Home » » Membuat Mainan Kupu Kupu Kertas

Membuat Mainan Kupu Kupu Kertas

Kupu-kupu merupakan salah satu hewan dari sekian banyak serangga yang dapat terbang dan memiliki keindahan pada warnanya. Daur hidup kupu-kupu yang pertama adalah telur, yang kemudian menetas menjadi ulat bulu. Biasanya kupu-kupu terbang pada siang hari. Mereka harus berjemur di bawah sinar matahari sebelum terbang. Sebagian besar kupu-kupu makan madu yang dihisapnya dari bunga-bunga. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur, ulat, kepompong, dan kupu-kupu muda.

Kupu - kupu biasanya bertelur pada daun atau bagian lain dari tumbuhan, bentuk telurnya sangat kecil. Telur akan menetas menjadi ulat. Jika ulat sudah cukup besar dan gemuk, ia menempelkan diri pada tanaman atau pohon. Kemudian berubah menjadi kepompong yang sering kita lihat dipohon-pohon. Kepompong tersebut kemudian berubah menjadi seekor kupu-kupu. Sayap kupu-kupu terlihat begitu indah, karena pada sayapnya terdapat sisik-sisik yang berwarna-warni dan berderet rapat.

Itu tadi sekilas gambaran mengenai hewan kupu-kupu yang bayak kita temui di sekitar kita. Namun bukan daur hidup kupu-kupu yang akan saya bahas pada tulisan ini. Pada tulisan ini akan membahas cara membuat mainan kupu-kupu sederhana yang digunakan sebagai hiasan. Mainan kupu-kupu kertas dapat digantung pada sebuah tali. Ketika angin bertiup, mainan tersebut akan bergerak layaknya kupu-kupu yang sedang terbang. Berikut langkah kerja membuat mainan kupu-kupu kertas.
  • Menyiapkan alat dan bahan. Usahakan menggunakan bahan-bahan dari bahan-bahan daur ulang atau bahan-bahan dengan harga yang murah. Misalnya menggunakan kertas karton yang sudah tidak terpakai, atau juga bisa menggunakan kertas yang lain.
  • Mencari sumber informasi atau contoh. Carilah gambar kupu-kupu yang ada pada buku atau majalah. Guntinglah tepi gambar sehingga tinggal tersisa gambar kupu-kupu tersebut. Gambar ini nantinya berguna sebagai model atau cetakan.
  • Proses pembuatan. Dalam proses pembuatan, harus diperhatikan hal-hal berikut. Semua pekerjaan harus dilakukan dengan hati-hati, teliti, dan cermat. Memperhatikan aspek keselamatan diri dan orang lain. Menjaga konsentrasi, tidak bercanda, dan penuh tanggung jawab.
  • Setelah proses pembuatan. Membersihkan bahan-bahan yang tidak terpakai. Menyimpan kembali peralatan yang digunakan. Menguji dan menyempurnakan hasil. Mempresentasikan atau memperagakan hasil. Kebersihan harus tetap dijaga agar lingkungan sekitar menjadi bersih.

Cara Membuat Mainan Kupu-Kupu Kertas
Untuk membuat mainan kupu-kupu ini tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan biaya yang banyak jika kita menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Untuk membuat hiasan kupu-kupu sederhana ini dapat menggunakan urutan seperti di bawah ini.
1. Siapkan alat dan bahan
  • Alat: pisau cutter dan gunting. Gunting untuk memotong tepi gambar kupu-kupu sedangkan cutter digunakan untuk membentuk badan kupu-kupu yang terbuat dari bahan bambu.
  • Bahan: karton, bambu kecil-kecil, benang, pola gambar, lem, spidol atau pensil warna. Usahan semua bahan sudah tersedia sehinga proses pembuatan hiasan tidak terhambat.
2. Cara pembuatan
Pembuatan hiasan kupu-kupu sangat sederhana dan mudah untuk dikerjakan. Perlu ketekunan dan kerajinan dalam membuat hiasan tersebut. Proses pembuatan hiasan antara lain sebagai berikut.
  • (1) Buatlah pola gambar sayap pada kertas menggunakan model atau cetakan atau bisa juga dengan menggambar secara langsung pada kertas, lalu guntinglah tepi gambar hingga tinggal tersisa gambar kupu-kupu. Ketika menggunting gambar usahakan hasil guntingan rapi sehingga nanti hiasan kupu-kupu menjadi lebih menarik.
  • (2) Warnailah sayap-sayap yang sudah digunting menggunakan spidol aneka warna sehingga menjadi cantik dan indah.
  • (3) Buatlah badan kupu-kupu dari bambu kecil. Rautlah bambu-bambu tersebut menyerupai badan kupu-kupu. Bagian badan kupu-kupu antara lain terdiri dari kepala, badan, dan antena kupu-kupu. Jika perlu lengkapilah dengan kaki kupu-kupu.
  • (4) Kaitkan sayap-sayap yang telah dibuat pada badan kupu-kupu menggunakan benang. Pastikan terkait dengan benar dan sayap dapat bergerak-gerak.
  • Buatlah beberapa kupu-kupu. Kaitkan tali pada tiap-tiap kupu-kupu. Panjang tali antara kupu-kupu satu dengan yang lain dibuat tidak sama.

3. Gantunglah kupu-kupu mainanmu di teras, halaman rumah, atau di tempat-tempat lain yang berangin.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:14 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....