Home » » Manusia dan Lingkungan

Manusia dan Lingkungan

Manusia sangat tergantung pada lingkungan sekitarnya. Manusia membutuhkan lingkungan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup manusia salah satunya adalah kebutuhan hidup materil antara lain adalah air, udara, sandang, pangan, papan, transportasi sera perlengkapan fisik lainnya. Dapat dikatakan bahwa lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan. Artinya, lingkungan mempunyai kemampuan untuk mendukung kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia.

Terdapat tiga komponen penting dalam lingkungan, yaitu komponen fisik (abiotik), komponen hayati (biotik), dan komponen budaya. Komponen fisik yang terdapat dalam lingkungan hidup terdiri atas tanah, air, udara, sinar matahari, dan sebagainya. Komponen hayati dalam lingkungan hidup terdiri atas semua makhluk hidup yang terdapat di bumi, contohnya adalah hewan, tumbuhan. Komponen manusia dan perilakunya merupakan unsur lingkungan hidup. Lingkungan sosial dan budaya berperan penting dalam memelihara keseimbangan tatanan lingkungan hidup.

Manusia hidup dari unsur-unsur lingkunngan hidupnya. Udara dibutuhkan untuk bernafas, air untuk minum dan untuk keperluan lainnya. Tumbuhan dan hewan diperlukan untuk memenuhi bahan makanan, tenaga dan kesenangan. Lahan atau tanah digunakan manusia untuk keperluan tempat tinggal dan pertanian. Pendeknya manusia yang paling berperan penting dan paling besar dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tersedian di lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Manusia dan Lingkungan
Manusia tidak hanya dapat menyesuaikan diri, tapi manusia juga dapat memanfaatkan potensi/manfaat lingkungan untuk lebih mengembangkan kualitas hidupnya. Arti penting lingkungan hidup bagi manusia antara lain sebagai berikut.
  1. Lingkungan merupakan tempat hidup (habitat). Manusia tumbuh dan berkembang di atas bumi karena bumi merupakan lingkungan hidup manusia.
  2. Lingkungan memberi sumber-sumber penghidupan manusia. Segala yang dibutuhkan manusia telah disediakan oleh lingkungan, mulai dari bahan makanan, pakaian, tempat tinggal, hingga bahan-bahan untuk menciptakan benda-benda berteknologi tinggi.
  3. Lingkungan memengaruhi sifat, karakter, dan perilaku manusia yang mendiaminya. Sifat, karakter, dan perilaku masyarakat pedesaan tentu berbeda dari masyarakat perkotaan.
  4. Lingkungan memberi tantangan bagi kemajuan peradaban manusia. Peradaban manusia sekarang jauh berbeda dengan peradaban 20 atau 50 tahun lalu. Hal ini terjadi karena manusia menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang selalu berubah.
  5. Manusia memperbaiki, mengubah, dan kadang-kadang juga menciptakan lingkungan agar sesuai dengan kebutuhan hidupnya.

Begitu pentingnya lingkungan bagi manusia. Namun, seringkali manusia kurang menjaga lingkungan. Pada awal tahun 1970-an, seorang senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mencurahkan satu hari bagi usaha penyelamatan bumi dari kerusakan. Kegiatan itu mendapat perhatian masyarakat dunia. Pada tanggal 5 Juni 1972, PBB mengadakan konferensi mengenai lingkungan hidup. Sejak itu, tanggal 5 Juni diperingati sebagai hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan. Apa maksudnya?
Lingkungan mempunyai kemampuan untuk mendukung kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.Segala yang dibutuhkan manusia telah disediakan oleh lingkungan, mulai dari bahan makanan, pakaian, tempat tinggal, hingga bahan-bahan untuk menciptakan benda-benda berteknologi tinggi.

Fungsi lingkungan bagi manusia
Fungsi lingkungan bagi manusia adalah pemenuh kebutuhan manusia. Udara dibutuhkan untuk bernafas, air untuk minum, tumbuhan dan hewan diperlukan untuk memenuhi bahan makanan, lahan atau tanah digunakan manusia untuk keperluan tempat tinggal dan pertanian.

Arti penting lingkungan bagi manusia
Lingkungan merupakan tempat tinggal, pemberi sumber kehidupan, mempengaruhi karakter, dan pemberi tantangan bagi manusia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:26 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....