Home » » Gerak Ritmik Sederhana

Gerak Ritmik Sederhana

Gerak ritmik adalah serangkaian gerakan senam bebas yang dilakukan dengan iringan musik, nyanyian, tepukan, dan lain-lain. Gerak ritmik sederhana dapat dilakukan sesuai irama melalui musik atau tanpa musik melalui ketukan. Gerak ritmik ini biasa juga disebut dengan senam irama yang merupaan perpaduan antara gerak tari dan olahraga. Gerakan ritmik juga dapat menitikberatkan beberapa gerakan ayunan lengan dipadu dengan gerakan lain bertema budaya daerah. Pada saat melakukan kegiatan ini, sebaiknya diiringi dengan lagu-lagu daerah setempat yang riang.

Gerakan-gerakan senam ritmik dapat dilakukan dengan beberapa macam gerakan. Gerakan-gerakan tersebut adalah antara lain kalan di tempat, melangkah/lari, jingkat, melompat, loncat serong, dan sebagainya. Gerak ritmik juga dapat merupakan kombinasi pola jalan dalam gerak. Contoh gerak ritmik kombinasi antara lain  langkah jalan ke depan dengan ayunan tangan ke depan. dan Langkah samping kiri dan samping kanan dengan ayunan tangan.

Gerakan empat langkah sambil mengayunkan dan merentangkan tangan
Gerak Ritmik
Cara melakukan:
Sikap awal berdiri tegak, kaki rapat kedua tangan lurus di samping badan, jari mengepal.

Gerakan:
  • Hitungan 1: Langkahkan kaki kanan ke depan sambil mengayunkan kedua tangan ke depan lurus setinggi bahu (setengah mengepal)
  • Hitungan 2: Tarik kaki kiri ke belakang merapat di samping kaki kiri (jinjit) sambil merentangkan kedua tangan selebar mungkin. Kemudian, tangan kiri menyiku (seperti orang memanah)
  • Hitungan 3: Tarik kaki kiri ke depan sambil mengayunkan kedua tangan ke depan lurus setinggi bahu (tangan mengepal)
  • Hitungan 4: Tarik kaki kanan ke belakang merapat di samping kaki kanan (jinjit) sambil merentangkan kedua tangan selebar mungkin tangan kanan menyiku (seperti orang memanah)
  • Hitungan 5: Langkahkan kaki kanan ke belakang sambil mendorong kedua tangan ke bawah mengepal (seperti orang memompa)
  • Hitungan 6: Langkahkan kaki kiri ke depan (jinjit) di samping kaki kanan sambil menarik kedua tangan ke atas menyiku setinggi bahu (tangan mengepal)
  • Hitungan 7: Langkahkan kaki kiri ke belakang sambil mendorong kedua tangan ke bawah mengepal
  • Hitungan 8: Langkahkan kaki kanan ke belakang jinjit di samping kaki kiri sambil menarik kedua tangan ke atas menyiku setinggi bahu (tangan mengepal)

Salah satu jenis senam yang diringi dengan lagu adalah senam Poco-poco. Bangsa kita dari bermacam-macam suku biasanya memilki tarian rakyatnya sendiri- sendiri dan itu merupakan kekayan budaya Nasional. Melalui tarian rakyat, anak dapat mempelajari kehidupan penduduk dari suku yang berbeda, kebudayan, musiknya, cara berpakaian, perayanya, serta gerak tarian yang diringi musik yang mengembirakan untuk merangsang keinginan bergerak.

Gerakan dasar poco-poco diambil dari tarian tradisional Maluku bernama Wayase atau Maku-Maku. Sementara itu, lagu yang mengiringi gerakan diciptakan oleh Arie Sapulette yang berasal dari Ambon yang kemudian dinyanyikan serta dipopulerkan oleh Yoppy Latul yang Juga berasal dari Ambon. Berikut syair untuk mengiringi gerak senam Poco-poco .
Balenggang pata-pata
Ngana pe goyang pica-pica
Ngana pe bodi poco-poco
Cuma ngana yang kita cinta
Cuma ngana yang kita sayang
Cuma ngana suka bikin pusing
Ngana bilang
Kita na sayang
Rasa hati ini melayang
Jau…uh.. Ci ya…..ci ya
Biar kita ngana pe bayang
Biar na bikin layang-layang
Cuma ngana yang kita sayang

Nyanyian pada senam Poco-poco juga dapat digunakan untuk mengiringi gerak ritmik sederhana yang kamu lakukan. Gerakan dasar Poco-poco seperti relatif mudah. Jika diuraikan, maka urutan gerakannya adalah:
  • Dua langkah kecil ke kanan, kembali ke tempat, lalu mundur satu atau
  • Dua langkah ke belakang, kemudian maju ke depan sambil berputar.
  • Rangkaian gerakan tersebut dilakukan secara berulang-ulang, hingga pesenam selesai memutar tubuh ke empat penjuru angin lalu kembali ke tempat semula.

Gantilah gerakan pada senam Poco-poco tersebut dengan gerak ritmik yang sedang kalian lakukan, tentunya akan lebih menarik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....