Home » » Mengenal Benua Asia

Mengenal Benua Asia

Benua adalah daratan yang sangat luas dan dikelilingi oleh lautan. Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Adapun benua terkecil, yaitu Benua Australia. Benua adalah daratan luas yang berada di permukaan bumi. Bumi terdiri  atas tujuh daratan luas atau benua. Benua yang satu dengan yang lain umumnya dipisahkan oleh samudra. Ketujuh benua itu adalah Benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Antartika. Benua-benua di bumi dikelilingi oleh samudra. Samudra itu adalah Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik, dan Samudra Selatan.

Sebagian orang menganggap bumi terdiri atas enam benua, bukan tujuh benua. Mereka membagi bumi menjadi Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Eurasia, Australia (Oceania), dan Antartika. Eurasia adalah gabungan Benua Asia dan Eropa. Sebagian besar benua masih saling berhubungan. Hanya Benua Australia dan Antartika yang benar-benar terpisah dari benua lain. Benua Asia dan Afrika dihubungkan oleh Tanah Genting Suez. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dihubungkan oleh Tanah Genting Panama.

Letak dan Batas Benua
No.NamaPosisi GeografisBatas
UtaraTimurSelatanBarat
1.Asia1°15'LU –77°45'LU
26°04'BT-169°40'BB
Samudra
Arktik
Samudra PasifikSamudra Hindia
& Afrika
Benua Eropa
& Afrika
2.Afrika34°52'LS – 37°21'LU
17°32'BB –51°26'BT
Benua Eropa dan AsiaSamudra Hindia dan Benua AsiaSamudra Hindia dan AtlantikSamudera Atlantik
3.Amerika
Utara
70°30'LU – 9°20'LU
76°BB–168°05'BB
Samudra ArktikSamudera AtlantikAmerika Selatan dan PasifikSamudera Pasifik
4.Amerika
Selatan
12°25'LU–56°LS
34°47'BB–81°20'BB
Amerika utara dan AtlantikSamudera AtlantikBenua AntartikaSamudera Pasifik
5.Eropa36°01'LU–71°10'LU
9°30'BB–71°BT
Samudra ArktikBenua AsiaAfrika dan AsiaSamudera Atlantik
6.Australia0°41'LS–39°08'LS
113°09'BT153°38'BT
Samudra PasifikSamudra PasifikSamudra HindiaSamudra Hindia
7.Antartika90°LS dan dikelilingi
garis lingkar Antartika
Samudera SelatanSamudera SelatanSamudera SelatanSamudera Selatan

Benua Asia
Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Luas wilayahnya mencapai 44.614 km2. Wilayah benua Asia terbagi menjadi lima bagian, yaitu Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat, dan Asia Tengah.
  • Asia Tenggara : Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand. Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, Philipina, Brunei Darussalam, dan Timor Leste
  • Asia Timur :Republik Rakyat Cina (RRC), Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, dan Taiwan.
  • Asia Selatan :India Pakistan, Bangladesh, Nepal, Sri Langka, Bhutan, Maladewa.
  • Asia Barat : Arab Saudi, Iran, Turki, Afganistan, Yaman, Irak, Oman, Suriah, Yordania, Azerbaijan, Uni Emirat Arab, Georgia, Armenia, Israel, Kuwait, Qatar, Libanon, Siprus dan Bahrain.
  • Asia Tengah : Kazakhstan, Mongolia, Turkmenisten, Uzbekistan, Kirgiztan, dan Tajikistan.

1) Pegunungan/Gunung :
Gunung Tertinggi di Dunia ini adalah Gunung Everest yang terletak di Pengunungan Himalaya dengan ketinggian sekitar 8.848 meter dari permukaan laut. Ketinggian ini menjadikan Gunung Everest yang berada di wilayah perbatasan Negara Nepal dan Tibet (Tiongkok) sebagai gunung tertinggi di Asia dan juga di dunia
  • Pegunungan Himalaya (Cina, India, Nepal, dan Bhutan), Pegunungan Karakoram (Pakistan dan India), Pegunungan Kunlun (Cina), Pegunungan Tian Shan (Kirgistan dan Cina), Pegunungan Hindukush (Afganistan dan Pakistan), Pegunungan Zagros (Iran), Pegunungan Verkhoyansk (Rusia), Pegunungan Cherski (Rusia), Pegunungan Stanovoy (Rusia), Pegunungan Khingan Besar (Cina), Gunung Everest (8.856 m) di Cina dan Nepal tertinggi di dunia, Gunung K2 (Cina dan Pakistan), Gunung Kanchenjunga (India dan Nepal), Gunung Nanga Parbat (Pakistan), Gunung Annapurna (Nepal), Gunung Dhaulagiri (Nepal)

2) Dataran Tinggi/Plato
  • Plato Tibet (Cina), Plato Iran (Iran), Dataran Tinggi Siberia (Rusia). Dataran Tinggi Khasmir merupakan dataran dataran tinggi tertinngi di dunia, dengan nama julukan Atap Dunia.

3) Dataran Rendah
  • Dataran Rendah Gangga (India dan Bangladesh), Dataran Rendah Tigris dan Eufrat (Irak), Dataran Rendah Cina (Cina), Dataran Rendah Siberia (Rusia)

4) Gurun
Gurun Gobi adalah sebuah gurun yang sangat luas, berada di wilayah Republik Rakyat Cina dan bagian selatan Mongolia. Gurun Gobi membentang sepanjang 1,610 km dari barat daya ke timur laut,dan 800km dari utara ke selatan. Luasnya mencapai 1.296.000 kilometer persegi, dan menjadi gurun pasir terluas di Asia. Beberapa nama gurun yang terdapat di benua Asia antara lain sebagai berikut :
  • Gurun Taklamakan – di China, Gurun Ordos – di China, Gurun Kara Kum – di Asia Tengah, Gurun Kyzyl Kum – di Kazakhstan dan Uzbekistan, Gurun Thar- di India, Gurun Cholistan – Pakistan, Gurun Dasht-e Lut - di Iran., Gurun Dasht-e Kavir – di Iran

5) Danau
Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar. Beberpa danau lain yang ada di benua Asia antara lain :
  • Danau/Laut Aral (Kazaktan dan Uzbekistan), Danau Balkhash (Kazakstan), Danau Baikal (Rusia)

6) Sungai
Sungai Yangtze, atau Chang Jiang adalah sungai terpanjang di Asia, dan terpanjang ketiga di dunia. Sungai itu mengalir sepanjang sekitar 6,300 kilometer (3,917 mil) dari gletser di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet di Qinghai di barat daya ke arah timur, tengah dan timur China sebelum mengosongkan ke Timur Laut Cina di Shanghai. Beberapa nama sungai yang terdapat di benua Asia antara lain sebagai berikut :
  • Sungai Ob-Irtysh (Rusia). Sungai Yenisai-Argana (Rusia), Sungai Lena (Rusia), Sungai Amur (Rusia dan Cina), Sungai Hoang Ho (Cina), Sungai Xi (Cina), Sungai Mekong (Indo-Cina), Sungai Salween (Myanmar), Sungai Gangga-Brahmaputra (India dan Bangladesh), Sungai Tigris-Eufrat (Irak), Sungai Irrawaddy (Myanmar), Sungai Indus (Pakistan dan India), Sungai Amu Darya (Uzbekistan dan Afganistan), Sungai Syr Darya (Kazakstan), Sungai Tarim (Cina)

b. Iklim
Berdasarkan letak lintangnya, Benua Asia dilalui garis khatulistiwa (0°) di bagian Tenggara (Indonesia) dan garis balik Utara pada lintang 23½° LU. Kondisi ini menyebabkan benua ini memiliki variasi iklim berikut ini.
  • Iklim monsun tropis, terjadi di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.
  • Iklim subtropis, terjadi di kawasan Asia Tengah dan Asia Timur.
  • Iklim gurun, terjadi di kawasan Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Timur.
  • Iklim dingin, terjadi di kawasan Siberia (Asia Utara).

c. Penduduk
Wilayah Benua Asia dikuasai oleh banyak bangsa sebagai berikut:
  • Arab, Jepang, Manchuria, Melayu, Mongolia, Persi, Tartar

d. Kenampakan Buatan
  • Tembok Raksasa (Great Wall) di Cina, Taj Mahal di India, Ka’bah di Saudi Arabia, dan Borobudur di Indonesia.

e. Negara Kepulauan
Negara kepulauan yang ada di Benua Asia antara lain Kepulauan Filipina, Kepulauan Indonesia, Kepulauan Maladewa, dan Kepulauan Jepang.
f. Negara Besar di Asia
Asia adalah benua terbesar di dunia dan terdiri atas banyak negara. Jepang dan Cina adalah contoh negara besar di Benua Asia.

Jepang
Jepang adalah negara kepulauan. Jepang atau Nippon juga mendapat sebutan negeri Matahari Terbit atau negeri Sakura.
  • Ibu kota:Tokyo
  • Letak :30°LU–47°LU dan 128°BT–146°BT
  • Luas : 377.643 km2
  • Batas-batas a) Sebelah utara :Pulau Sakhalin, b) Sebelah timur :Samudra Pasifik, c) Sebelah selatan:Samudra Pasifik dan Laut Cina Selatan, d) Sebelah barat :Selat Korea dan Laut Jepang.

Bentang Alam
Gunung-gunung api di Jepang termasuk bagian dari jalur pegunungan di wilayah Pasifik. Gunung Fujiyama (3.779 m) adalah gunung tertinggi di Jepang. Dataran rendah yang sempit terdapat di sepanjang pantai. Dataran rendah yang luas, yaitu Dataran Kwanto, Kimiki, dan Nobi terdapat di Pulau Honshu. Sungai di Jepang pendek-pendek dan mengalir deras. Di wilayah Jepang sering terjadi gempa bumi dan tsunami. Pulau-pulau besar di Jepang, yaitu Pulau Honshu, Hokkaido, Shikoku, dan Kiusyu.

Iklim
Wilayah Jepang beriklim sedang. Di Jepang terdapat empat musim, yaitu musim panas, gugur, dingin, dan semi.

Kota-Kota Penting:
  • Tokyo menjadi ibu kota negara dan pusat perdagangan. Ginza menjadi pusat perdagangan dan hiburan. Kyoto menjadi pusat kebudayaan dan bekas ibu kota Jepang. Osaka menjadi pusat industri tekstil. Nagoya menjadi pusat industri mesin dan pesawat terbang. Kobe menjadi pusat industri galangan kapal.

Penduduk dan Perekonomian
Penduduk Jepang termasuk dalam ras Mongoloid. Penduduk asli Jepang adalah suku bangsa Ainu. Perekonomian Jepang tumbuh dari kegiatan industri, pertanian, dan perikanan. Jepang adalah negara industri yang maju.
Asia Timur
Cina
Cina memiliki wilayah terluas ketiga di dunia setelah Rusia dan Kanada. Perkembangan industri Cina sangat pesat. Barang-barang industri Cina terkenal murah harganya.. Cina terkenal dengan sebutan Negeri Tirai Bambu.
  • Ibu kota: Beijing
  • Letak : 19°LU–52°LU dan 74°BT–132°BT
  • Luas : 9.596.961 km2
  • Batas-batas : a) Sebelah utara : Siberia (Republik Rusia) dan Mongolia, b) Sebelah timur : Laut Cina Timur, Laut Kuning, dan Korea Utara, c) Sebelah selatan : Laut Cina Selatan, Vietnam, Laos, Myanmar, India, Nepal, dan Bhutan
  • Sebelah barat : Laut Cina Bhutan, Kashmir, Tajikistan, Kirgistan, dan Kazakhstan

Bentang Alam
Sebagian besar wilayah Cina adalah pegunungan, dataran tinggi, dan gurun pasir. Dataran rendahnya relatif sempit.
  • Bagian Timur dan Timur Laut Daerah di bagian timur dan timur laut sangat subur. Daerah ini dialiri banyak sungai, seperti Sungai Huang Ho, Chang Jiang (Yang Tse), dan Xinjiang.
  • Dataran Tinggi Mongolia Dataran ini berada di sisi tenggara Gurun Gobi dan berbatasan dengan Republik Mongolia. Daerah ini sangat kering.
  • Bagian Selatan dan Barat Daya Daerah di bagian selatan dan barat daya berelief sangat kasar karena banyak pegunungan. Pegunungan yang ada antara lain Pegunungan Himalaya, Kunlun, Altintagh Tanghla, Dungbare, dan Bayangkara.
  • Bagian Barat Laut Di bagian ini berupa Lembah Xinjiang. Di dalamnya terdapat Lembah Tarim, gurun Taklamakan, Lembah Dzungare, dan stepa.

Iklim
Wilayah Cina beriklim tropis, sedang, benua, dan gurun. Wilayah beriklim sedang memiliki musim panas, gugur, dingin, dan semi.

Kota-Kota Penting:
  • Beijing menjadi ibu kota Cina. Kanton menjadi kota industri dan pelabuhan. Shanghai menjadi kota pelabuhan, pusat industri, dan kota terbesar di Cina. Shenyang menjadi kota industri dan pusat transportasi. Wuhan menjadi kota industri dan perdagangan.

Penduduk dan Perekonomian
Cina merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Penduduk Cina adalah bangsa Mongoloid dan suku bangsa Han, Mongol, Tibet, Kazakh, dan Uigkaur. Cina termasuk negara agraris. Penduduk Cina banyak bekerja di bidang pertanian, peternakan, pertambangan, industri, dan perdagangan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....