Home » » Hewan Nasional Berbagai Negara di Dunia.

Hewan Nasional Berbagai Negara di Dunia.

Jenis hewan sangat beragam dan tersebar di berbagai belahan dunia. Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara terbesar yang memiliki keanekaragaman floran dan fauna. Satwa Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi karena wilayahnya yang luas dan berbentuk kepulauan tropis. Keanekaragaman yang tinggi ini disebabkan oleh Garis Wallace, membagi Indonesia menjadi dua area; zona zoogeografi Asia, yang dipengaruhi oleh fauna Asia, dan zona zoogeografi Australasia, dipengaruhi oleh fauna Australia. Pencampuran fauna di Indonesia juga dipengaruhi oleh ekosistem yang beragam di antaranya: pantai, bukit pasir, muara, hutan bakau, dan terumbu karang.

Hewan endemik Indonesia adalah hewan-hewan yang hanya ditemukan di Indonesia dan tidak ditemukan di tempat lain. Bahkan tidak sedikit satwa endemik ini hanya ditemukan di satu pulau atau wilayah tertentu di Indonesia saja. Endemisme merupakan gejala yang dialami oleh organisme untuk menjadi unik pada satu lokasi geografi tertentu, seperti pulau, lungkang (niche), negara, atau zona ekologi tertentu. Untuk dapat dikatakan endemik, spesies hewan harus ditemukan hanya di suatu tempat tertentu dan tidak ditemukan di tempat lain. Sehingga hewan yang masuk daftar endemik ini hanya dipunyai Indonesia saja.

Hewan nasional merupakan hewan yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Indonesia memiliki dua hewan nasional yaitu Elang Jawa dan Komodo. Elang Jawa adalah salah satu spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau Jawa. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Dan sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia.Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.

Di beberapa negara juga terdapat hewan yang dijadikan hewan nasional. Berikut ini beberapa hewan nasional negara-negara di dunia.
Negara Nama Hewan Nama Ilmiah Gambar
Afghanistan Leopard Salju Panthera uncialeopard
Amerika Serikat Elang Botak Haliaeetus leucocephalus elang botak
Australia Kanguru Merah Macropus rufus kanguru merah
Bangladesh Harimau Bengal Panthera tigris tigris harimau
Belarus Bison Eropa Bison bonasus bison
Denmark Tupai Merah Sciurus vulgaris tupai merah
India Harimau Bengala Panthera tigris tigris harimau benggala
Indonesia Komodo Varanus komodoensis komodo dragon
Iran Buaya Mugger Crocodylus palustris buaya
Kamboja Kouprey Bos sauveli kouprey
Kanada Berang berang Castor canadensis berang berang
Kostarika Manatee Trichechus manatus manate
Mexico Elang Emas Aquila chrysaetos elang emas
Pakistan Markhor Capra falconeri markhor
Papua Nugini Dugong Dugong dugon dugong
Peru Vicuña Vicugna vicugna vicuna
Republik Demokrasi Kongo Okapi Okapia johnstoni okapi
Selandia Baru Kiwi Apteryx mantelli kiwi
Serbia Serigala Canis lupus lupus srigala
Somalia Leopard Panthera pardus leopard
Tanzania Jerapah Giraffa camelopardalis jerapah
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:22 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.