Home » » Membuat Simulasi Hari Pasar

Membuat Simulasi Hari Pasar

Pasar merupakan salah satu tempat berlangsungnya kegiatan ekonomi masyarakat. Pasar adalah sarana bertemunya pembeli dan penjual, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli. Pada saat melakukan transaksi jual-beli, selalu ada barang atau jasa yang ditawarkan. Pembeli dan penjual merupakan dua komponen penting dalam melakukan kegiatan ekonomi pada sebuah pasar. Penjual adalah orang yang menjual dagangannya dengan tujuan memperoleh keuntungan sedangkan pembeli adalah orang yang membeli barang kebutuhan.

Pasar dapat dikelompokkan menjadi pasar tradisional dan pasar moden.
  • Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. 
  • Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga.

Pernahkah kamu mengunjungi sebuah pasar tradisional? Di pasar tradisional biasanya tempat berjualanya kios, dan los, serta transaksi terjadi secara langsung dan terjadi tawar menawar harag. Itulah yang menjadi ciri pasar tradisional yang ada di sekitar kita. Untuk lebih memahami kegiatan-kegiatan yang dilakukan di pasar tradisional dapat dilakukan dengan cara melakukan simulasi hari pasar. Untuk melakukan kegiatan simulasi hari pasar, ikutilah petunjuk di bawah ini:
  • Tentukan barang apa yang akan kamu jual. Ingat, kamu tidak akan menjual barang sebenarnya. Kamu akan membuat barang yang akan kamu jual dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di kelas atau sekolah.
  • Buatlah sejumlah barang yang akan kamu jual secukupnya untuk dijual hari itu.
  • Tentukan harga barang yang akan kamu jual dan bagaimana kamu akan menjualnya: satuan, ditimbang, atau dalam pak, atau lainnya.
  • Aturlah barang-barang jualanmu di meja kelas semenarik mungkin.
  • Undanglah siswa kelas lain untuk berbelanja di tempatmu.
  • Mereka juga tidak akan menggunakan uang sebenarnya, tetapi menggunakan uang mainan.
  • Bekerja samalah dengan anggota kelompokmu untuk dapat menjual barang sebanyak-banyaknya.
  • Hitunglah pendapatan yang dihasilkan dari penjualan tersebut.

Tuliskanlah pengalamanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Bagaimana pendapatmu tentang kegiatan Simulasi Hari Pasar?
Simulasi hari pasar ternyata sangat menyenangkan, selain mengetahui kegiatan apa saja yang terjadi di pasar kita juga dapat belajar bagaimana tata cara berjual beli di pasar tradisional.

2. Manfaat apa yang kamu dapatkan?
Manfaat yang saya dapatkan dari kegiatan simulasi hari pasar antara lain tentang kegiatan jual beli di pasar, barang apa saja yang di jual di pasar, harga-harga barang kebutuhan di pasar, cara menawar harga barang, dan lain-lain.

3. Bagaimana kamu bekerja sama dengan teman sekelompok untuk membuat produk dan menjualnya?
Pembuatan produk yang akan dijual pada kegiatan simulasi pasar dibagi kepada setiap anggota kelompok sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jika ada anggota yang tidak mampu membuat produk yang akan dijual, teman yang merasa mampu segera membantu sehingga pekerjaan menjadi cepat selesai. Dibutuhkan kerjasama antar anggota kelompok agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

4. Apakah pentingnya saling menolong dalam kegiatan tersebut? Ceritakanlah!
Tolong menolong sangat diperlukan dalam kegiatan simulasi hari pasar. Ternyata kita tidak bisa bekerja sendirian, kita butuh bantuan orang lain. Dengan tolong menolong pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan karena dikerjakan oleh banyak orang. Dengan tolong menolong juga memperat pesaudaraan karena selain anggota kelompok, siswadari kelas lain juga ikut hadir dalam kegiatan simulasi hari pasar.

5. Sikap-sikap apa saja yang diperlukan agar kelompokmu dapat mencapai tujuan yang diinginkan melalui kegiatan Simulasi Hari Pasar?
Kemampuan bekerja sama dengan siapa pun tanpa memandang perbedaan selalu diperlukan untuk mencapai tujuan bersama. Di dalam bekerja sama, ada beberapa sikap yang harus dikembangkan, antara lain sikap tenggang rasa, saling menghormati dan toleransi. Selain sikap-sikap itu, dalam bekerja sama, terutama untuk memecahkan masalah, diperlukan kreatifitas untuk menemukan berbagai cara penyelesaian masalah.
Simulasi Hari Pasar
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:38 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....