwitan pada Panen Raya Warga Bantul, Yogyakarta dan Demak, Kesenian Menyambut Panen Raya di Karanganyar, TariKetuk Tilu yang berfungsi sebagai upacara dalam rangka menyambut panen padi sebagai rasa syukur kepada Dewi Sri atau Dewi Padi. Tari Bendrong Lesung di daerah merupakan bentuk syukur petani Banten menyambut panen raya, dan masih banyak kegiatan yang lainnya.

Semakin hari, tradisi ini masih terlihat kelestarianya, tetapi ada satu sisi yang telah hilang ditutupi tradisi lain, tradisi inilah yang masih tersisa dan tetap terjaga kelestariannya.

1. Nilai positif apa yang dapat dikembangkan dari kegiatan-kegiatan itu?
Nilai positif pada kegiatan panen raya yang dilaksanakan warga masyarakat adalah bahwa kegiatan perayaan panen raya merupakan bentuk syukur kepada Tuhan Yang Esa atas segala limpahan karunia berupa hasil pertanian yang berlimpah.
2. Hal baik apa yang perlu dikembangkan dari kegiatan-kegiatan itu?
Kegiatan perayaan panen raya merupakan kegiatan positif pada sektor pertanian. Acara seperti ini pun bisa menjadi sebuah ritual daerah yang akan menarik perhatian wisatawan ke daerah. Karena agenda perayaan yang tak hanya sekadar tanda adanya panen raya. Namun hiburan seperti tarian daerah, alunan musik khas daerah menjadi bagian yang sangat menarik
3. Berikan idemu, agar kegiatan-kegiatan tersebut tetap ada!
Kegiatan perayaan panen raya perlu dilestarikan, secara positif selain menjadi pertanda adanya panen raya tetapi juga menjadi ajang perayaan suatu daerah di sektor pertanian. perayaan yang juga digelar sebagai wujud syukur atas karunia yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa bisa menjadikan kegiatan pada sektor pertanian dapat bertahan dan berkembang guna memenuhi kebutuhan pangan.
4. Jika kamu seorang pemimpin di desa itu, hal apa saja yang dapat dilakukan agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat terus ada?
Perayaan panen raya selain bagian dari wujud syukur atas panen raya yang dicapai, sekaligus ajang promosi daerah di bidang pertanian serta budaya dan tradisi. Diharapkan dengan adanya kegiatan panen raya selain hasil pertanian meningkat juga pendapatan petani ikut meningkat. Sektor pertanian sudah semestinya mendapat perhatian serius, terutama di tengah banyaknya alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan pertambangan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....