Home » » Jenis dan Bentuk Gambar Ilustrasi

Jenis dan Bentuk Gambar Ilustrasi

Kata ilustrasi berasal dari bahasa latin yaitu “ilustrare” artinya penampakan, kemuliaan, cahaya, penerangan dan penggambaran secara hidup-hidup. Gambar Ilustrasi adalah gambar yang memperjelas ide cerita atau narasi. Tujuan dari gambar ilustrasi adalah memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas, dan memperkaya cerita atau narasi. Fungsi dari gambar ilustrasi dapat juga dimanfaatkan untuk menghidupkan sebuah cerita. Gambar ilustrasi yang baik adalah ilustrasi yang dapat merangsang dan membantu pembaca untuk berimajinasi tentang cerita, ilustrasi sangat membantu mengembangkan imajinasi dalam memahami narasi.

Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Gambar-gambar tersebut dapat berdiri sendiri atau gabungan dari berbagai macam objek yang berbeda. Objek gambar disesuaikan dengan tema cerita atau narasi yang di buat. Gambar ilustrasi dapat dibuat dalam bentuk cerita bergambar, karikatur, kartun, komik dan ilustrasi karya sastra berupa puisi atau sajak. Gambar ilustrasi dapat diberi berwarna atau hitam putih saja. Pembuatan gambar ilustrasi dapat dilakukan dengan cara manual maupun dengan menggunakan teknologi digital.

1. Jenis- Jenis Gambar Ilustrasi
Gambar ilustrasi memiliki beberapa jenias antara lain kartun, karikatur, komik, ilustrasi karya sastra dan vignette. Masing-masing gambar tersebut memiliki ciri dan tujuan yang berbeda-beda, berikut beberapa contoh jenis gambar ilustrasi.
  • Kartun. Kartun adalah gambar dengan penampilan lucu yang menggabarkan suatu peristiwa. Kartun biasanya muncul dalam publikasi secara berkala, dan paling sering menyoroti masalah politik atau masalah publik. Bentuk kartun dapat berupa tokoh manusia maupun hewan berisi cerita-cerita humor dan bersifat menghibur. Penampilan gambar kartun dapat dilihat dalam bentuk hitam putih maupun berwarna.
  • Karikatur. Karikatur merupakan penggambaran suatu objek yang konkret dengan cara melebih lebihkan. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Gambar karikatur menampilkan karakter yang dilebih-lebihkan, lucu, unik, terkadang mengandung kritikan dan sindiran. Objek gambar karikatur dapat diambil dari tokoh manusia maupun hewan.
  • Komik. Komik adalah suatu seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi teks. Gambar ilustrasi dalam bentuk komik terdiri dari rangkaian gambar yang saling melengkapi dan memiliki alur cerita. Bentuk komik dapat berupa buku maupun lembaran gambar singkat (comic strip).
  • Ilustrasi Karya Sastra Karya sastra berupa cerita pendek, puisi, sajak, akan nampak lebih menarik minat orang membacanya apabila disertai dengan gambar ilustrasi. Fungsi gambar ilustrasi disini bertujuan memberikan penguatan dan mempertegas isi atau narasi pada materinya. 
  • Vignette. Sebagai pengisi dari sebuah cerita atau narasi dapat disisipkan gambar ilustrasi berupa vignette. Vignette adalah gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas narasi.
Jenis dan Bentuk Gambar Ilustrasi
2. Bentuk Objek Gambar Ilustrasi
Gambar ilustrasi bertujuan memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas, dan memperkaya cerita atau narasi. Biasanya tokoh dalam cerita dapat berupa manusia, hewan, dan tumbuhan. Berikut ini beberapa bentuk objek gambar ilustrasi.
  • Manusia Tokoh manusia memiliki proporsi yang berbeda sehingga pada saat menggambar kita perlu memperhatikan karakter dan memahami anatominya, agar telihat lebih wajar dan tidak terkesan kaku.
  • Hewan Tokoh hewan juga memiliki proporsi dan anatomi yang berbeda. Jenis dan bentuk binatang dapat dikelompokkan menjadi binatang darat, udara, dan air. harus masing-masing binatangnya harus dijelaskan.
  • Tumbuhan Tumbuhan dalam gambar ilustrasi dibuat dengancara disederhanakan atau digambar detailnya.

Teknik, Alat, dan Bahan
Bahan atau media menggambar ilustrasi adalah kertas yang baik untuk menggambar khususnya untuk ilustrasi adalah kertas Padalarang dan kertas Aquareel. Kertas tersebut mudah menghisap air dengan baik. Menggambar ilustrasi dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah.Alat dan bahan untuk menggambar ilustrasi dengan teknik kering seperti pensil, arang, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Sedangkan pada teknik basah media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak, cat poster, cat akrilik dan cat minyak yang menggunakan air atau minyak sebagai pengencer.

1. Teknik Kering
Menggambar ilustrasi dengan teknik kering yaitu, tidak perlu menggunakan pengencer air atau minyak. Ilustrasi dibuat langsung pada bidang dua dimensi berupa kertas gambar kemudian dibuat sketsa untuk selanjutnya diberi aksen garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Pensil yang digunakan dalam menggambar ilustrasi berukuran 2B-6B.
  • Arang yang digunakan untuk menggambar ilustrasi adalah yang terbuat dari bahan dasar kayu. Menggambar dengan arang akan meninggalkan debu pada kertas.
  • Krayon atau pastel colour banyak ragamvariasi warnanya, digunakan dalam menggambar ilustrasi yang menginginkan variasi pewarnaan.
  • Charcoal berbentuk seperti pensil warna dengan lapisan kertas sebagai pembungkusnya. Charcoal memiliki warna tajam/jelas.
  • Pulpen digunakan sebagai alat untuk menggambar ilustrasi dengan karakter tegas pada garis-garis gambarnya.

2. Teknik Basah
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain seperti, cat air, cat minyak, tinta, atau media lain yang memerlukan air atau minyak sebagai pengencer. Ilustrasi dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas atau kanvas kemudian diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Gambar yang dihasilkan dengan teknik basah akan memiliki kehalusan dalam warna.

Proses Menggambar Ilustrasi
Menggambar llustrasi adalah salah satu jenis kegiatan menggambar yang membutuhkan keterampilan menggambar bentuk. Bentuk yang digambar harus dapat memperjelas, mempertegas dan memperindah isi cerita atau narasi yang menjadi tema gambar. Garis, bentuk, dan pemberian warna disesuaikan dengan keseimbangan, komposisi, proporsi, dan kesatuan antara gambar dan narasi. Proses menggambar ilustrasi memiliki beberapa tahap pembuatan.

Beberapa tahapan dalam menggambar ilustrasi adalah sebagai berikut :
  • Menentukan tema gambar berdasarkan cerita atau narasi. Penentuan tema sebelum menggambar dapat memudah kan kita dalam menentukan objek gambar ilustrasi.
  • Menentukan jenis gambar ilustrasi yang akan dibuat. Gambar ilustrasi bisa berupa karikatur, kartun, komik, vignette, maupun ilustrasi karya sastra.
  • Menentukan irama, komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan pada objek gambar.
  • Menggambar sketsa global yang disesuaikan dengan cerita atau narasi. Sketsa atau sket (sketch) secara umum dikenal sebagai bagan atau rencana bagi sebuah lukisan. Atau dalam bahasa sehari-hari berarti sekumpulan coretan-coretan yang nantinya akan menjadi sebuah gambar.
  • Memberikan arsiran atau warna pada objek gambar sesuai karakter cerita. Proses penyempurnaan ini dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup. Jika sudah mantap warnai gambarmu dengan baik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....