Home » » Contoh Soal Lomba Dokter Kecil

Contoh Soal Lomba Dokter Kecil

Pertumbuhan dan perkembangan anak harus mendapatkan perhatian yang lebih termasuk anak usia sekolah, karena kalau menderita sakit, kurang gizi atau masalah kelebihan gizi, menghadapi masalah psikologi ataupun kejiwaan akan mempengaruhi proses belajar yang pada akhirnya akan berdampak terhadap kualitas sumber daya manusia. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang merupakan bagian dari program anak usia sekolah dan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat peserta didik yang berada di sekolah.

Upaya strategis dalam melibatkan peran serta aktif masyarakat sekolah melalui pendekatan kelompok teman sebaya" (peer counselor) dengan mempersiapkan peserta didik menjadi penggerak perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) baik disekolah, keluarga dan masyarakat sekitarnya. Salah satu program yang dikembangkan oleh UKS adalah program Dokter Kecil, yang mempunyai peran untuk membantu mengembangkan program UKS`dari anak ke anak (child to child programme), yang salah satu kegiatannya adalah "lomba dokter kecil". Pelaksanaan lomba dokter kecil dimaksudkan untuk meningkatkan minat peserta didik (siswa/Siswi) di tingkat sekolah dasar untuk menjadi dokter kecil, dengan harapan dapat menjadi teladan bagi teman-temannya dalam berperilaku hidup bersih dan sehat.
Contoh Soal Lomba Dokter Kecil
Berikut ini beberapa contoh soal dalam lmba Dokter Kecil.
1.Apa yang dimaksud UKS ?
Jawab : Usaha Kesehatan Sekolah merupakan upaya terpadu lintas program dan lintas sektor dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah dan madrasah ibtidaiyah.

2. Sebutkan landasan hukum UKS !
Jawab : Landasan hukum UKS adalah UU No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan dalam Bab V Pasal 45 ayat 1. Bahwa : Kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat siswa dalam lingkungan hidup sehat sehingga siswa dapat belajar tumbuh kembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya yang lebih berkualitas.

3.Sebutkan 3 sasaran pengembangan UKS ( primer, sekunder, tersier) !
Jawab : Ssaran pengembangan UKS adalah siswa dari tingkat pendidikan dasar sampai tingkat pendidikan menengah dan kejuruan, Perguruan agama, beserta lingkungannya.

4. UKS merupakan hasil keputusan bersama 4 menteri yaitu ?
Jawab : UKS merupakan keptutsan bersama empat menteri yaitu Departemen Dalam Negeri, Departemen Agama, Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan.

5. Apa Pengertian Dokcil?
Jawab : Dokter kecil adalah siswa yang duduk di kelas IV yang sudah mendapat pelatihan tentang kesehatan sehingga mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan berbagai kegiatan UKS.

6. Apa yang dimaksud cara hidup sehat?
Jawab : Cara hidup sehat adalah kebiasaan-kebiasaan yang mengikuti aturan atau tata cara kesehatan

7. Apa manfaat KMS AS ?
Jawab : KMS yaitu kartu yangg berisi grafik pertumbuhan Tinggi Badan dan Berat Badan, catatan perkembangan kesehatan pesertadidik dan imunisasi. KMS peserta didik salah satu teknologi sederhana yang dapat dipakai untuk memantau tingkat keadaan gizi peserta didik.

8. Bagaimana anak dikatakan pertumbuhan anaknya sehat?
Jawab : Pertumbuhan dan perkembangan anak dapat dikatakan sehat jika tinggi dan berat badan bertambah dengan normal atau baik atau inggi dan berat badannya sesuai dengan umurnya.

9. Apa sajakah yang diperlukan untuk mengukur tinggi badan?
Jawab : Meteran khusus / Microtois, Penggaris kayu / kertas panjang 200 cm, Meteran tinggi badan

10.Apakah yang dimaksud dengan makanan yang bergizi seimbang ?
Jawab : Makanan yang mengandung zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur yang sesuai kebutuhan tubuh kita. Gizi Seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.

11. Darimana sumber zat pembangun diperoleh?
Jawab : Protein merupakan zat makanan yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. Selain itu, protein juga berperan dalam penggantian bagian tubuh yang rusak dan membentuk zat kekebalan tubuh. Sama halnya seperti lemak, protein terdiri dari dua macam, yaitu protein nabati dan protein hewani. Sumber protein nabati di antaranya adalah tempe, tahu, kacang-kacangan, dan jamur. Adapun sumber protein hewani adalah daging, ikan, telur, dan susu.

12. Sebutkan 4 masalah kekurangan gizi di Indonesia!
Jawab : Masalah kekurangan gizi di Indonesia antara lain :Gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI), Kekurangan zat besi, Kekurangan energi protein, dan Kekurangan vitamin A.

13.Apa yang dimaksud dengan sampah?
Jawab : Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

14. Sebutkan 2 tempat pembuangan sampah!
Jawab : Tempat Pembuangan Sementara (TPS), dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

5 .Bagaimana cara memusnahkan sampah?
Jawab : Sampah dapat dimusnahkan dengan cara : Dibakar, Ditimbun (tebal 60 cm), Dibuat pupuk (kompos), dan Dibuat makanan ternak.

16. Apa yang dimaksud dengan air limbah?
Jawab : Air limbah atau air buangan adalah sisa air yang dibuang yang berasal dari rumah tangga, industri maupun tempat-tempat umum lainnya, dan pada umumnya mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang dapat membahayakan bagi kesehatan manusia serta menggangu lingkungan hidup.

17. Jika terserang penyakit batuk filek apa yang disarankan ?
Jawab : Jika terkena batuk pilek hal yang disarankan adalah Istirahat yang cukup, Menghentikan aktivitas, Banyak minum dan makan makanan bergizi.

18.Apa saja tanda-tanda penyakit radang mata (belekan) ?
Jawab : Tanda-tanda radang mata adalah :Mata berair, Terasa mengganjal, Terasa perih, dan Silau jika kena sinar

19. Mengapa anak mudah terserang penyakit cacingan?
Jawab : Karena kurang menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri dan lingkungan

20.Sebutkan 4 jenis cacing yang kamu ketahui!
Jawab : Jenis-jenis cacing antara lain adalah : Cacing Gelang, Cacing Cambuk, Cacing Kremi, dan Cacing Tambang

21. Di bawah ini adalah P3K pada penderita apa?
Memberi banyak minum, Member oralit, Member air sop, air kelapa, air taji, air buah
Jawab : Pertolongan pertama pada penyakit diare

22.Apa sajakah yang mneyebabkan penyakit diare?
Jawab : Penyakit diare dapat disebabkan karena : Kurang gizi, Infeksi virus atau bakteri,  Alergi makanan, Makan buah mentah, dan Keracunan makanan.

23.Apa dehidrasi itu?
Jawab : Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan ataupun air yang terdapat pada tubuh. Hal ini dapat terjadi karena pengeluaran air atau cairan lebih banyak daripada pemasukan cairan seperti minum. Gangguan kehilangan cairan tubuh disertai dengan adanya gangguan keseimbangan pada zat elektrolit tubuh. Dehidarasi terjadi karena :  Kekurangan zat natrium, Kekurangan air, Kekurangan natrium dan air.

24.Usaha untuk memberikan kekebalan dengan cara memberikan zat ke dalam tubuh disebut apa ?
Jawab : Imunisasi adalah suatu proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukkan vaksin, yakni virus atau bakteri yang sudah dilemahkan, dibunuh, atau bagian-bagian dari bakteri (virus) tersebut telah dimodifikasi.

25.Sebutkan 5 macam imunisasi
Jawab : Macam-macam imunisasi antara lain : DT ( Difteri Tetanus ), DPT ( Difteri, Pertusis, Tetanus ), Polio ( Penyakit Polio ), TT ( Tetanus ), BCG ( Penyakit TBC ), Hepatitis ( Penyakit Hepatitis ), dan Campak ( Penyakit Campak )

26.Apakah yang dimaksud kekebalan alami?
Jawab : Kekebalan yang diperoleh dari diri sendiri. Sistem kekebalan alamiah merupakan sistem kekebalan tubuh yang telah ada sejak kita lahir dan merupakan alat pertahanan tubuh yang paling terdepan dalam menghadapi penyebab (agent) penyakit karena dalam memberikan respon langsung terhadap agent tersebut.

27.Penyakit apa yang tanda-tandanya di bawah ini!
Sakit gigi, Gusi bengkak, Sakit pada gigi, Gigi bengkak dan berdarah, Ada karang gigi
Jawab : Sariawan

28.Pada anak normal anak 3 tahun jumlah gigi lengkap ada berapa ? Rincikan !
Jawab : Ada 20 yaitu 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 gigi graham

29. Pada anak normal gigi susu tumbuh mulai umur berapa?
Jawab : 6 bulan. Gigi susu pertama seorang bayi biasanya muncul sejak usia 4 bulan. Namun demikian kisaran normal erupsi usia gigi susu pertama adalah antara usia 5-24 bulan. Bila perkembangan motorik, kognitif dan neurologis seorang bayi normal maka sebenarnya tinggal menunggu tumbuhnya gigi susu pertamanya. 

30. Apa fungsi gigi taring?
Jawab : Untuk mengoyak makanan

31. Apakah nama vektor penyakit demam berdarah ?
Jawab : Vektor utama penyakit DBD di Indonesia adalah nyamuk A. aegypti sedangkan A. albopictus dianggap vektor potensial.

32. Apakah nama virus penyakit flu babi ?
Jawab : Virus H1N1

33.Apa nama lain dari penyakit kencing manis ? Sebutkan secara lengkap !
Jawab : Diabetes Mellitus adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara adekuat. Kadar gula darah bervariasi sepanjang hari.

34.Singkatan dari apa PHBS ?
Jawab : Perilaku Hidup Bersih dan sehat

35.Apakah kepanjangan dari PD3I ?
Jawab : Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi

36. Sebutkan 4 faktor yang menentukan derajat kesehatan seseorang !
Jawab : Faktor yang menentukan derjata kesehatan antara lain : Perilaku, Pelayanan Kesehatan, Lingkungan, dan Keturunan.

37.Apakah fungsi pembalut dalam PPPK ?
Jawab : Fungsi pembalut
1. Penekanan untuk membantu menghentikan perdarahan.
2. Mempertahankan penutup luka pada tempatnya.
3. Menjadi penopang untuk bagian tubuh yang cedera.

38.Apakah alat yang digunakan untuk mengukur ketajaman mata ?
Jawab : Snellen Cart. Snellen chart => kartu bertuliskan beberapa huruf dengan ukuran yang berbeda => untuk pasien yang bisa membaca.

39.Sebutkan 3 syarat sikat gigi yang baik !
Jawab : Syarat sikat gigi yang baik antara lain : Bulu sikat halus, Permukan bulu sikat datar, Kepala sikat kecil

40.Gigi apa yang pertama kali tumbuh ?
Jawab : Gigi Susu

41.Sebutkan isi dari trias UKS !
Jawab : Penyelenggaraan pendidikan sekolah, Penyelenggaraan pelayanan kesehatan,dan Pembinaan lingkungan sekolah sehat

42. Apakah sasaran UKS !
Jawab : Anak didik

43. Sebutkan 4 macam pencemaran lingkungan !
Jawab : Pencemaran air, Pencemaran udara, Pencemaran tanah, Pencemaran suara

44.Sebutkan 3 unsur syarat kesehatan air !
Jawab : Tidak berbau, berasa, tidak berwarna, dan jernih, Tidak mengandung zat berbahaya, dan Tidak mengandung bakteri / kuman.

45. Bagaimanakah cara pemisahan obat ?
Jawab : Pemisahan obat dibagi ke dalam kelompok : Obat luar, obat dalam, obat keras

46.Sebutkan 4m plus !
Jawab : 4m Plus adalah : Mengubur, Menutup, Menguras, Menjangkau perkembangan jentik nyamuk, dan Mengurangi gigitan nyamuk.

47. Apa yang kamu ketahui tentang Abatisasi ?
Abatisasi adalah menaburkan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air. Abatisasi bisa diulang setiap 2-3 bulan sekali. Abate tidak berbahaya bagi manusia. Abatisasi hanya pada tempat-tempat air tergenang, seperti bak mandi, jambangan bunga, dan selokan kecil. Jangan taburkan abate ke air yang mengalir. Abate juga baik ditaburkan ke tempat-tempat air yang sulit dikuras atau dibersihkan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:40 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....