Home » » Matahari dan Planet-planet dalam Tata Surya

Matahari dan Planet-planet dalam Tata Surya

Tata Surya adalah kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari sebuah bintang besar yang disebut matahari, dan semua objek yang terikat oleh gaya grafitasinya. Tata surya terletak di dalam satu galaksi yang, galaksi yang kita tempati adalah galaksi Bimasakti. Galaksi Bimasakti disebut juga Milky Way. Bumi merupakan salah satu dari delapan planet yang ada dalam tata surya. Matahari merupakan pusat tata surya. Benda-benda langit lain seperti Bulan, Asteroid, dan Komet merupakan anggota tata surya.

Menurut Teori Kabut, Matahari dan planet berasal dari sebuah kabut pijar yang berpilin di dalam jagat raya, karena pilinannya itu berupa kabut yang membentuk bulat seperti bola yang besar, makin mengecil bola itu makin cepat putarannya. Sebagian massa dari kabut gas pada menjauh dari gumpalan intinya dan membentuk gelang-gelang di sekeliling bagian utama kabut itu, gelang-gelang tersebut kemudian membentuk gumpalan. Gumpalan inilah yang disebut planet-planet dan satelitnya.

Sedangkan bagian tengah yang berpijar tetap berbentuk gas pijar yang kita lihat sekarang sebagai matahari. Berikut ini anggota tata surya.

1. Matahari
Matahari merupakan pusat tata surya sekaligus sumber cahaya dan panas. Delapan planet dalam tata surya bergerak mengelilingi matahari. Hal ini disebabkan karena matahari memilki gaya gravitasi paling besar dalam sistem tata surya. Matahari merupakan bintang yang terdekat dengan bumi. Jarak antara matahari dengan bumi kirakira 150 juta km. Matahari merupakan bola gas yang bercahaya. Suhu di permukaannya sekitar 6.000 derajat C dan suhu intinya mencapai 15 juta derajat C. Diameter matahari kira-kira 109 kali diameter bumi.

2. Planet-planet dalam tata surya
Planet adalah benda langit yang tidak memiliki cahaya. Planet hanya memantulkan cahaya matahari. Sampai saat ini, dalam tata surya dikenal 8 buah planet yaitu: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Delapan planet itu dikelompokkan berdasarkan jaraknya ke matahari menjadi planet dalam dan planet luar.
  • Planet dalam berada di antara bumi dan batahari. Planet dalam terdiri dari Merkurius dan Venus.
  • Planet luar adalah planet yang terletak di luar orbit Bumi. Planet luar terdiri dari Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Berdasarkan massanya, planet dapat dikelompokan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut:
  • Planet bermassa besar (Superior Planet ), terdiri dari: Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  • Planet bermassa kecil (Inferior Planet ), terdiri dari: Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars

Tiap planet memiliki garis edar atau jalur edar saat mengelilingi matahari yang disebut orbit. Bidang yang dilalui planet saat beredar disebut bidang edar. Tiap planet juga memiliki ciri khusus hingga dapat langsung dikenali. Ada planet yang dekat dengan matahari, ada pula planet yang sangat dingin, ada planet yang memiliki satelit atau bulan, ada pula planet yang indah karena memiliki cincin.
  1. Merkurius.Merkurius adalah planet paling dekat dengan Matahari. Suhu tertinggi di permukaan planet Merkurius bisa mencapai 430 derajat C. Jarak yang dekat itu membuat Merkurius menjadi planet paling cepat yang mengelilingi Matahari. Waktu yang diperlukan Merkurius untuk mengelilingi matahari adalah 88 hari.
  2. Venus. Venus adalah planet yang sinarnya paling terang jika dilihat dari Bumi. Hal itu terjadi karena Venus adalah planet yang jaraknya paling dekat dengan Bumi. Planet Venus tertutup oleh kabut tebal yang memantulkan sinar matahari. Venus sering disebut Bintang Fajar atau Bintang Kejora. Nama itu diberikan, karena Venus tampak seperti bintang di langit timur sebelum matahari terbit dan bersinar terang di langit barat sebelum matahari tenggelam. Arah rotasi Venus searah jarum jam (dari timur ke barat). Hal ini berbeda dengan planet-planet lain yang rotasinya berlawanan arah jarum jam. Sekali mengelilingi Matahari, Venus memerlukan waktu 225 hari.
  3. Bumi. Bumi tempat kita tinggal adalah planet paling istimewa. Sampai saat ini Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat ditempati oleh makhluk hidup. Bumi pun merupakan satu-satunya planet yang ditutupi air serta dilapisi atmosfer. Lebih dari 75% muka bumi tertutup air. Air adalah sumber bagi kehidupan. Dalam atmosfer terdapat oksigen yang digunakan makhluk hidup untuk bernapas. Atmosfer juga melindungi Bumi dari sengatan matahari yang sangat panas dan akibat buruk tabrakan benda-benda langit yang melintas di angkasa. Bentuk bumi tidak bulat bundar. Kutub-kutubnya pepat atau rata dan bagian ekuatornya menggembung. Ekuator atau khatulistiwa adalah garis khayal yang membagi Bumi menjadi belahan utara dan selatan. Bumi mengelilingi Matahari selama 365,25 hari.
  4. Mars. Mars dijuluki Planet Merah karena permukaan planet Mars tampak berwarna merah. Warna merah disebabkan oleh adanya debu yang menutupi. Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis. Mars tidak memiliki air, tetapi ditemukan batuan es di kutubnya. Di planet Mars ternyata juga ditemukan banyak gunung berapi. Gunung api terkenal adalah Olympus yang tingginya 3 kali gunung tertinggi di Bumi yaitu Mount Everest. Sekali mengelilingi matahari, Mars membutuhkan 687 hari.
  5. Jupiter. Jupiter merupakan planet terbesar. Garis tengah Jupiter adalah 11 kali garis tengah Bumi. Seandainya Jupiter berupa lautan, tentu Bumi dapat ditenggelamkan ke dalamnya. Meskipun demikian untuk melihat Jupiter diperlukan teleskop besar Karena planet ini sangat jauh letaknya dari Bumi. Jika kamu lihat foto Jupiter akan terlihat bercak besar yang menutupi permukaannya. Menurut penyelidikan, bercak itu adalah badai topan yang selalu terjadi di sana dan tidak pernah berhenti. Jupiter memerlukan 11,8 tahun untuk mengelilingi Matahari.
  6. Saturnus. Menurut para pengamat, Saturnus adalah planet terindah. Keindahan planet ini ditunjukkan oleh cincin sangat besar yang dimilikinya. Cincin itu terdiri atas milyaran orbit partikel kecil dari batuan, air, dan es. Waktu yang diperlukan Saturnus untuk mengelilingi matahari satu kali adalah 29,5 tahun.
  7. Uranus. Dalam tata surya, Uranus adalah planet kedua terbesar setelah Jupiter. Uranus memiliki cincin namun tak terlihat jelas dari Bumi seperti halnya cincin Saturnus. Arah rotasi Saturnus sama seperti Venus, dari timur ke barat. Ciri lain planet Uranus adalah sumbu rotasinya hampir sejajar dengan lintasan revolusinya. Satu kali mengelilingi Matahari, planet Uranus memerlukan waktu 84 tahun
  8. Neptunus. Neptunus diambil dari nama Dewa Laut bangsa Yunani. Neptunus disebut planet biru kedua setelah Bumi. Neptunus terdiri dari unsur hidrogen, helium, dan metana. Neptunus juga memiliki cincin, berjumlah 4, tapi tak seindah cincin Saturnus. Sekali mengelilingi Matahari, Neptunus memerlukan waktu 164,79 tahun.

3. Ukuran dan Jarak Planet
Planet
Garis tengah matahari 109 kali garis tengah bumi. Jupiter adalah planet terbesar yang berukuran 11 kali Bumi. Akan tetapi ia masih jauh lebih kecil dari Matahari. Planet terdekat dengan Matahari adalah Merkurius, yaitu berjarak 58 juta km. Berikut ini daftar ukuran dan jarak planet terhadap matahari.
No.Nama PlanetGaris TengahJarak ke Matahari
1.Merkurius4.879 km58 juta km
2.Venus12.100 km108 juta km
3.Bumi12.756 km149 juta km
4.Mars6.790 km230 juta km
5.Jupiter142.980 km778 juta km
6.Saturnus120.540 km1.430 juta km
7.Uranus51.120 km2.870 juta km
8.Neptunus49.530 km4.450 juta km

4. Benda-benda Langit Lain
Selain 8 planet, berbagai benda langit anggota tata surya adalah satelit, asteroida, meteorit, dan komet.
  • Satelit. Satelit adalah pengiring planet. Satelit mengelilingi planet. Bulan adalah satelit bumi, karena Bulan mengelilingi Bumi. Planet dalam tata surya yang tidak memiliki satelit hanyalah Merkurius dan Venus. Bumi memiliki 1 satelit, yaitu Bulan. Mars memiliki 2 satelit, Jupiter 16 satelit, Saturnus 17 satelit, Uranus 12 satelit, dan Neptunus 8 satelit. Tetapi jumlah tersebut masih akan terus berkembang sesuai dengan hasil penyelidikan dan penemuan-penemuan. Satelit terbesar dalam tata surya adalah Ganymeda dan Titan. Ganymeda adalah salah satu satelit planet Jupiter. Titan adalah salah satu satelit planet Saturnus.
  • Asteroida. Asteroida adalah benda langit kecil-kecil yang mengelilingi Matahari. Disebut juga planet minor atau planetoida. Orbit asteroida berada diantara orbit planet Mars dan Jupiter. Jumlah asteroida sangat banyak. Salah satu yang terkenal karena cukup besar adalah Ceres, garis tengahnya kurang lebih 930 kilometer.
  • Meteroid. Meteorid adalah gumpalan batu atau besi yang bergerak bebas di angkasa. Meteorid dapat menabrak planet-planet, termasuk menabrak dan jatuh di permukaan bumi. Meteorid yang masuk ke atmosfer bumi disebut meteor. Meteor bersinar terang dan seperti berlari cepat sehingga orang menyebutnya Bintang Jatuh atau Bintang Beralih. Jika jatuh di permukaan bumi disebut meteorit dan benturan meteorit dapat membentuk kawah yang disebut kawah meteor.
  • Komet. Komet adalah benda langit yang terdiri dari gas dan debu yang diselimuti es. Komet mengelilingi Matahari tapi tidak mengikuti orbit planet. Orbitnya sangat lonjong dan panjang. Jika mendekati Matahari debunya membentuk ekor panjang karena tertiup angin matahari. Dalam bahasa Yunani, komet artinya berambut panjang. Komet disebut juga bintang berekor. Komet dapat terlihat dari Bumi setiap waktu tertentu. Misalnya, Komet Halley terlihat setiap 76 tahun sekali.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....