Home » » Bahan Dasar Pembuat Peralatan Rumah

Bahan Dasar Pembuat Peralatan Rumah

Di dalam rumah kita terdapat berbagai macam barang yang merupakan peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga merupakan barang-barang atau alat yang digunakan dalam kegiatan rumah tangga. Alat rumah tangga berfungsi sebagai tempat penyimpan barang, tempat duduk, tempat tidur, tempat mengerjakan sesuatu. Misalnya furniture sebagai tempat penyimpan biasanya dilengkapi dengan pintu, laci dan rak, contoh lemari pakaian, lemari buku dan lain-lain. Furniture dapat terbuat dari kayu, bambu, logam, plastik dan lain sebagainya. Furniture sebagai produk artistik biasanya terbuat dari kayu pilihan dengan warna dan tekstur indah yang dikerjakan dengan penyelesaian akhir yang halus.

Peralatan rumah tangga yang paling utama biasanya berupa perlengkapan kamar tidur, yaitu ranjang beserta kasur, lemari pakaian, laci-laci, meja rias, dan sebagainya. Dalam urutan berikutnya adalah peralatan memasak, seperti kompor, lemari es, alat makan, dan lain-lain. Setelah itu ada perabotan-perabotan untuk ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang rekreasi, teras, dan sebagainya seperti sofa, kursi-kursi, meja-meja, lemari, laci-laci, lampu-lampu, dan banyak lagi.
Bahan Dasar Pembuat Peralatan Rumah
Ternyata semua peralatan rumah tangga tersebut dibuat dengan cara memanfaatkan bagian tumbuhan maupun hewan. Kursi, meja, dan lemari terbuat dari kayu yang berasal dari tumbuhan. Agar tumbuhan dan hewan dapat lestari maka diperlukan beberapa langkah yang dapat kita lakukan seperti di bawah ini.
  • Tidak berburu hewan sembarangan
  • Melindungi hewan hewan langka
  • Hewan langka perlu dibudidayakan
  • Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis

Sedangkan untuk menjaga kelestarian tumbuhan dapat dilakukan dengan cara, antara lain :
  • Tidak menebang pohon sembarangan
  • Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
  • Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman
  • Pemeliharaan tanaman dengan benar.
Berikut ini adalah beberapa contoh pemanfaatan bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.
No.Nama BarangBerasal dari tumbuhan/hewanBagian dari tumbuhan hewan
1.Kursi rotanTumbuhan RotanBatang
2.Lemari KayuKayu JatiBatang
3.Meja KayuKayu AngsanaBatang
4.Hiasan dinding Kepala RusaHewan RusaTanduk Rusa
5.Hiasan Dinding Wayang KulitHewan SapiKulit
Kesimpulan :
Dalam memenuhi kebutuhannya manusia memanfaatkan hewan dan tumbuhan. Hewan dimanfaatkan manusia untuk diambil daging, susu, telur, tenaganya, tanduk, gading, kulit dan lain-lain. Tumbuhan dimanfaatkan manusia dengan memanfaatkan bagian akar, batang, daun, buah, dan bijinya. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pemanfaatan bagian hewan dan tumbuhan tersebut tidak boleh mengganggu kelestarian hewan dan tumbuhan tersebut. Selain memanfaatkan hewan dan tumbuhan manusia juga dituntut untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:27 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....