Home » » Fungsi Alat-alat Indera Manusia

Fungsi Alat-alat Indera Manusia

Alat indera manusia adalah alat-alat tubuh yang berfungsi mengetahui keadaan luar. Alat indera hanya dapat berfungsi dengan sempurna bila tidak ada gangguan pada alat penerima rangsangan, urat saraf penghubung dengan pusat saraf, dan pusat saraf diotak. Alat indra manusia sering disebut panca indra, karena terdiri dari lima indra yaitu indra penglihat (mata), indra pendengar (telinga),indra pembau/pencium (hidung), indra pengecap (lidah) dan indra peraba (kulit). Berikut ini kelima alat indera pada manusia.

1. Indera Penglihat
Alat indera penglihat pada manusia adalah Mata. Mata terdiri dari atas alat tambahan mata, otot bola mata, dan syaraf mata. Alat tambahan mata berupa alis dan bulu mata. Alis, kelopak mata, dan bulu mata melindungi mata dari gangguan lingkungan. Misal melindungi mata dari keringat, debu, kotoran, dan melindungi mata dari cahaya yang kuat. Kelenjar mata menghasilkan air mata yang berguna untuk membasahi kornea mata dan sebagai pelumas agar bola mata mudah digerakkan.

Fungsi bagian-bagian mata adalah sebagai berikut :
  • Kornea berfungsi menerima rangsang cahaya dan meneruskannya ke bagian yang lebih dalam. Kornea dilindungi oleh selaput tipis yang disebut konjungtiva. Pada bagian samping dan belakang bola mata terdapat selaput yang berwarna putih. Selaput ini disebut selaput putih (sklera). Fungsi dari selaput ini adalah melindungi struktur mata yang sangat halus dan membantu mempertahankan bentuk biji mata.
  • Lensa mata berfungsi meneruskan dan memfokuskan cahaya agar bayangan benda jatuh ke retina. Lensa mata terletak di belakang iris. Lensa mata dapat berakomodasi (mencembung dan mempipih) yang berguna untuk mengatur bayangan benda tepat jatuh pada bintik kuning. Kemampuan lensa mata untuk mencembung dan mempipih disebut daya akomodasi.
  • Iris berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke mata. Iris merupakan selaput yang memberi warna pada mata karena mengandung pigmen.
  • Pupil berfungsi sebagai saluran masuknya cahaya. Pupil merupakan bagian tengah dari selaput iris yang berlubang, berbentuk bulat, dan berwarna gelap.
  • Retina berfungsi membentuk bayangan benda dan kemudian dikirim oleh saraf mata ke otak. Retina merupakan selaput tipis dan membatasi bagian mata, retina mengandung sel-sel penglihat yang peka terhadap rangsang cahaya 
  • Otot mata berfungsi mengatur gerakan bola mata.
  • Saraf mata berfungsi meneruskan rangsang cahaya melalui retina ke otak. Syaraf ini berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang datang dari retina menuju ke otak. Saraf optik membawa semua informasi yang akan diproses di dalam otak. Pada akhirnya kita dapat melihat suatu objek atau benda.

2. Indera Pendengar
Telinga merupakan indra pendengar yang peka terhadap rangsang yang berupa gelombang suara sebab telinga memiliki sel-sel reseptor yang berupa fonoreseptor. Telinga manusia dapat menerima suara dengan frekuensi antara 20 sampai 20.000 hz. Fungsi bagian-bagian indera pendengar adalah sebagai berikut :
  • Daun telinga, lubang telinga, dan liang pendengaran berfungsi menangkap dan mengumpulkan gelombang bunyi.
  • Bagian tengah terdiri atas selaput gendang dan tiga tulang kecil. Gendang telinga berfungsi menerima rangsang bunyi (timbul getaran pada gendang telinga) dan meneruskanya ke bagian yang lebih dalam;
  • Tiga tulang pendengaran (tulang martil, landasan, dan sanggurdi) berfungsi mempekuat getaran dan meneruskanya ke koklea;
  • Tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setebgah lingkaran, dan koklea berfungsi mengubah impuls dan diteruskan ke otak. Tiga saluran setengah lingkaran juga berfungsi mengendalikan keseimbangan tubuh;
  • Saluran eustachius berfungsi menghubungkan rongga mulut dengan telinga tengah.

3. Indera Pembau
Indera pembau pada manusia adalah hidung. Bau dapat dikenali melalui indra penciuman, di dalam rongga hidung. Bau yang terhirup kedalam rongga hidung akan diterima ujung-ujung saraf pencium. Fungsi bagian-bagian indera pembau adalah sebagai berikut :
  • Lubang hidung sebagai tempat pertama kali udara masuk ke dalam tubuh manusa;
  • Rongga hidung berfungsi sebagai saluran tempat masuk dan keluarnya udara pernapasan. Dalam rongga hidung terdapat rambut hidung yang berfungsi menahan kotoran yang masuk bersama udara pernapasan. Selaput lendir terdapat di rongga hidung bagian atas. Bagian inilah yang peka terhadap bau;
  • Serabut saraf berfungsi mendeteksi zat kimia yang ada dalam udara pernapasan.

4. Indera Pengecap
Indera pengecap pada manusia adalah lidah. Permukaan lidah bersifat kasar karena memiliki tonjolan yang disebut papila. Di dalam papila terdapat banyak tunas pengecap. Setiap tunas pengecap peka terhadap jenis rasa tertentu. Bagian-bagian lidah yang peka tehadap rasa dapat dilihat pada gambar di samping. Bagian lidah yang peka terhadap rasa manis berada di ujung lidah, bagian yang peka terhadap rasa pahit berada di lidah bagian dalam. Bagian lidah yang peka terhadap rasa asin dan asam berada di lidah bagian tepi.

5. Indera Peraba
Melalui kulit kita dapat merasakan suatu benda kasar, halus, panas, atau dingin. Kulit memiliki kemampuan tersebut karena kulit memiliki jutaan indra peraba. Indera peraba manusia terletak pada kulit, manusia dapat merasakan sentuhan, tekanan, kasar, halus, rasa sakit, panas, dan dingin. 

Fungsi bagian-bagian indera peraba adalah sebagai berikut :
  • Kulit ari berfungsi mencegah masuknya bibit penyakit dan mencegah penguapan air dari dalam tubuh;
  • Kelenjar keringan berfungsi menghasilkan keringat;
  • Lapisan lemak berfungsi menghangatkan tubuh;
  • Otot penggerak rambut berfungsi mengatur gerakan rambut;
  • Pembuluh daraf berfungsi mengalirkan darah yang berisi oksigen atau karbondioksida serta sari makanan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:01 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....